Advertorial

Bupati Kediri Gelar Operasi Pasar Antisipasi Kenaikan Harga Bahan Pokok Selama Ramadhan

Kompas.com - 26/03/2023, 14:42 WIB

KOMPAS.com – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana bersama Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kabupaten Kediri menggelar operasi pasar guna mengantisipasi harga bahan-bahan pokok yang kerap mengalami kenaikan saat Ramadhan.

Pria yang akrab disapa Mas Dhito itu menuturkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kediri telah menyiapkan beberapa langkah strategis untuk mengendalikan harga bahan-bahan pokok selama bulan suci.

Sementara itu, Kepala DKPP Kabupaten Kediri Tutik Purwaningsih mengatakan bahwa pihaknya akan terjun ke lapangan dengan intens guna mengecek langsung kondisi harga secara langsung khususnya selama minggu pertama Ramadhan.

“Pergerakan (harga) harus dengan intens kami amati terus sehingga jangan sampai ada gejolak di masyarakat,” ujar Tutik dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Minggu (26/3/2023).

Ditemukan harga bahan pokok yang mengalami kenaikan adalah telur ayam dengan kenaikan harga sekitar Rp 4.000 per kilogram dan daging ayam ras naik sekitar Rp 5.000 per kilogram. Dok. Humas Pemkab Kediri Ditemukan harga bahan pokok yang mengalami kenaikan adalah telur ayam dengan kenaikan harga sekitar Rp 4.000 per kilogram dan daging ayam ras naik sekitar Rp 5.000 per kilogram.

Lebih lanjut, Tutik menjelaskan, berdasarkan pantauan langsung di lapangan ataupun lewat aplikasi, ditemukan bahwa terjadi kenaikan harga untuk beberapa item bahan pokok, di antaranya telur ayam dan daging ayam ras.

“Setelah kami melakukan pemantauan, memang ada beberapa bahan pokok yang sudah mulai mengalami kenaikan harga,” ujar Tutik.

Ia menyebutkan, per Selasa (21/3/2023), harga telur ayam mencapai Rp 30.000 – Rp 31.000 per kilogram. Angka ini naik sekitar Rp 4.000 jika dibandingkan pada awal Februari 2023.

Sementara harga daging ayam ras naik hingga Rp 5.000 menjadi sekitar Rp 33.000 per kilogram dari sebelumnya Rp 28.000 per kilogram.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kediri Tutik Purwaningsih saat melakukan pengecekan kenaikan harga bahan pokok langsung terjun ke pasar. Dok. Humas Pemkab Kediri Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kediri Tutik Purwaningsih saat melakukan pengecekan kenaikan harga bahan pokok langsung terjun ke pasar.

Tutik menambahkan, operasi pasar direncanakan akan dilakukan pada minggu pertama Ramadhan. Hal ini diharapkan dapat menstabilkan harga beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan harga.

“Operasi pasar terus dilakukan sesuai dengan instruksi dari Mas Dhito selaku Bupati Kabupaten Kediri. Sebulan terakhir sudah dilakukan (operasi pasar) di 31 titik,” kata perempuan yang juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perdagangan itu.

Searah dengan yang dilakukan DKPP, Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam (SDA) Dyah Saktiana mengatakan bahwa pihaknya berencana akan mengadakan pasar murah. Nantinya, pasar murah ini akan diadakan di dua titik perbatasan Kabupaten Kediri menjelang Idul Fitri.

“Direncanakan akan ada pasar murah yang diselenggarakan menjelang Idul Fitri yang akan tersebar di dua titik,” ujar Dyah.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com