Advertorial

Dukung Pengembangan Kawasan Emas Andalan 360°, Upaya Gubernur Andi Sudirman Geliatkan Pariwisata di Enrekang

Kompas.com - 27/02/2023, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman meninjau Kawasan Emas Andalan 360° di Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulsel, Jumat, (24/2/2023).

Sebagai informasi, Kawasan Emas Andalan 360° merupakan salah satu kawasan wisata di Kabupaten Enrekang, tepatnya di Kecamatan Anggeraja. Destinasi yang berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat kota Enrekang ini dikelilingi oleh pemandangan alam dan pegunungan yang indah, seperti Gunung Bambapuang dan Gunung Nona.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel telah mengalokasikan bantuan keuangan tahun anggaran 2022 untuk pengembangan wisata Kabupaten Enrekang, termasuk Kawasan Emas Andalan 360°, dan penanganan sejumlah ruas jalan kabupaten senilai Rp 8 miliar.

"Alhamdulillah, saya bersama Bupati Enrekang Muslimin Bando dan Wakil Bupati Enrekang Asman mengunjungi Kawasan Emas Andalan 360° di Kabupaten Enrekang,” ujar Andi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (26/2/2023).

Pembangunan infrastruktur di Kawasan Emas Andalan 360° di Kabupaten Enrekang. DOK. Pemprov Sulsel Pembangunan infrastruktur di Kawasan Emas Andalan 360° di Kabupaten Enrekang.

Selama kunjungan, Andi mengamati langsung sejumlah fasilitas pendukung di proyek pengembangan Kawasan Emas Andalan 360°, seperti cottage, menara pandang, coffee shop, mushala, landmark, serta amphitheatre.

"Saat ini, beberapa fasilitas untuk spot foto telah hadir di Kawasan Emas Andalan 360° yang dikelilingi pemandangan alam dan pegunungan nan indah. Kami juga tengah membangun beberapa penginapan serta akses jalan masuk,” tuturnya.

Andi melanjutkan, kawasan tersebut berada tidak jauh dari Jalan Poros Enrekang. Karena itu, ia mengajak masyarakat yang hendak ke Toraja untuk menyempatkan diri mampir ke Kawasan Emas Andalan 360.

"Mari dukung pengembangan wisata lokal. (Di Kawasan Emas Andalan 360°), pengunjung bisa melihat pemandangan Gunung Bambapuang dan Gunung Nona," kata Andi.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. DOK. Pemprov Sulsel Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Andi pun mengapresiasi Pemerintah Kabutaten Enrekang yang telah bergerak cepat merealisasikan bantuan keuangan dari Pemprov Sumsel.

"Kami harap, kehadiran fasilitas pengembangan wisata tersebut dapat menggeliatkan sektor pariwisata dan perekonomian masyarakat sekitar," ujarnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com