Advertorial

Nutrisi Penting yang Perlu Dipenuhi Ibu Hamil

Kompas.com - 16/02/2023, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Di masa kehamilan, Ibu membutuhkan lebih banyak nutrisi. Sebab, makanan yang dikonsumsi akan menjadi sumber nutrisi penting yang dapat mendukung pertumbuhan janin.

Perlu diketahui, tumbuh kembang anak dimulai sejak 1.000 hari pertama kehidupan (HPK), yaitu 270 hari selama kehamilan dan 730 hari pada dua tahun pertama kehidupannya.

Jika selama masa tersebut nutrisi tidak terpenuhi, tumbuh kembang anak berisiko terganggu. Bahkan, dalam kasus yang lebih serius dapat menyebabkan stunting.

Selain mendukung pertumbuhan buah hati, nutrisi juga membantu ibu hamil agar tetap sehat selama masa kehamilan. Berikut Kompas.com ulas mengenai enam nutrisi penting yang wajib terpenuhi bagi ibu hamil, termasuk manfaatnya.

  1. Protein

Protein adalah nutrisi yang berfungsi sebagai pembentukan organ tubuh buah hati. Manfaat lain dari nutrisi yang satu ini adalah membantu pembentukan tulang, otot, dan darah. Selain itu, protein juga diperlukan dalam pembentukan enzim, hormon dan antibodi untuk daya tahan tubuh ibu.

Oleh karena itu, protein sangat dibutuhkan ibu hamil untuk membantu pertumbuhan buah hati selama dalam kandungan. Sumber protein ini bisa didapat dari hewan (hewani) dan tumbuhan (nabati) yang didapat dari makanan.

Protein hewani bisa ditemukan pada daging unggas, ikan, serta makanan turunannya, seperti susu, telur dan, keju. Sementara, protein nabati bisa ditemukan pada kacang-kacangan, brokoli, serta gandum.

Kekurangan protein di masa kehamilan dapat berdampak pada buah hati, seperti lahir prematur, berat badan lahir rendah (BBLR), serta kematian.

  1. Kalsium

Kalsium merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Selama kehamilan, Ibu hamil membutuhkan lebih banyak kalsium, yaitu sekitar 1.000 miligram (mg) sampai 1.300 mg per hari.

Adapun kalsium memiliki beragam manfaat, antara lain menjaga kesehatan tulang dan gigi, mengatur kontraksi otot, serta mengurangi risiko hipertensi pada ibu hamil. Nutrisi ini bisa didapatkan dari berbagai sumber makanan, seperti ikan sarden dan salmon, sayuran hijau, sereal, susu, keju, tahu, serta yogurt.

  1. Asam folat

Asam folat merupakan salah satu jenis vitamin B kompleks yang larut dalam air dan bisa didapat dalam berbagai makanan.

Pada masa kehamilan, asam folat bermanfaat membantu pembentukan tabung saraf pada bayi sebagai cikal bakal pembentukan otak serta sumsum tulang belakang. Nutrisi ini juga bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah.

Nah, untuk mencukupi kebutuhan asam folat, ibu hamil bisa mendapatkannya dari berbagai sumber makanan, seperti hati sapi, asparagus, alpukat, kacang-kacangan, pisang, pepaya, dan jeruk.

  1. Zat besi

Zat besi adalah mineral yang punya fungsi membentuk hemoglobin dalam sel darah merah. Ibu hamil membutuhkan dua kali lipat zat besi untuk memasok kebutuhan oksigen buah hati di dalam kandungan.

Perlu diketahui, kekurangan zat besi di masa kehamilan dapat menyebabkan anemia yang berisiko fatal. Selain dapat membuat ibu mengalami sakit kepala atau mudah lelah, anemia juga meningkatkan risiko kelahiran prematur, BBLR, serta depresi pasca-persalinan.

Dengan demikian, Ibu perlu memenuhi kebutuhan zat besi dengan mengonsumsi beberapa sumber makanan, seperti daging merah, hati, ikan, kerang, bayam, brokoli, kacang polong, dan cokelat.

  1. Yodium

Nutrisi tak kalah penting lain yang dibutuhkan ibu hamil adalah yodium. Nutrisi ini membantu tubuh memproduksi hormon tiroid untuk pertumbuhan dan perkembangan buah hati selama dalam kandungan.

Kekurangan yodium di masa kehamilan berisiko membuat buah hati mengalami gangguan mental hipotiroidisme (kretinisme). Adapun kecukupan yodium yang dibutuhkan ibu hamil adalah 150 mikrogram per hari.

Sumber makanan yang mengandung yodium, di antaranya adalah makanan laut, rumput laut, telur, daging, dan susu.

  1. DHA - omega 3

Terakhir, nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan ibu hamil adalah Docosahexaenoic acid (DHA). Nutrisi ini merupakan salah satu jenis asam lemak omega 3 yang wajib tercukupi selama kehamilan.

Perlu diketahui, manfaat DHA - omega 3 bagi buah hati adalah mendukung perkembangan mata dan otak, serta merangsang kecerdasan di 1.000 HPK.

Nutrisi tersebut bisa didapatkan dari sumber makanan alami, seperti ikan dan makanan laut.

Itulah nutrisi penting bagi ibu hamil. Di masa kehamilan, ibu perlu memastikan bahwa seluruh nutrisi tersebut tercukupi sehingga buah hati dapat tumbuh dengan baik sejak dalam kandungan.

Sebagai informasi, Ibu hamil juga bisa mengonsumsi susu khusus ibu hamil yang memiliki nutrisi lengkap untuk membantu pertumbuhan buah hati. Pasalnya, suplemen saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan.

Salah satu susu hamil kaya akan nutrisi adalah PRENAGEN mommy yang memiliki nutrisi lengkap, yaitu sumber protein, tinggi asam folat, zat besi, kalsium, vitamin D, serta DHA-Omega 3.

PRENAGEN mommy baik diminum dua kali sehari selama masa kehamilan sampai melahirkan untuk memenuhi nutrisi harian ibu hamil dan buah hati.

Selain itu, susu tersebut juga memiliki beberapa keunggulan, seperti varian rasa beragam dan tidak bikin eneg. Saat ini, PRENAGEN mommy hadir dengan varian rasa French Vanilla, Velvety Chocolate, Lovely Strawberry, Delicious Mung Bean.

Ada pula varian PRENAGEN mommy Almond Soya yang mengandung protein nabati almond dan. Varian ini hadir dengan rasa lebih enak dan mampu memenuhi standar nutrisi ibu hamil.

Selain mengandung protein dan DHA-Omega 3 lebih tinggi, PRENAGEN mommy Almond Soya juga kaya akan serat sehingga dapat mencegah sembelit di masa kehamilan.

Untuk mendukung pertumbuhan buah hati, jangan lupa juga untuk memberikan Air Susu Ibu (ASI). Pada fase ini, ibu menyusui juga wajib melengkapi kebutuhan nutrisinya. Ibu dapat mengonsumsi susu PRENAGEN lactamom sebagai ASI booster.

PRENAGEN lactamom memiliki nutrisi lengkap, seperti sumber protein, DHA-omega 3, tinggi kalsium, serta vitamin D. Kandungan lainnya adalah vitamin B2 dan B12 yang dapat meningkatkan kuantitas serta kualitas ASI.

PRENAGEN lactamom tersedia dengan berbagai varian rasa, yaitu French Vanilla, Velvety Chocolate, Lovely Strawberry.

Terbaru, hadir PRENAGEN lactamom Almond Soya sebagai ASI booster dari kebaikan Almond dan Soya. Susu ini memiliki kandungan nutrisi yang lebih lengkap dan tinggi, seperti protein, tinggi kalsium, serta DHA-Omega 3 yang tidak terdapat pada susu almond lain.

PRENAGEN lactamom baik diminum dua gelas per hari selama masa menyusui, khususnya pada 6 bulan selama pemberian ASI eksklusif.

Yuk, lengkapi nutrisi buah hati dengan minum PRENAGEN mommy dan PRENAGEN lactamom.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com