Advertorial

5 Makanan Kaya Nutrisi untuk Dukung Anak Tumbuh Tinggi dan Cerdas

Kompas.com - 06/02/2023, 11:38 WIB

KOMPAS.com - Setiap orangtua mendambakan anaknya dapat tumbuh dan berkembang optimal dalam setiap tahapan usianya. Pertumbuhan fisik atau ukuran tinggi badan anak menjadi salah satu indikator untuk mengetahui keoptimalan tumbuh kembang anak.

Asupan makanan bernutrisi yang kaya akan gizi memiliki peran penting untuk mendukung pertumbuhan anak. Utamanya, pada usia 3-12 tahun yang menjadi periode penting pertumbuhan anak.

Sejumlah nutrisi penting yang perlu ada dalam setiap makanan anak di antaranya adalah protein, kalsium, zink, fosfor, magnesium, dan vitamin D.

Melansir Medical News Today, Rabu (16/11/2021), sedikitnya ada lima jenis bahan makanan bernutrisi yang berperan penting untuk mendukung pertumbuhan tinggi anak. Apa saja? Berikut adalah ulasan lengkapnya.

  1. Telur

Telur mengandung sejumlah nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang anak. Dalam satu butir telur utuh mengandung 24,1 miligram (mg) kalsium, 6,24 gram (gr) protein, 1,24 mikrogram (mcg) vitamin D, folat sebanyak 35,7 mcg, dan vitamin B12 0,513 mcg.

Perlu diketahui, bila kekurangan salah satu nutrisi tersebut, misalnya vitamin B12 dan folat, maka tinggi badan anak tidak dapat berkembang optimal.

Agar anak tertarik menyantap telur, orangtua dapat menyuguhkan bahan makanan tersebut dalam berbagai variasi menu, seperti telur dadar (omelette) atau telur orak-arik.

  1. Daging ayam

Daging ayam juga menjadi sumber protein terbaik untuk mendukung pertumbuhan tinggi badan dan kecerdasan anak.

Untuk diketahui, dalam setiap 3 ons atau 85 gr daging ayam mengandung sedikitnya 20 gr protein. Selain itu, ada pula taurin dan asam amino yang berperan penting dalam mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang.

Daging ayam juga mengandung vitamin B12 yang dapat larut dalam air. Ketika diserap tubuh, vitamin ini dapat membantu anak tumbuh tinggi secara optimal.

  1. Ikan

Sumber protein lain yang wajib dikonsumsi anak agar dapat tumbuh optimal dan cerdas adalah ikan.

Seperti diketahui, ikan mengandung kalsium dan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak.

Adapun jenis ikan yang mengandung kedua nutrisi tersebut di antaranya salmon dan tuna. Untuk diketahui, setiap 100 gr ikan salmon mengandung 15 mcg vitamin D dan kalsium 220 mg. Sementara, 100 gr makarel yang masih satu famili dengan tuna mengandung 7,3 mcg vitamin D dan 241 mg kalsium.

  1. Sayuran hijau

Seperti halnya telur dan ikan, sayuran hijau juga kaya akan kalsium yang dapat mendukung pertumbuhan tinggi anak. Sayuran hijau yang kaya kalsium di antaranya brokoli, sawi sendok, kale, dan collard greens.

Untuk diketahui, semangkuk brokoli yang dimasak mengandung 100 mg kalsium dan sawi sendok atau pak choy 160 mg kalsium. Sementara itu, semangkuk kale mengandung 160 gr kalsium dan collard greens 266 mg kalsium lebih tinggi.

Sayuran berdaun hijau juga dapat meningkatkan kepadatan tulang pada anak berkat kandungan vitamin K di dalamnya. Dengan mengonsumsi sayuran hijau sebagai salah satu menu harian, anak dapat tumbuh tinggi sekaligus sehat.

  1. Susu

Susu juga merupakan salah satu sumber kalsium yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang serta kerangka tubuh anak.

Seperti diketahui, kalsium adalah salah satu nutrisi yang penting untuk mendukung perkembangan tulang pada masa pertumbuhan anak. Selain dapat mengoptimalkan kerja saraf dan otot, nutrien ini juga bermanfaat untuk memperkokoh tulang.

Setiap anak membutuhkan asupan kalsium yang berbeda-beda menyesuaikan kelompok usia. Dilansir dari National Institutes of Health (NIH), Kamis (6/10/2022), asupan kalsium harian yang direkomendasikan untuk anak kategori usia 3-12 tahun adalah 700-1.300 mg.

Agar buah hati tumbuh tinggi optimal dan cerdas, Anda dapat memberikan susu terbaik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian mereka. Salah satu produk susu yang bisa menjadi pilihan Anda adalah susu Zee.

Sebagai informasi, Zee merupakan susu anak umur 3-12 tahun yang diperkaya dengan Nutripro-Complex +. Susu Zee mengandung 9 asam amino esensial, tinggi kalsium, kolin, protein, omega 3 dan 6, serta vitamin B kompleks untuk pertumbuhan tinggi badan serta kecerdasan agar prestasi anak meningkat. Zee Reguler terdiri dari kemasan dalam kardus dan saset.

Dengan memberikan susu Zee pada buah hati setiap hari, Anda mendukung mereka untuk tumbuh tinggi optimal dan menjadi anak cerdas berprestasi.

Informasi secara lengkap mengenai susu Zee dapat diakses melalui tautan berikut.

Baca tentang
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke