Advertorial

Bantu Kamu Jadi Irit, Ini 3 Tip Berbelanja dengan Voucer

Kompas.com - 31/03/2023, 16:14 WIB

KOMPAS.com - Selama Ramdhan hingga menjelang hari raya, harga sejumlah kebutuhan sehari-hari kerap mengalami peningkatan. Tak terkecuali, harga kebutuhan pokok.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa memanfaatkan promo belanja yang sering diberikan oleh sejumlah toko retail. Beberapa toko retail, seperti Alfamart, Indomaret, dan Superindo, juga kerap memberikan voucer yang bisa digunakan untuk berbelanja.

Sebagai informasi, pembayaran menggunakan voucer memiliki kelebihan tersendiri. Misalnya, kamu bisa mendapatkan penawaran harga khusus dan promo produk menarik jika membeli dengan voucer. 

Nah, jika kamu memiliki voucer belanja, tak ada salahnya untuk segera dipakai. Namun, perhatikan 3 tip ini jika kamu ingin lebih hemat berbelanja dengan memanfaatkan voucer di toko retail. 

  1. Perhatikan syarat dan tanggal kedaluwarsa

Hal utama yang harus kamu perhatikan sebelum menggunakan voucer belanja adalah syarat penggunaannya. Biasanya, syarat yang berlaku meliputi maksimum pembelanjaan, barang yang bisa dibelanjakan, hingga jumlah transaksi dalam sekali pembelian dengan voucer.

Selain syarat itu, kamu juga wajib memperhatikan masa berlaku voucer. Usahakan untuk menggunakannya sebelum tanggal berakhirnya voucer. Percuma jika kamu punya banyak voucer, tetapi semuanya tidak bisa dipakai karena sudah tidak berlaku.

  1. Belanjakan sesuai nominal

Salah satu keuntungan berbelanja menggunakan voucer adalah kamu bisa menekan pengeluaran. Sebab, kamu hanya bisa berbelanja sesuai dengan nominal yang ada di voucer. 

Nominal voucer biasanya dituliskan secara spesifik, seperti Rp 50.000 atau Rp 100.000. Dengan batasan itu, kamu bisa mengatur jumlah belanjaan agar tidak melebihi nominal voucer sehingga tidak boros.

Selain itu, sekalipun kamu bisa menggabungkan pembayaran voucer dengan uang tunai, usahakan hindari penambahan barang belanjaan. Hal ini agar kamu terhindar dari tindakan konsumtif. 

  1. Beli kebutuhan yang penting

Salah satu cara terbaik menggunakan voucer adalah menggunakannya untuk membeli kebutuhan yang penting. Misalnya, kamu bisa memanfaatkan voucer senilai Rp 100.000 untuk membeli kebutuhan pokok, seperti beras, gula, dan minyak goreng.

Jika kebutuhan utama sudah terpenuhi dan masih ada sisa, kamu boleh membelanjakannya untuk kebutuhan lain, seperti membeli camilan sebagai alternatif takjil saat berbuka. Namun, pastikan harga barang yang dibeli bisa ikut terbayar dengan voucer yang kamu miliki. 

Itulah tiga tip jika kamu ingin berbelanja dengan voucer di toko retail agar lebih hemat. Untuk mendapatkan voucer belanja tersebut, kamu bisa membelinya di Tokopedia. 

Selain untuk diri sendiri, kamu pun bisa memberikan voucer kepada anggota keluarga atau teman untuk membantu memenuhi kebutuhan selama Ramadhan. 

Di Tokopedia, kamu bisa membeli voucer Indomaret dan voucer Alfamart. Keduanya sama-sama menyediakan voucer senilai Rp 50.000 dan Rp 100.000. Selain itu, kamu juga bisa membeli voucer Superindo dengan nilai voucer yang sama. 

Beberapa voucer dijual dengan paket bundling, misalnya per 5 lembar atau 10 lembar voucer. Kamu juga bisa mencampur nominal voucer dengan nilai rupiah yang diinginkan. 

Sebagai contoh, jika ingin membeli voucer senilai Rp 250.000, kamu bisa memilih sendiri nominalnya. Misalnya, 5 lembar voucer senilai Rp 50.000 atau 3 lembar voucer Rp 50.000 dan 1 lembar voucer Rp 100.000.

Penting juga untuk memperhatikan tanggal kedaluwarsa voucer. Sebaiknya, pilih voucer dengan masa berlaku minimal 3 atau 5 bulan, bisa juga maksimal satu tahun. Dengan begitu, kamu bisa lebih leluasa menggunakannya sesuai kebutuhan.

Yuk, beli voucer belanja yang kamu butuhkan di Tokopedia.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com