Advertorial

Orangtua Wajib Tahu Pentingnya Protein, Kebutuhan, dan Cara Pemenuhannya

Kompas.com - 24/02/2023, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Protein punya peran penting bagi tumbuh kembang anak. Salah satu komponen makronutrien ini berperan dalam membantu pembentukan dan regenerasi sel, serta membentuk berbagai enzim dan hormon. Protein juga menghasilkan energi yang dibutuhkan tubuh untuk aktif bergerak setiap hari.

Dilansir dari verywellfamily.com, Sabtu (29/10/2022), protein memiliki bahan penyusun yang disebut asam amino. Senyawa organik ini terdapat pada hampir setiap sel dalam tubuh dan berfungsi untuk mengangkut molekul-molekul lain ke seluruh tubuh. Selain itu, protein juga bertindak sebagai antibodi yang dapat melawan penyakit.

Meski punya peran penting, orangtua juga mesti tahu bahwa pemenuhan protein harian anak harus disesuaikan dengan usia dan berat badannya. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 28 Tahun 2019, anak usia 6-11 bulan membutuhkan protein sebanyak 15 gram per hari, usia 1-3 tahun sebanyak 20 gram, 4-6 tahun sebanyak 25 gram, dan 7-9 tahun sebanyak 40 gram.

Untuk mencukupi kebutuhan protein harian anak, orangtua bisa memberikan makanan atau minuman yang mengandung protein tinggi.

Sumber protein sendiri terdiri dari hewani dan nabati. Sebenarnya, kedua protein ini sama-sama memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Meski demikian, protein hewani memiliki kandungan asam amino yang lebih lengkap ketimbang protein nabati.

Oleh karenanya, orangtua perlu memberikan kombinasi kedua protein tersebut setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan gizi Si Kecil.

Salah satu sumber protein hewani yang mudah didapat dan dikonsumsi adalah telur. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), sebutir telur berukuran sedang dengan berat 44 gram mengandung 5,54 gram protein.

Opsi lain, Anda bisa memberikan ikan salmon bagi Si Kecil. Ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 ini mengandung 20 gram protein untuk setiap 100 gramnya.

Bahan makanan lain yang juga kaya protein adalah daging sapi. Tiap 100 gram daging sapi mengandung 26 gram protein.

Untuk sumber protein nabati, Anda bisa mendapatkannya dari tempe. Kandungan protein pada makanan asli Indonesia ini cukup tinggi, yaitu 17 gram per 35 gram tempe.

Protein nabati lain yang dapat dikonsumsi Si Kecil adalah kacang edamame. Jenis kacang kedelai hijau ini memiliki 9 gram protein untuk setiap 120 gramnya.

Susu sebagai sumber protein tinggi

Protein juga bisa didapatkan dari susu sapi dan produk turunannya, seperti keju, yoghurt, dan mentega.

Konsumsi susu sapi setiap hari dapat mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil. Selain itu, susu juga mampu mendukung pertumbuhan fisik, daya tahan tubuh, dan kecerdasan otak anak.

Oleh karena itu, Anda bisa menambahkan susu pertumbuhan ke dalam menu harian Si Kecil, seperti produk dari Morinaga MoriCare+ Triple Bifi.

Susu pertumbuhan tersebut merupakan sinergi nutrisi yang memengaruhi antara faktor kecerdasan multitalenta, pertahanan tubuh ganda, dan tumbuh kembang optimal.

Morinaga MoriCare+ Triple Bifi dilengkapi dengan prebiotik GOS yang dapat meningkatkan jumlah probiotik bifidobakterium atau bakteri baik dalam usus sehingga kesehatan anak selalu terlindungi.

Untuk diketahui, Morinaga MoriCare+ Triple Bifi hadir dengan formula baru, yakni vitamin C, zink, dan vitamin A yang lebih banyak untuk membantu menjaga daya tahan tubuh Si Kecil, serta zero sugar.

Tak hanya itu, susu pertumbuhan tersebut juga mengandung omega-3 dan omega-6, zat besi, serta arachidonic acid (AA) dan docosahexanoic acid (DHA) lebih tinggi sehingga membantu anak untuk tumbuh menjadi pribadi yang cerdas dan multitalenta.

Tak ketinggalan, kandungan magnesium, vitamin D, kalsium, dan mineral yang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak juga terdapat dalam Morinaga MoriCare+ Triple Bifi.

Dengan mengetahui fungsi, kebutuhan harian, dan sumber protein yang baik bagi anak, orangtua pun wajib memenuhinya. Pasalnya, #WaktuTakBisaKembali. Begitupun masa pertumbuhan anak.

Maka dari itu, selalu penuhi nutrisi anak sesuai dengan kebutuhannya. Dengan demikian, Si Kecil dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Informasi lebih lengkap mengenai Morinaga Moricare+ Triple Bifi bisa Anda dapatkan dengan mengeklik tautan ini.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com