Advertorial

Persiapkan SPTB 2023, Korps Taruna Poltek SSN Gelar Trojans 2023

Kompas.com - 20/01/2023, 13:46 WIB

KOMPAS.com – Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN) merupakan salah satu sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Perguruan tinggi yang berlokasi di Jalan Raya Haji Usa, Desa Putat Nutug, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Jabar) itu menjadi salah satu pilihan favorit di kalangan pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan. Pasalnya, sebagai sekolah ikatan dinas, Poltek SSN menyediakan berbagai fasilitas gratis selama masa pendidikan.

Fasilitas tersebut di antaranya adalah makan rutin, operasional perkuliahan, seragam, serta penunjang minat bakat olahraga dan seni. Dengan seluruh fasilitas tersebut, seluruh taruna diharapkan dapat menjalani pendidikan secara maksimal.

Setiap tahun, Poltek SSN mengadakan Seleksi Penerimaan Taruna Baru (SPTB) untuk menyaring putra dan putri terbaik di Indonesia. Proses seleksi terbagi menjadi enam tahapan, yakni seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD), seleksi akademik, seleksi kesehatan dan kesamaptaan, seleksi psikologi dan wawancara, serta seleksi pemantauan akhir.

Dari enam tahap tersebut, SKD dan akademik dikenal menakutkan bagi banyak peserta SPTB. Sebab, ribuan pendaftar akan disaring menjadi 800 peserta pada tahap tersebut.

Guna menampik ketakutan tersebut, Korps Taruna Poltek SSN menggelar Try Out Pejuang Siber dan Sandi (Trojans). Gelaran ini diadakan secara luring di Kampus Poltek SSN pada Sabtu (14/1/2023).

Trojans 2023 menghadirkan sejumlah kegiatan yang bisa memotivasi calon taruna untuk masuk ke Poltek SSN. Sebut saja, pengerjaan soal try out, live hacking, dan tur kampus. Ada pula seminar kiat sukses SPTB Poltek SSN 2023 dari Gultom Bicara.

Ketua Pelaksana Trojans 2023 Ihsan Fadli mengatakan, try out luring merupakan kegiatan penting bagi calon taruna yang ingin meraih cita-citanya.

Selain memperoleh angka kredit untuk menghabiskan waktu dan materi, acara tersebut juga penting dilakukan guna meningkatkan kualitas seluruh calon taruna Poltek SSN yang akan berjuang bersama di SPTB Poltek SSN 2023.

Try out luring yang kami selenggarakan bukan semata-mata acara biasa. Melalui acara ini, kami berharap seluruh peserta dapat termotivasi sehingga berusaha lebih keras lagi dalam menggapai keinginan mereka,” ujar Ihsan dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (19/1/2023).

Pada kesempatan sama, Ketua Senat Korps Taruna Poltek SSN Periode 2022/2023, Muhammad Faiz Syukron mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan yang telah bekerja sama dan berpartisipasi aktif dalam menyukseskan acara Trojans 2023.

Ia berharap, acara tersebut bisa memberikan manfaat, baik untuk peserta maupun penyelenggara.

Faiz mengatakan, Trojans 2023 merupakan salah satu upaya yang dilakukan pihaknya untuk menumbuhkan semangat dan motivasi seluruh peserta dalam mempersiapkan diri menghadapi SPTB 2023.

“Poltek SSN memberikan pengalaman terbaik bagi seluruh peserta. Melalui Trojans 2023, kami berharap, seluruh peserta bisa mendapatkan edukasi mengenai hal-hal yang akan dihadapi saat SPTB 2023,” katanya.

Penyelenggaraan Trojans 2023 juga diapresiasi oleh para peserta. Salah satu peserta, Aliwama Kayussih, berharap acara ini bisa terus diadakan setiap tahun dengan partisipan yang lebih banyak lagi.

Apresiasi juga turut dikemukakan oleh salah satu peserta Trojans 2023 yang berasal dari Kota Malang, Isaura Divna Franscine. Menurutnya, dirinya mendapatkan kesan mendalam saat mengerjakan try out.

“Kegiatan ini saya jadikan motivasi agar lebih semangat lagi saat berjuang di SPTB 2023,” kata Isaura.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.