Advertorial

Pelaku Startup dan Industri dari Singapura Lirik Peluang Pengembangan Usaha di KEK Nongsa Digital Park

Kompas.com - 17/03/2023, 12:59 WIB

KOMPAS.com – Pada 2017, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa pemerintah ingin menjadikan Batam, Kepulauan Riau, sebagai “jembatan digital” yang menghubungkan ekonomi digital Singapura dan berbagai kota di Indonesia.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah pun menetapkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa Digital Park (NDP) Batam. KEK ini diresmikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan pada Maret 2018. Kemudian, NDP dikembangkan oleh Sinar Mas Land dan Citramas Group sejak 2021.

Chief Executive Officer (CEO) Digital Tech Ecosystem and Development Sinar Mas Land Irawan Harahap menyampaikan bahwa NDP merupakan proyek ekspansi dari digital hub yang dikembangkan Sinar Mas Land dan Citramas Group di wilayah Nongsa, Batam, dan Kepulauan Riau.

NDP memiliki luas 166,45 hektare. KEK ini mempunyai infrastruktur utama untuk mendukung berbagai kegiatan ekonomi digital, termasuk infrastruktur pusat data.

Kawasan tersebut memiliki lokasi yang strategis, yakni hanya 35 menit dari Singapura dengan kapal feri dan berjarak 15 menit dari Bandara Internasional Hang Nadim, Batam.

“Kami mengembangkan NDP untuk memajukan ekonomi digital nasional dan regional secara signifikan. NDP dilengkapi dengan fasilitas digital, mulai dari pusat pendidikan digital, co-working space, perkantoran, kawasan industri animasi dan perfilman, hingga pusat data center,” tutur Irawan dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (16/3/2023).

KEK tersebut, imbuhnya, diperkuat dengan digital talent pool yang memudahkan berbagai perusahaan, terutama dari Asia Tenggara, untuk berekspansi ke NDP.

Oleh karena itu, puluhan perusahaan di Singapura memilih NDP sebagai ruang kerja mereka. NDP juga telah menyalurkan ratusan sumber daya manusia (SDM) digital Indonesia ke berbagai perusahaan teknologi internasional.

Executive Director Citramas Group Marco Bardelli mengatakan bahwa ekosistem NDP telah diisi oleh berbagai perusahaan ternama yang beroperasi di sektor ekonomi digital secara luas serta aktivitas EdTech.

NDP, lanjutnya, menawarkan peluang bagi talenta Indonesia untuk meningkatkan keterampilan melalui serangkaian inisiatif pendidikan kejuruan yang unggul sehingga dapat menemukan peluang kerja.

“NDP juga merupakan rumah bagi Infinite Studios yang mengoperasikan studio animasi digital dan soundstage studio terbesar di wilayah tersebut,” ujarnya.

Minat perusahaan global, terutama dari Singapura, dan talenta digital bekerja di NDP tidak terlepas dari kerja sama dengan perusahaan pengembangan talenta asal Singapura, Glints, yang juga memiliki kantor cabang di NDP.

Glints membawa calon klien prospektif ke NDP secara berkala agar dapat melihat langsung ruang kerja, lingkungan kantor, serta kecakapan tenaga kerja lulusan sekolah digital dari ekosistem NDP. Terbaru, Glints bersama mitra di NDP mengundang pelaku startup dan industri dari Singapura pada Rabu (15/3/2023).

Kunjungan tersebut juga dihadiri oleh Senior VP Commercial Sinar Mas Land Margiman Ong dan Marco Bardelli.

Pada kesempatan itu, Commercial Director Glints Puay Lim menjelaskan bahwa NDP merupakan salah satu gerbang Singapura untuk merambah ketersediaan tenaga kerja global.

“Kawasan ini menyediakan banyak tenaga kerja. Dengan jarak tempuh hanya satu jam dari Singapura, berbagai perusahaan Singapura dapat menemukan talenta bertaraf internasional yang mampu menghasilkan produk digital yang dapat bersaing di mancanegara,” ucap Puay.

Puay melanjutkan, NDP dapat menghasilkan SDM berkualitas berkat berbagai pusat pendidikan dan pelatihan digital yang secara konsisten membantu peningkatan mutu dan keahlian.

Sebagai informasi, pengembangan KEK tersebut diinagurasi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai salah satu KEK pada Sabtu (12/ 6/2021) untuk menggarap peluang investasi di bidang industri digital.

KEK NDP memiliki target total investasi sebesar Rp 39,9 triliun. Penyerapan tenaga kerja ditargetkan sebesar 16.500 orang pada 2040. Lokasi ini juga dilengkapi dengan berbagai kegiatan vokasi digital, seperti Infinite Learning-Apple Developer Academy dan Purwadhika Digital Technology School.

Karena mampu menarik talenta digital, NDP pun dapat menciptakan lapangan kerja serta mendukung kegiatan bisnis dan teknologi untuk perusahaan internasional, khususnya yang berbasis di Singapura, yang dikenal sebagai koridor pendanaan ekonomi digital di Asia Tenggara.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com