Advertorial

Terapkan Gaya Hidup Sehat, Masukkan 6 Hal Berikut untuk Resolusi 2023

Kompas.com - 13/01/2023, 13:50 WIB

KOMPAS.com - Sebagian besar orang punya keinginan untuk menjalankan pola hidup sehat, tetapi bingung kapan waktu yang tepat untuk memulainya. Oleh karena itu, awal 2023 menjadi waktu yang tepat untuk menyusun resolusi kesehatan.

Mulailah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi dan berolahraga. Ahli nutrisi dan salah satu pemilik Be Nourished di Portland, Oregon, Dana Sturtevant di realsimple.com, Selasa (20/12/2022) menjelaskan bahwa seseorang harus berkomitmen, setidaknya dengan menjalankan kedua hal tersebut untuk mewujudkan kehidupan yang sehat.

Tak hanya itu, Anda juga perlu memasukkan daftar resolusi kesehatan lainnya untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Dilansir dari berbagai sumber, berikut enam hal yang bisa Anda masukkan dalam daftar resolusi kesehatan 2023.

  1. Konsumsi makanan sehat

Seperti kata Sturtevant, resolusi kesehatan dapat dimulai dengan mengonsumsi makanan sehat. Anda bisa memilih makanan tinggi protein, vitamin, dan mineral, yang baik untuk pencernaan.

Perlu diketahui, pencernaan merupakan faktor utama kesehatan tubuh. Dengan demikian, ada baiknya Anda mengonsumsi sayur dan buah setiap hari.

  1. Olahraga teratur

Menjaga kesehatan tubuh juga bisa dilakukan dengan olahraga rutin selama 30 menit sebanyak lima kali seminggu. Kebiasaan ini akan berdampak baik pada kerja sistem kekebalan tubuh.

Untuk jenis olahraga, pilihlah yang disukai dan memiliki manfaat sesuai kebutuhan tubuh Anda, misalnya zumba, joging, atau renang.

Perlu diketahui, olahraga secara rutin tidak hanya bisa membugarkan tubuh, tetapi juga membantu Anda menjaga fungsi otak, kekuatan otot, serta kekuatan jantung.

  1. Menjaga berat badan ideal

Resolusi kesehatan lain yang tak boleh ketinggalan adalah menjaga berat badan ideal. Sebab, berat badan yang berlebih ataupun kurang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Untuk menerapkannya, mulailah dengan mengatur pola makan seimbang, baik dalam hal kadar nutrisi maupun jam makan.

Dilansir dari gqindia.com, Minggu (20/3/2022) ahli gizi dr Archana Batra menyarankan untuk membatasi konsumsi gula dan makanan manis. Sebab, kedua makanan ini berisiko menyebabkan peradangan yang dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, sendi, diabetes, dan sindrom metabolik.

“Ikuti pola makan berkelanjutan yang kaya akan buah dan sayuran untuk mencegah penyakit dan menjaga berat badan ideal," kata Archana.

  1. Tidur cukup dan berkualitas

Orang dewasa rata-rata membutuhkan 7 sampai 8 jam waktu tidur setiap hari. Untuk diketahui, tidur cukup dan berkualitas memiliki manfaat penting bagi kesehatan. Oleh karena itu, ciptakan lingkungan tidur yang nyaman dan santai.

Buatlah rutinitas tidur yang baik, mulai dari menetapkan jadwal tidur yang teratur, jangan tidur siang terlalu lama, serta hindari aktivitas selain tidur di kasur.

  1. Relaksasi diri

Tidak hanya kesehatan fisik, Anda juga perlu memperhatikan kesehatan mental. Cobalah untuk mulai melakukan sesuatu yang disukai guna menciptakan suasana tenang yang dapat meremajakan pikiran dan tubuh.

Biasakan menyendiri selama 15 menit setiap hari untuk menghilangkan semua gangguan pikiran. Tak lupa, terus belajar bersyukur dan latih diri untuk berpikir positif.

  1. Menjaga kebersihan pakaian

Kulit merupakan organ terbesar dan terluar pada tubuh manusia. Karena itu, kesehatannya juga pedlu dijaga. Salah satunya, dengan menggunakan pakaian bersih.

Gunakanlah pakaian bersih dan wangi setiap hari pada berbagai aktivitas. Selain menunjang penampilan, hal tersebut juga bertujuan melindungi kulit dari bakteri dan jamur penyebab berbagai penyakit kulit.

Itulah enam resolusi kesehatan di 2023 yang bisa diterapkan. Untuk mencapai hasil maksimal, Anda dapat mengimbangi resolusi kesehatan tersebut dengan mengonsumsi dan menggunakan ragam produk yang dihadirkan oleh Enesis.

Anda bisa mulai rutin mengonsumsi produk Adem Sari yang kaya kandungan herbal dan vitamin C serta Amunizer untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kemudian, pilihlah minuman pendamping yang sehat, seperti Scrubber dan Vegeta Herbal.

Anda juga bisa memilih Plossa yang mampu meredakan sakit kepala dan pegal-pegal saat beraktivitas. Tak lupa, pilih Soffel dan Force Magic yang mampu menjaga kualitas tidur tetap baik karena terbebas dari gangguan nyamuk.

Sementara itu, untuk menjaga kebersihan pakaian, Anda dapat menggunakan Kispray yang mampu membuat pakaian terhindar dari jamur dan bau tidak sedap.

Nah, jika seluruhnya sudah diterapkan, bukan tidak mungkin Anda akan memiliki tubuh yang sehat selama tahun-tahun mendatang.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com