Advertorial

Ini 5 Cara Merawat Kulit Sensitif

Kompas.com - 17/02/2023, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Apakah Anda memiliki kulit yang sensitif? Perlu diketahui, kulit sensitif biasanya mudah mengalami iritasi, seperti gatal dan ruam kemerahan. Hal ini umumnya disebabkan kondisi udara yang terlalu panas atau dingin, paparan sinar matahari, polusi, serta perubahan hormon.

Reaksi kulit secara berlebihan yang terjadi pada kulit sensitif juga bisa dipicu oleh stres dan depresi, konsumsi obat tertentu, serta pemakaian produk perawatan kulit yang kurang tepat.

Oleh karena itu, kulit sensitif memerlukan perhatian dan perawatan khusus. Berikut adalah lima cara untuk merawat kulit sensitif.

  1. Menggunakan tabir surya

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif terhadap paparan sinar matahari, sebaiknya rutin menggunakan tabir surya atau sunscreen sebelum keluar rumah. Kemudian, aplikasikan kembali tabir surya jika beraktivitas di luar ruangan dengan waktu cukup lama.

Perlu diketahui, tabir surya berfungsi melindungi kulit dari kerusakan sinar ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB), serta mencegah berbagai gangguan kulit lain akibat paparan sinar matahari. Untuk kulit sensitif sebaiknya menggunakan tabir surya dengan sun protection factor (SPF) 30 sampai dengan 50.

  1. Coba produk perawatan sebelum membeli

Sebelum membeli produk perawatan, sebaiknya coba terlebih dulu dengan mengaplikasikan sedikit sampel pada pergelangan tangan. Lalu, amati reaksi yang muncul pada kulit.

Jika timbul reaksi hangat, bahkan panas, gatal-gatal, serta perih pada kulit Anda, hindari pemakaian produk dan jangan lanjut membeli.

  1. Hindari berganti-ganti produk perawatan

Cara lain untuk merawat kulit sensitif adalah menghindari berganti-ganti produk perawatan. Tetaplah dengan suatu produk yang sudah cocok digunakan. Jika sering berganti produk perawatan, kulit akan berisiko mengalami iritasi.

  1. Pilih produk perawatan alami

Produk yang terbuat dari bahan alami merupakan salah satu pilihan terbaik untuk kulit sensitif. Sebab, bahan alami pada umumnya aman, cocok, dan ramah untuk kulit sensitif.

  1. Jangan gunakan produk bersifat iritatif

Pemilik kulit sensitif perlu menghindari produk perawatan kulit, baik untuk wajah maupun tubuh, yang mengandung bahan pemicu iritasi, seperti alkohol, sulfur, serta sulfat.

Bahan-bahan tersebut biasanya terdapat pada produk sabun mandi. Oleh karena itu, pilih sabun mandi yang aman bagi kulit sensitif.

Adapun salah satu produk yang bisa dipilih adalah Ciste The Body Bath yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif dengan kandungan bahan alami dan bebas sulfat.

Ciste The Body Bath hadir dengan empat varian. Pertama, Ciste Lavish City yang menggunakan ekstrak parfum Perancis beraroma white flower, kamomil, dan madu. Kedua, Ciste Sunrise Savanna yang beraroma segar dengan kandungan lidah buaya, mentimun, dan teh hijau.

Ketiga, Ciste Tropical Plush yang mengandung ekstrak kelapa dan minyak zaitun dengan aroma vanila. Keempat, Ciste Berry Fields yang menggunakan ekstrak delima, rasberi, dan stroberi, dengan tambahan kolagen yang membantu mengencangkan kulit.

Setiap produk Ciste The Body Bath juga mengandung pelembap alami yang membuat kulit terasa lebih lembap dan lembut setelah mandi.

Ciste The Body Bath didesain dengan kemasan botol seukuran genggaman tangan dan tidak mudah licin saat terkena busa. Kemasan botol Ciste The Body Bath juga berukuran langsing dengan tutup rapat sehingga nyaman dibawa saat bepergian atau travel-friendly.

Saat ini, Anda bisa mendapatkan Ciste The Body Bath di berbagai marketplace.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com