Advertorial

Aman Dikonsumsi, BPOM Nyatakan Produk Sirop Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan Keluaran SOHO Bebas Cemaran EG dan DEG

Kompas.com - 16/01/2023, 21:41 WIB

KOMPAS.com – Kasus acute kidney injury (AKI) atau gagal ginjal akut pada anak (GGAPA) yang disebabkan cemaran etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) pada obat sirop telah menyerang 324 anak di Indonesia per Selasa (13/12/2022). Dari jumlah kasus tersebut, sebanyak 200 anak meninggal dunia.

Merespons fenomena tersebut, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia (RI) melakukan pengujian seluruh produk obat sirop anak yang berisiko tercemar EG dan DEG. Daftar hasil uji juga dimutakhirkan secara rutin.

Sebagai salah satu perusahaan farmasi yang memproduksi obat sirop dan suplemen kesehatan keluarga dengan merek tepercaya, seperti Imboost Force, Imboost, Curcuma Plus, Curvit, PT SOHO Industri Pharmasi juga menjalankan verifikasi data pengujian pada bahan baku dan produk yang dipandu oleh BPOM. Pengujian ini dilakukan secara mandiri dan dipandu oleh BPOM.

Hasilnya, seluruh produk sirop obat tradisional dan suplemen kesehatan dari SOHO dinyatakan telah memenuhi syarat dan aman digunakan sepanjang sesuai aturan pakai.

Pernyataan tersebut dimuat pada surat izin edar BPOM Nomor B-PW.02.04.4.43.12.22.995 yang diterbitkan pada Senin (26/12/2022) dan surat izin edar BPOM Nomor B-PW.02.04.4.43.01.23.06 yang diterbitkan pada Minggu (1/1/2023).

Surat tersebut ditandatangani oleh Deputi Bidang Pengawas Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik BPOM Dra Reni Indriani, Apt, MSi.

Sebagai informasi, produk SOHO yang dimuat dalam daftar tersebut, antara lain, adalah suplemen peningkat daya tubuh anak Imboost Force Kids dan Imboost Kids Sirup, suplemen tumbuh kembang dan peningkat nafsu makan anak Curcuma Plus Vitamin Sirup, obat diare anak Diapet Anak, suplemen penambah nafsu makan Curvit Sirup, suplemen kesehatan lambung Fucoidan 100, serta suplemen gangguan lambung Gastin Force.

Untuk diketahui, surat izin edar tersebut diperoleh SOHO setelah BPOM melakukan verifikasi pengujian bahan baku dan produk jadi sirop atau cairan obat dalam. Verifikasi dilakukan berdasarkan sejumlah kriteria, antara lain kualifikasi pemasok, pengujian bahan baku, serta metode pengujian yang mengikuti standar atau farmakope terkini.

Seluruh rangkaian tersebut dilaksanakan untuk memastikan bahwa standar, mutu, keamanan, serta khasiat obat tradisional dan suplemen kesehatan dipenuhi secara konsisten oleh SOHO.

Direktur PT SOHO Industri Pharmasi dan Vice President Research, Development, Regulatory, and Medical Affairs SOHO Global Health Tbk Dr Ir Raphael Aswin Susilo Widodo mengatakan, pihaknya selalu melakukan pemeriksaan in-process control (IPC) dan pengujian quality control (QC). Hal ini dilakukan guna memastikan kualitas produk SOHO sesuai dengan yang dihasilkan memenuhi spesifikasi yang ditetapkan.

Seluruh proses QC yang dilakukan SOHO, kata Aswin, telah memenuhi standar Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dan Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB). Standar ini ditetapkan BPOM untuk industri yang memproduksi produk obat, suplemen kesehatan, serta obat tradisional.

Direktur PT SOHO Industri Pharmasi dan Vice President Research, Development, Regulatory, and Medical Affairs SOHO Global Health Raphael Aswin Susilo Widodo dan Titi Kamal di laboratorium SOHO. Dok. SOHO Direktur PT SOHO Industri Pharmasi dan Vice President Research, Development, Regulatory, and Medical Affairs SOHO Global Health Raphael Aswin Susilo Widodo dan Titi Kamal di laboratorium SOHO.

“SOHO juga sudah melakukan pengujian mandiri terhadap cemaran EG atau DEG pada bahan baku dan semua produk jadi. Hasilnya, (produk SOHO) memenuhi batas aman yang ditentukan oleh BPOM RI,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (12/1/2023).

Lebih lanjut, Aswin menuturkan bahwa proses QC telah dilakukan SOHO sejak tahap pemilihan bahan baku. Adapun bahan baku yang digunakan perseroan dibeli dari vendor yang sudah terkualifikasi dan disetujui oleh tim quality assurance (QA).

Setiap bahan baku yang diterima dari vendor diperiksa sesuai prosedur dan spesifikasi yang ditetapkan. Hal ini juga termasuk pengujian identifikasi dari setiap wadah untuk memastikan keaslian bahan baku yang diterima. Hanya bahan baku yang dirilis oleh bagian QC SOHO yang digunakan untuk produksi produk obat dan suplemen.

“Kami juga konsisten melakukan audit ke sarana vendor dan pemasok dari bahan baku serta bahan pengemas yang digunakan untuk produksi produk-produk SOHO secara rutin,” kata Aswin.

Aswin pun mengimbau kepada para konsumen untuk tidak khawatir saat mengonsumsi produk-produk SOHO.

Pasalnya, selain telah dinyatakan aman oleh BPOM, produk-produk suplemen dan obat tradisional dari SOHO juga dapat melengkapi kebutuhan gizi. 

“Apabila (suplemen) dikonsumsi sesuai aturan pakai, tubuh bisa mendapatkan manfaat yang baik. Suplemen kesehatan juga bermanfaat untuk memelihara fungsi kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh,” ucap Aswin.

Brand Ambassador Imboost Titi Kamal. 

Dok. SOHO Brand Ambassador Imboost Titi Kamal.

Brand Ambassador Imboost, Titi Kamal, mengemukakan bahwa dirinya merasa lega saat mengetahui Imboost Kids Sirup sudah dinyatakan aman dikonsumsi oleh BPOM RI.

Menurutnya, perasaan yang sama juga dirasakan oleh para ibu di seluruh Indonesia.

“Alhamdulillah, lega banget rasanya setelah mengetahui Imboost Kids Sirup sudah secara resmi dinyatakan aman dikonsumsi untuk anak-anak sesuai anjuran pakai oleh BPOM RI. Sekarang, aku bisa kembali memberikan Imboost Kids Sirup kepada anak-anak,” ujar Titi.

Ia mengaku bahwa Imboost Kids Sirop kerap dikonsumsi oleh anak-anaknya untuk menjaga daya tahan tubuh sehari-hari. Ditambah lagi, saat ini, aktivitas anak-anaknya sangat padat sehingga membutuhkan suplemen itu sebagai perlindungan ekstra.

“Sebagai seorang ibu, aku ingin memberikan yang terbaik untuk keluarga dan anak-anak, termasuk dalam pemilihan suplemen daya tahan tubuh. Oleh karena itu, selama bertahun-tahun aku mempercayakan perlindungan daya tahan tubuhku dan keluarga pada Imboost,” ujarnya.

Titi pun mengimbau para ibu di seluruh Indonesia untuk ikut menjaga daya tahan tubuh keluarga dengan mengonsumsi suplemen Imboost.

“Sebagai suplemen daya tahan tubuh nomor satu di Indonesia, mutu dan kualitas Imboost sudah terjamin dan sudah tidak diragukan lagi. Jadi, jangan lupa untuk melindungi daya tahan tubuh si kecil dengan rutin memberikan Imboost Kids Sirop yang sudah terbukti aman dan diverifikasi oleh BPOM RI,” tuturnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com