Advertorial

Unpar Gelar Program Beasiswa untuk Calon Mahasiswa Tahun Ajaran 2023

Kompas.com - 30/03/2023, 11:10 WIB

KOMPAS.com - Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung menyediakan enam program beasiswa kuliah untuk calon mahasiswa tahun ajaran (TA) 2023 jenjang diploma 3 (D3) dan strata 1 (S1).

Sebagai informasi, Unpar tengah membuka pendaftaran ujian saringan masuk (USM) 2 hingga 2 Mei 2023 untuk seluruh siswa sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat.

Adapun program beasiswa yang ditawarkan Unpar akan memberikan keuntungan bagi calon mahasiswa, mulai dari keringanan hingga bantuan biaya kuliah. Berikut adalah enam program beasiswa serta syarat pendaftarannya.

  1. Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah

KIP Kuliah merupakan salah satu program yang dicanangkan pada masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo untuk mahasiswa jenjang D3 dan S1 yang memiliki keterbatasan dana. Selain dibebaskan biaya kuliah, penerima KIP Kuliah akan memperoleh bantuan biaya hidup.

Berikut adalah persyaratan untuk mendapatkan beasiswa KIP Kuliah.

  1. Surat pengajuan beasiswa dan motivation letter
  2. Kartu Keluarga (KK) yang berlaku
  3. Bukti pendaftaran KIP Kuliah
  4. Surat terdaftar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos)
  5. Slip gaji atau surat keterangan penghasilan orangtua atau wali
  6. Slip gaji saudara kandung (opsional)
  7. Sertifikat prestasi nonakademis maksimal dua tahun (opsional)
  1. Beasiswa Silih Asuh

Beasiswa ini diprioritaskan bagi calon mahasiswa yang terkendala finansial dalam menjalani perkuliahan, di antaranya yatim piatu, penyandang disabilitas, serta tinggal di panti asuhan atau panti sosial. Berikut persyaratan beasiswa Silih Asuh.

  1. Surat pengajuan beasiswa dan motivation letter
  2. KK yang berlaku
  3. Slip gaji atau surat keterangan penghasilan orangtua atau wali
  4. Slip gaji saudara kandung (opsional)
  5. Sertifikat prestasi nonakademis maksimal dua tahun (opsional)
  6. Berkas yang wajib dipenuhi (pilih salah satu): KIP atau bukti KIP, surat DTKS Kemensos, surat keterangan panti asuhan atau sosial (bagi yang tinggal), dan surat keterangan tenaga medis (untuk penyandang disabilitas).
  1. Project Unpar

Beasiswa Project Unpar diberikan kepada siswa dan siswi SMA atau sederajat berprestasi yang meraih predikat juara kompetisi kokurikuler yang diselenggarakan Unpar. Beasiswa ini diberikan satu kali pada awal masuk dalam bentuk pengurangan jumlah tagihan biaya uang kuliah pokok awal (UKPA).

Adapun besaran pengurangan yang didapatkan, yaitu 70 persen untuk juara satu, 50 persen untuk juara dua, dan 30 persen untuk juara tiga.

Terkait persyaratan, calon mahasiswa perlu menyiapkan motivation letter dan alasan pengajuan beasiswa, serta sertifikat prestasi nonakademis maksimal dua tahun.

  1. Program Studi Tertentu

Beasiswa Program Studi (Prodi) Tertentu hanya diadakan pada beberapa program studi (prodi) Unpar, seperti Teknik Elektro konsentrasi Mekatronika, Fisika, serta DIII Manajemen Perusahaan. Calon mahasiswa dengan keterbatasan finansial dapat memanfaatkan program beasiswa ini.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi calon mahasiswa yang ingin mendaftar pada program beasiswa tersebut adalah motivation letter dan alasan pengajuan beasiswa, serta sertifikat prestasi nonakademis maksimal 2 tahun.

Untuk besaran beasiswa yang diberikan dalam program Beasiswa Prodi Tertentu, yakni potongan UKPA 100 persen pada semester satu, potongan uang kuliah pokok semester (UKPS) pada semester dua, dan potongan UKPS berdasarkan capaian indeks prestasi semester (IPS) pada semester tiga dan seterusnya.

  1. Sagraha

Sagraha adalah beasiswa terbuka bagi calon mahasiswa yang diberikan sekali pada awal masuk dalam bentuk potongan tagihan UKPA. Persyaratannya, yakni motivation letter dan alasan pengajuan beasiswa, KK yang masih berlaku, slip gaji orang tua atau wali, slip gaji saudara kandung (opsional), serta sertifikat prestasi nonakademis maksimal dua tahun (opsional).

  1. Prestasi nonakademis

Beasiswa nonakademis diberikan kepada siswa dan siswi berprestasi di bidang nonakademis (kokurikuler) sebagai juara I, II, dan III pada kejuaraan tingkat internasional, nasional, serta provinsi sebagai perwakilan dari sekolah bersangkutan.

Untuk mendapatkan beasiswa tersebut, persyaratan yang diperlukan adalah motivation letter dan alasan pengajuan beasiswa, sertifikat prestasi nonakademis maksimal dua tahun, dan surat keterangan dari sekolah terkait keikutsertaan sebagai perwakilan kompetisi.

Beasiswa tersebut diberikan satu kali dalam bentuk pengurangan jumlah tagihan biaya UKPA dengan besaran berbeda berdasarkan tingkat kompetisi. Untuk kompetisi tingkat provinsi, potongan yang didapatkan terdiri atas 50 persen bagi juara satu, potongan 40 persen bagi juara dua, dan potongan 30 persen bagi juara tiga.

Untuk prestasi tingkat nasional, yaitu potongan 75 persen bagi juara satu, potongan 65 persen bagi juara dua, dan potongan 55 persen bagi juara tiga.

Kemudian, bagi juara prestasi tingkat internasional, yaitu potongan 100 persen bagi juara satu, potongan 90 persen bagi juara dua, dan potongan 80 persen bagi juara tiga.

Demikianlah enam program beasiswa di Unpar bagi calon mahasiswa 2023. Informasi lengkap bisa dilihat di laman pmb.Unpar.ac.id atau kirimkan pesan ke Layanan Informasi PMB Unpar melalui e-mail admisi@Unpar.ac.id. Selain itu, bisa juga menghubungi nomor telepon (022) 2032655, chat ke hotline PMB Unpar di nomor 0815-7010-000, dan kunjungi Instagram @Unparofficial.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com