Advertorial

Wuling Formo Max, Kendaraan Niaga Ringan Berkargo Besar yang Cocok untuk UMKM

Kompas.com - 07/02/2023, 10:04 WIB

KOMPAS.com - Selain digitalisasi, pertumbuhan bisnis usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) juga dipengaruhi oleh efisiensi operasional transportasi. Dengan dukungan moda transportasi, seperti kendaraan niaga ringan, UMKM dapat leluasa untuk kulakan dan mendistribusikan produk ke tangan konsumen.

Kepemilikan kendaraan niaga ringan juga dapat menghemat ongkos pengiriman ketimbang harus mengandalkan jasa logistik. Salah satu kendaraan yang dapat dipilih adalah pikap Formo Max dari Wuling.

Wuling secara resmi merilis Formo Max di Fresh Market, Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Selasa (17/1/2023). Dengan mengusung tagline "Enteng Bikin Untung", Vice President (VP) Wuling Motor Arif Pramadana mengatakan bahwa Formo Max hadir untuk mendukung sektor usaha di Tanah Air yang semakin berkembang seiring dengan perbaikan perekonomian nasional.

"Berangkat dari hal tersebut, kami meluncurkan kendaraan pikap generasi terbaru untuk pasar Indonesia secara resmi," kata Arif seperti diberitakan Kompas.com, Jumat (27/1/2023).

Kargo besar bikin untung

Wuling Formo Max menawarkan kelebihan yang tak miliki kendaraan niaga ringan pada segmen pikap. Salah satunya adalah ukuran kargo luas yang dapat mengangkut barang hingga 1 ton.

Kargo pikap tersebut memiliki dimensi panjang 2.695 milimeter (mm) dan lebar 1.725 mm. Kargo bisa dibuka dari tiga sisi sehingga lebih praktis dalam proses muat-bongkar barang.

Arif menjelaskan, dengan kargo luas, Wuling Formo Max memudahkan pemilik usaha dalam mendorong produktivitas usaha harian sehingga bisnis semakin menguntungkan.

“Hal ini sejalan dengan semangat Formo Max, 'Enteng Bikin Untung'," jelas Arif.

Tak sekadar kargo, Formo Max juga dibekali mesin bertenaga dengan sejumlah fitur keselamatan modern. Untuk dapur pacu, Wuling Formo Max menggunakan konfigurasi mesin 4 silinder segaris dual overhead camshaft (DOCH) berkapasitas 1.485 cc.

Mesin tersebut dilengkapi sistem transmisi manual lima percepatan. Adapun daya maksimum yang dihasilkan sebesar 98 horsepower (hp) pada 5.800 revolution per minute (rpm). Mesin bisa pula menghasilkan torsi 140 Nm pada 3.400 - 4.400 rpm.

Hal menarik lain, Wuling Formo Max mengadopsi konsep front-engine sehingga tidak menghantarkan panas ke area kursi seperti pada pikap lain yang meletakkan mesin di tengah sumbu roda atau mid-engine. Dengan begitu, sopir dan penumpang akan lebih nyaman selama berkendara.

Bukan cuma itu, Wuling Formo Max juga menggunakan ban ukuran 175/75 R14C dengan wheelbase sepanjang 3.160 mm. Kaki-kaki pikap tersebut dilengkapi dengan suspensi McPhreson Strut di bagian depan dan Leaf Spring pada sisi belakang.

Teknologi tersebut dapat membantu meredam getaran jika Wuling Formo Max harus melintasi jalan yang tidak rata. Selain itu, teknologi itu juga dapat membuat beban gerak menjadi lebih ringan dengan daya tahan tinggi.

Dilengkapi fitur kenyamanan dan keselamatan modern

Wuling Formo Max menghadirkan kendaraan niaga dengan berbagai fitur kenyamanan modern yang lebih unggul dibandingkan segmen pikap B lain, seperti power steering, power windows, dan air conditioner (AC).

Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko mengatakan, fitur-fitur tersebut dihadirkan agar pengendara semakin nyaman dan aman dalam mengemudikan pikap. Dengan begitu, pikap bisa mendukung operasional usaha dengan baik.

"Segmen pikap B sudah sangat mature di Indonesia. Di segmen pasar komersial, market share-nya bisa mencapai 40 persen. Artinya, (jangkauan pasar) sangatlah luas," ujar Danang.

Terkait keselamatan, Wuling menyematkan fitur anti-lock braking system (ABS) dan electronic brakeforce distribution (EBD). Pikap ini juga dilengkapi dengan retractable seat belt dan seatbelt reminder.

Formo Max juga memiliki anti-theft alarm untuk meminimalkan risiko kejahatan yang dapat merugikan pengguna.

Wuling Formo Max hadir dalam dua varian, yakni Formo Max Standard seharga Rp 162 juta on the road (OTR) Jakarta dan Formo Max AC seharga Rp 170 juta OTR Jakarta. Kedua seri ini hadir dalam tiga pilihan warna, yakni putih, silver, dan hitam.

Dapatkan informasi lebih lengkap tentang Wuling Formo Max melalui tautan ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com