Advertorial

Kelola Potensi Daerah, Mendagri Tito Minta Pemda di Tanah Papua Perkuat Pembangunan SDM

Kompas.com - 04/02/2023, 10:12 WIB

KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta pemerintah daerah (pemda) di wilayah Papua memperkuat pembangunan sumber daya manusia (SDM). Menurut Tito, hal ini sangat penting karena keberadaan SDM yang berkualitas diyakini dapat mengelola berbagai sumber daya dengan baik.

Pesan tersebut disampaikan Tito saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Kepala Daerah Tanah Papua di Ballroom Hotel Vega, Kota Sorong, Papua Barat Daya, Jumat, (3/2/2023). Pada kesempatan itu, Tito meminta agar peningkatan SDM di Papua dapat dilakukan sebagai upaya mendukung pertumbuhan di sektor swasta di daerah masing-masing. 

“Kepala daerah berperan penting dalam mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Karena itu, kepala daerah perlu mengelola anggaran tersebut. Salah satunya untuk memperkuat kapasitas SDM, seperti melalui program pendidikan dan kesehatan,” kata Tito dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (4/2/20). 

Oleh karena itu, Tito meminta agar pemda fokus pada pendidikan anak-anak sebagai penerus di masa depan, baik formal maupun informal, sesuai dengan potensi lokal yang ada. 

-Dok. Kemendagri -

“Apabila daerah tersebut terkenal dengan potensi perkebunannya, pemda dapat mendorong pendidikan informal melalui balai pelatihan perkebunan. Begitu pula dengan potensi lain, seperti peternakan, pertambangan, dan perikanan. Dengan demikian, berbagai potensi sumber daya tersebut dapat terkelola dengan baik,” ujar Tito. 

Lebih lanjut, Tito mengatakan, melalui bekal keahlian tersebut masyarakat dapat membangun berbagai usaha sehingga membuka lapangan pekerjaan bagi warga lain. 

Menurutnya, keberadaan sektor usaha ini penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerahnya masing-masing. 

“Hal ini perlu didukung dengan kemudahan berusaha, baik bagi investasi dalam negeri maupun investasi asing, termasuk bagi usaha, mikro,kecil, dan menengah (UMKM). Kedua hal ini menjadi kunci untuk membangun sektor swasta di daerah masing-masing. Setelah itu, baru bisa melompat (pertumbuhan ekonominya)," ungkap Tito.

Sebagai informasi, Rakor Kepala Daerah Tanah Papua dihadiri oleh Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Papua, Penjabat (Pj) Gubernur Papua Tengah, Pj Gubernur Papua Selatan, Pj Gubernur Papua Pegunungan, dan Pj Gubernur Papua Barat Daya.

Hadir pula Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), bupati atau walikota seluruh wilayah Papua, serta pihak terkait lain.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com