Advertorial

Pilih Minuman Manis atau Sehat untuk Berbuka Puasa?

Kompas.com - 27/03/2023, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Sebagian besar orang memilih untuk mengonsumsi minuman manis, seperti es teh manis atau es campur, sebagai pelepas dahaga saat berbuka puasa. Meski nikmat, mengonsumsi minuman manis untuk berbuka puasa tidak disarankan. 

Pasalnya, seseorang kerap menjadikan momen berbuka puasa sebagai kesempatan untuk makan atau minum secara berlebihan. Saat yang dikonsumsi makanan dan minuman manis, gula darah berisiko meningkat secara mendadak atau hiperglikemia. Adapun dampak langsung dari hiperglikemia adalah mengantuk.

Kondisi tersebut bisa saja menyebabkan Anda menjadi malas untuk beribadah shalat tarawih setelah berbuka puasa. Selain itu, kenaikan gula darah yang tak terkendali juga dapat memicu diabetes.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu mempertimbangkan makanan dan minuman yang hendak dikonsumsi saat berbuka puasa. Sebaiknya, makanan dan minuman yang dipilih tidak sekadar manis, tetapi juga sehat dan bernutrisi. Adapun salah satu minuman yang baik dikonsumsi untuk berbuka puasa adalah air kelapa. 

Pada dasarnya, air kelapa adalah minuman yang lazim dikonsumsi masyarakat, bahkan turun-temurun. Selain kandungannya alami dan memiliki rasa yang nikmat, air kelapa juga memiliki banyak manfaat. 

Supaya lebih jelas, berikut alasan Anda sebaiknya berbuka puasa dengan air kelapa.

  1. Cepat mengembalikan cairan tubuh

Air kelapa mengandung natrium, magnesium, serta sodium dan kalium yang merupakan senyawa pembentuk elektrolit. Kandungan elektrolit yang dimiliki air kelapa relatif tinggi sehingga mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Sebagai informasi, elektrolit merupakan mineral bermuatan listrik yang banyak terdapat pada sel dan jaringan tubuh manusia. Senyawa ini memiliki fungsi untuk menyeimbangkan kadar air dalam tubuh.

Selain mengganti cairan, mengonsumsi air kelapa setelah berpuasa dapat membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit, seperti tekanan darah, badan lemas, serta kulit kering.

Air kelapa juga memiliki kadar gula rendah sehingga aman dikonsumsi. 

  1. Mengembalikan energi tubuh

Air kelapa mengandung karbohidrat yang dapat dicerna tubuh sebagai gula alami. Dengan demikian, minuman tersebut dapat memulihkan tenaga yang mengonsumsinya setelah seharian berpuasa.

Bahkan, air kelapa juga dapat dijadikan sebagai pengganti minuman berenergi yang lebih sehat. Setelah energi kembali pulih, Anda dapat melaksanakan ibadah tarawih dengan nyaman.

  1. Mengatasi keluhan pencernaan

Saat menjalankan puasa, pola makan menjadi berubah dari biasanya. Hal ini dapat menimbulkan berbagai masalah pencernaan, seperti konstipasi, asam lambung, perut kembung, serta diare.

Selain itu, masalah pencernaan juga biasanya terjadi karena asupan makanan yang kurang tepat dan kebiasaan makan yang kurang baik saat sahur dan berbuka.

Saat terkena diare, Anda bisa mengonsumsi air kelapa. Kandungan mineral, asam lemak, enzim, serta asam amino pada air kelapa dapat menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal.

Tak hanya itu, air kelapa juga mengandung enzim bioaktif alami, seperti RNA-polimerase, diastase, peroksidase, asam fosfatase, katalase, serta dehidrogenase. Berbagai enzim ini dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh dan sistem pencernaan.

  1. Membantu menjaga imun tubuh

Beraktivitas sambil menjalankan ibadah puasa di awal Ramadhan terasa berat karena tubuh masih harus beradaptasi. Hal ini membuat sebagian orang mengalami lemas dan gampang sakit. Terlebih, saat tubuh kekurangan vitamin serta mineral.

Dengan mengonsumsi air kelapa saat berbuka puasa, Anda bisa sekaligus menjaga sistem imun tubuh. Pasalnya, air kelapa mengandung vitamin B6 atau folat yang berfungsi membantu tubuh memproduksi serta memelihara sel-sel baru.

Tak hanya vitamin B6, air kelapa juga memiliki kandungan vitamin C dan asam laurat yang bersifat antioksidan. Hal ini membuat air kelapa dapat membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau jamur.

Itulah segala kebaikan air kelapa yang dapat membantu mengembalikan kondisi tubuh saat berbuka puasa sehingga badan tetap fit. Sekarang, Anda tidak perlu repot mendapatkan segala kebaikan air kelapa asli karena minuman ini sudah tersedia dalam kemasan praktis, yakni Hydro Coco.

Hydro Coco terbuat mengandung sejumlah nutrisi bermanfaat bagi tubuh, seperti magnesium, vitamin C, B3, B5, dan B6, kalsium, serta serat.

Sebagai minuman sehat, Hydro Coco yang diproduksi oleh Kalbe Nutritionals dibuat tanpa bahan pengawet dan pemanis buatan. 

Hydro Coco tersedia dalam ukuran 250 ml, 3.300 ml, 500 ml, dan 1 liter. Untuk merasakan manfaat Hydro Coco, kamu dapat membelinya dengan klik tautan berikut atau mengunjungi toko terdekat.

Yuk, pilih Hydro Coco sebagai minuman berbuka puasa yang lebih sehat.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com