Advertorial

Ingin Ganti Smartphone buat Lebaran? 4 iPhone Seri Lama Ini Bisa Jadi Pilihan

Kompas.com - 29/03/2023, 16:27 WIB

KOMPAS.com – Dari sekian banyak jenama smartphone di pasaran, iPhone dari Apple menjadi salah satu yang paling diminati banyak orang.

Meski dibanderol dengan harga yang relatif mahal, minat konsumen terhadap iPhone tetap tinggi. Ini lantaran iPhone memiliki keunggulan di berbagai sektor, mulai dari dapur pacu, kamera, layar, hingga desain bodi.

Nah, buat kamu yang berencana mengganti smartphone saat Lebaran, iPhone bisa jadi pertimbangan. Agar lebih hemat, kamu bisa melirik seri iPhone terdahulu, seperti X, XR, 11, dan 12 Pro.

Meski bukan rilisan baru, keempat seri tersebut tetap andal dijadikan sebagai daily driver. Berikut adalah ulasan spesifikasinya.

  1. iPhone X

Dirilis pada 2017, iPhone X adalah iPhone generasi pertama yang tidak memiliki home button. Selain itu, seri ini juga menjadi iPhone pertama yang memiliki teknologi Face ID dan TrueDepth Sensor.

Seri tersebut dibekali dengan RAM sebesar 3 GB dengan chipset Apple A12 Bionic.

Untuk kamera, iPhone X memiliki dua lensa, yakni lensa utama beresolusi 12 MP dengan bukaan f/1.8 dan lensa telefoto dengan sensor 12 MP dengan kemampuan pembesaran atau zoom 2X.

Produk iPhone X kini dibanderol mulai dari Rp 3 jutaan.

  1. iPhone XR

Selanjutnya, ada iPhone XR yang bisa menjadi pilihan daily driver baru selepas THR turun.

Sebagai informasi, spesifikasi produk ini tak jauh berbeda dengan seri pendahulunya, yakni Iphone X. Karena itu, produk Iphone XR juga tak memiliki home button.

Dari segi teknologi, iPhone XR juga sudah dilengkapi dengan teknologi seperti Face ID dan TrueDepth Sensor. 

Sementara, untuk dapur pacu, produk tersebut dibekali dengan RAM sebesar 3 GB dan chipset Apple A12 Bionic. Saat ini, harga Iphone XR dibanderol mulai dari Rp 3 jutaan.

  1. iPhone 11

Rekomendasi selanjutnya adalah iPhone 11. Smartphone ini dibekali dengan chipset Apple A13 Bionic (7 nm+) dan RAM sebesar 4 GB.

Teknologi yang disematkan pada smartphone tersebut pun juga cukup mumpuni, seperti layar Liquid Retina IPS LCD 6.1 inci 326pp dengan resolusi 1792 x 828 piksel, Face ID, Wi-Fi 6, Bluetooth 5.0, NFC dengan mode baca dan tulis, SIM digital atau embedded-SIM (eSIM), serta teknologi tahan air dan debu IP68.

Soal kamera, iPhone 11 dilengkapi oleh lensa beresolusi 12 MP dengan Wide Dual Pixel PDAF dan OIS. Saat ini, harga iPhone 11 Max berada di angka Rp 7 jutaan.

  1. iPhone 12 Pro

Produk iPhone 12 Pro dibekali dengan chipset A14 Bionic (5 nm) dengan variasi RAM 64, 128, dan 256 GB.

Smartphone tersebut memiliki layar Super Retina XDR dan layar 6,1 inci OLED serta kapasitas baterai sebesar 3.687 mAh.

Pada bagian kamera, iPhone 12 Pro dibekali dengan tiga kamera belakang yang tersemat dalam modul berbentuk persegi.

Modul tersebut mencakup kamera utama 12 MP, ultrawide 12vMP, dan telefoto 12 MP. Apple juga menambahkan beragam fitur kamera yang mumpuni, seperti ProRAW.

Dengan fitur tersebut, iPhone 12 Pro mampu menghasilkan gambar RAW berkualitas tinggi.

Ada juga dukungan perekaman video 4K 60 fps dan mode perekaman Dolby Vision HDR dan sensor pemindai LiDAR Scanner. Soal harga, iPhone 12 Pro saat ini dibanderol Rp 11 jutaan.

Itulah empat macam iPhone yang bisa kamu pertimbangkan untuk dibeli saat Lebaran. Sebagai informasi, selain di toko offline, kamu juga bisa membeli produk ini di platform e-commerce Tokopedia.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapat jika membeli iPhone di platform tersebut, seperti gratis ongkos kirim, ekstra cashback, dan berbagai diskon menguntungkan.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com