Advertorial

Awas Musim Penyakit, Yuk Jaga Kesehatan dengan 6 Cara Berikut

Kompas.com - 30/01/2023, 14:33 WIB

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 memang tengah mengalami penurunan. Meski begitu, masyarakat tetap tidak boleh lengah dalam menjaga kesehatan. Pasalnya, risiko terserang penyakit tetap mengintai, terlebih di tengah aktivitas yang kembali normal dan sudah memasuki musim pancaroba.

Seperti diketahui, kondisi cuaca yang tak menentu pada musim pancaroba dapat menurunkan sistem imun tubuh sehingga rentan terserang penyakit. Tak heran, penyakit, seperti batuk dan pilek akibat influenza, diare, campak, alergi, serta demam berdarah dengue (DBD), mudah menjangkit masyarakat.

Untuk mengantisipasinya, Anda bisa mulai menjaga kesehatan dengan enam cara berikut.

  1. Minum air putih dengan cukup

Air mineral atau air putih merupakan sumber cairan yang dapat menyeimbangkan suhu tubuh, terlebih ketika cuaca panas. Air putih memiliki ragam manfaat, yakni sebagai detoksifikasi, membawa nutrisi dari makanan ke seluruh tubuh, mencegah dehidrasi, serta menjaga fungsi organ penting, seperti jantung, ginjal, dan otot.

Minum air putih dengan cukup juga dapat membantu menjaga imunitas tubuh. Adapun, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menganjurkan takaran konsumsi air putih pada orang dewasa adalah delapan gelas berukuran 230 mililiter (ml) atau sekitar 2 liter per hari.

Selain air putih, Anda juga bisa mengonsumsi minuman isotonik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, terutama saat selesai beraktivitas. Contohnya, seperti Coolant dari Enesis. Minuman ini bisa mengatasi dehidrasi, menjadi asupan karbohidrat, serta membentuk cadangan glikogen yang hilang setelah berolahraga.

  1. Konsumsi buah dan sayur

Asupan kaya gizi dan vitamin dibutuhkan tubuh untuk memperkuat imun sehingga tubuh tetap sehat. Anda bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi buah dan sayuran. \

Sebagai contoh, jeruk mengandung vitamin C, wortel dan brokoli mengandung vitamin A, serta bayam memiliki kandungan vitamin B12. Seluruh bahan makanan ini juga dapat membantu mencegah penyakit, seperti sembelit.

Selain dari buah dan sayuran, kebutuhan vitamin dan serat juga dapat dipenuhi lewat konsumsi suplemen, seperti Vegeta Scrubber.

Bila mengalami masalah pencernaan, Enesis juga mempunyai produk Vegeta Herbal yang dapat membantu melancarkan buang air besar (BAB) sehingga kesehatan saluran pencernaan terjaga.

  1. Minum suplemen makanan

Sebagai pelengkap, Anda bisa pula mengonsumsi suplemen makanan yang mengandung vitamin C, B12, D, serta zink. Nutrien ini dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh.

Salah satu suplemen makanan yang memiliki kandungan tersebut adalah Amunizer dari Enesis. Suplemen ini mengandung vitamin C, zink, herbal, serta elderberry yang berkhasiat membantu meningkatkan imunitas, menjaga kesehatan jantung dan pencernaan, serta meringankan gejala flu.

Ada pula minuman penyegar Adem Sari. Minuman ini kaya akan vitamin C yang dapat membantu meringankan panas dalam dan meningkatkan imun tubuh.

  1. Menjaga kebersihan lingkungan

Kebersihan lingkungan juga menjadi salah satu faktor penunjang kesehatan tubuh. Sebab, cuaca yang tak menentu ditambah lingkungan yang kotor dapat memicu berbagai penyakit. DBD, misalnya, disebabkan oleh gigitan nyamuk yang bersarang di lingkungan lembap dan kotor.

Oleh karena itu, Anda perlu menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari nyamuk. Selain menjaga kebersihan, lengkapi pula semprotan aerosol antinyamuk, seperti Force Magic serta menggunakan Soffell pada tubuh, untuk mencegah gigitan nyamuk.

  1. Menyiapkan obat-obatan dan minyak aromaterapi

Obat-obatan dan minyak aromaterapi bisa jadi perbekalan untuk menjaga kesehatan. Siapkan beberapa obat yang sering dibutuhkan untuk penyakit-penyakit umum, seperti pusing dan demam.

Untuk minyak aromaterapi, Anda dapat menyiapkan Plossa dari Enesis. Produk ini mampu meredakan sakit kepala dan pegal-pegal.

  1. Menggunakan pakaian yang bersih dan harum

Aktivitas di luar rumah yang penuh debu dan bakteri juga sering kali membuat tubuh jadi gatal-gatal. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan kebersihan pakaian.

Pastikan Anda menggunakan pakaian yang bersih dan harum untuk beraktivitas agar terbebas dari bakteri. Untuk itu, Anda bisa menggunakan pengharum pakaian dari Enesis, yakni Kispray yang dapat membuat pakaian bebas jamur dan bau apek.

Itulah enam cara untuk menjaga kesehatan, terutama di musim pancaroba. Jangan lupa juga bekali diri dengan produk Enesis. Yuk, mulai jaga kesehatan tubuh bersama Enesis.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com