Advertorial

Gubernur Sulsel Raih Penghargaan SAR Awards dari Basarnas

Kompas.com - 25/02/2023, 20:30 WIB

KOMPAS.com - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman menerima penghargaan SAR Awards dari Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP/Basarnas) pada Rapat Kerja dan Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) 2023 di Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Penghargaan tersebut diberikan lantaran Gubernur Sulsel telah berjasa dalam memberikan bantuan untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi BNPP.

Adapun penyerahan penghargaan dilakukan langsung oleh Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi dan diterima oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel Amson Padolo selaku perwakilan Gubernur Sulsel.

Amson mengatakan, Andi Sudirman sangat mengapresiasi penghargaan yang diberikan oleh Basarnas terhadap dirinya.

“Basarnas telah memberikan perhatian dan apresiasi luar biasa atas kerja sama yang dilakukan bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel. Utamanya, dengan Gubernur Andi Sudirman yang dinilai banyak membantu kinerja tim search and rescue (SAR),” ujar Amson dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (25/2/2023).

Sebagai informasi, Rapat Kerja Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) dan Rapat Koordinasi FKP3 2023 itu dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi).

Dalam sambutannya, Jokowi menyebutkan bahwa Basarnas memiliki peran penting karena sanggup memikul harapan korban dan keluarga korban bencana yang bertumpu pada mereka.

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman.DOK. Pemprov Sulsel Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman.

Apalagi, Basarnas sering kali harus menentukan strategi evakuasi secara cepat untuk menentukan jumlah nyawa yang diselamatkan.

Oleh karena itu, Jokowi pun ingin agar Basarnas mau melibatkan masyarakat melalui edukasi tentang pertolongan awal saat terjadi bencana.

“Mengedukasi masyarakat menjadi hal yang penting agar mereka memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam pertolongan-pertolongan awal. Mulai saat ini, lakukan intervensi dan edukasi terhadap masyarakat,” jelas Jokowi.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com