Advertorial

TAM Hadirkan Fitur TMO QR untuk Cek Keaslian Oli

Kompas.com - 29/01/2023, 19:06 WIB

KOMPAS.com - Peredaran oli palsu yang terjadi dalam beberapa waktu belakangan menjadi masalah serius yang harus segera diatasi.

Pasalnya, selain menyebabkan kerusakan pada mesin kendaraan, keberadaan oli palsu juga mengakibatkan kerugian material bagi produsen oli.

Berdasarkan data Asosiasi Pelumas Indonesia (Aspelindo) pada 2022, produsen oli nasional mengalami kerugian hingga Rp 700 miliar akibat peredaran oli palsu di pasaran.

Oleh karena itu, kolaborasi dari banyak pihak dibutuhkan agar peredaran oli palsu dapat segera diatasi.

Adapun sebagai langkah untuk mengatasi masalah tersebut sekaligus menjaga keaslian pada produk Toyota Motor Oil (TMO) dan kepercayaan pelanggan, Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan fitur TMO QR Code Anticounterfeit pada kemasan oli.

Pelanggan cukup memindai kode quick response QR pada tutup botol menggunakan smartphone untuk menguji keaslian oli TMO.

Selain menyematkan fitur TMO QR, TAM juga melengkapi produk olinya dengan fitur ratchet snap system per Januari 2023. Lewat fitur ini, konsumen dapat mengecek keaslian TMO melalui metode congkel, cabut, copot, dan cek (4C).

Saat ini, kemasan dari produk oli TMO dibuat menyatu dengan bagian tutup botol. Dengan begitu, kemasan tak dapat digunakan lagi setelah dibuka.

Cara tersebut pun membuat pelanggan secara tak langsung turut terlibat dalam mengurangi produk palsu dengan modus penggunaan ulang kemasan oli bekas.

Sebagai informasi, kedua fitur tersebut sudah tersedia pada dua varian terbaru TMO, yakni TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6) dan TMO LITE 0W-20 SN GF-5.

TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6) memiliki tingkat kekentalan rendah sehingga sesuai untuk digunakan pada kendaraan terbaru Toyota, terutama yang dilengkapi dengan teknologi termutakhir dan canggih. 

TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6). Dok. TAM TMO 0W-16 SN GF-5 (Applicable for SP GF-6).

Selain itu, spesifikasi ILSAC GF-6 pada oli tersebut dapat mendukung penghematan bahan bakar serta memberikan performa pembersihan dan pencegahan deposit lebih baik.

Spesifikasi tersebut cocok dengan mesin kendaraan terbaru Toyota, seperti All New Voxy, Camry Hybrid, Raize, dan All New Kijang Innova Zenix, yang sensitif terhadap deposit atau kotoran.

TMO LITE 0W-20 SN GF-5 juga cocok digunakan agar kendaraan menjadi lebih ramah lingkungan.

Untuk produk TMO LITE 0W-20 SN GF-5, oli ini memiliki viskositas yang rendah dan hadir dengan harga terjangkau.

Oli tersebut cocok digunakan untuk kendaraan Toyota dengan kapasitas oli di bawah 3,5 liter, seperti produk low cost green car (LCGC), yakni Agya dan Calya. Oli ini juga sesuai untuk kendaraan, seperti Avanza, Veloz, Raize, Sienta, Yaris, dan Rush.

TMO LITE 0W-20 SN GF-5. Dok. TAM TMO LITE 0W-20 SN GF-5.

Adapun kedua varian TMO tersebut telah menyesuaikan dengan perkembangan teknologi kendaraan Toyota. Peluncuran kedua varian terbaru TMO adalah wujud dari total ownership experience sekaligus memberikan peace of mind bagi pelanggan Toyota.

Kedua varian terbaru TMO tersebut pun dapat memenuhi kebutuhan para pelanggan setianya akan kenyamanan berkendara dan kualitas kendaraan yang senantiasa terjaga.

Ke depan, Toyota akan selalu memberikan layanan terbaik untuk konsumen, mulai dari melayani pembelian hingga perawatan kendaraan.

Bagi Anda yang tertarik membeli varian terbaru dari oli TMO, silakan kunjungi dealer resmi Toyota terdekat.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com