Advertorial

Kejar Target Capaian NZE pada 2060, BPSDM ESDM Gelar Human Capital Summit

Kompas.com - 18/03/2023, 11:34 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah terus mendorong percepatan transisi energi di dalam negeri guna mencapai target net zero emission (NZE) atau emisi nol bersih pada 2060.

Untuk mendukung upaya tersebut, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menyusun roadmap NZE 2060. Agar peta jalan bisa dilaksanakan, perlu dukungan ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kapabilitas dan kompeten pada bidang energi.

“Kementerian ESDM tidak bisa berjalan sendiri dan akan melibatkan berbagai stakeholder. Oleh karena itu, kami melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) mencoba untuk memetakan dengan menyelenggarakan Human Capital Summit (HC Summit) untuk sektor energi,” ujar Prahoro dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (18/3/2023).

HC Summit sendiri bakal digelar Kementerian ESDM di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (21/3/2023), mulai pukul 09.00 hingga 15.00 WIB.

Penyelenggaraan kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan SDM andal dan kompeten agar Indonesia mengimplementasikan NZE pada 2060 atau lebih cepat. Selain itu, kegiatan tersebut juga menjadi wadah tukar informasi guna melihat bersama-sama kesiapan Indonesia dari sisi kapasitas SDM.

“HC Summit diharapkan dapat menjadi wadah untuk melihat sekaligus berbagi pengalaman antarorganisasi atau institusi dalam mengimplementasikan strategi NZE, pengembangan teknologi inovasi, percepatan aksi, dan kesiapan kompetensi SDM di Indonesia,” terang Prahoro.

Prahoro menambahkan, pihaknya mengundang seluruh stakeholder di sektor energi hadir pada HC Summit untuk memetakan roadmap bersama Kementerian ESDM.

Adapun narasumber yang akan hadir pada HC Summit terdiri dari perwakilan pemerintah serta kalangan industri di sektor energi, yakni Pertamina, MIND ID, dan Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Selain itu, turut hadir pula perwakilan organisasi internasional, yakni International Energy Agency (IEA), The International Renewable Energy Agency IRENA, Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA), The Organization for Economic Co-operation and Development (OECD), World Bank, dan UK Mentari.

"HC Summit merupakan bagian dari upaya seluruh stakeholder terkait program yang sudah dilaksanakan bersama-sama. Dengan begitu, upaya untuk mencapai target NZE 2060 lebih optimal," kata Prahoro.

Untuk diketahui, HC Summit akan dibagi menjadi tiga break out roomPertama, berkaitan dengan minyak dan gas (oil and gas). Kedua, pertambangan (mining). Ketiga, isu energi bersih (clean and energy).

“Ketiga hal itu akan menjadi poin utama yang akan dibahas dalam HC Summit. Nantinya, pada setiap sesi break out room, direktorat jenderal (dirjen) akan memberikan arah dan kebijakan di sektornya masing-masing," jelas Prahoro.

Sebagai informasi, BPSDM ESDM juga menyelenggarakan HC Exhibition sebagai bagian dari rangkaian acara HC Summit. Pada HC Exhibition, BPSDM ESDM menyediakan berbagai benefit, yaitu beasiswa Kementerian ESDM, free voucher pelatihan, diskon pelatihan dan sertifikasi hingga 50 persen, serta sejumlah suvenir menarik lain.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com