Advertorial

Asupan Nutrisi Saat Berpuasa yang Bermanfaat untuk Kesehatan Jantung

Kompas.com - 17/04/2023, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Selain menjadi salah satu bagian dari ibadah, berpuasa juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Pasalnya, puasa dapat menjadi momen untuk detoksifikasi tubuh.

Tak hanya itu, puasa juga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Sebab, puasa dapat melatih ritme jantung secara periodik untuk mengalirkan darah dengan baik.

Dikutip dari mayoclinic.org, Sabtu (8/10/2022), beberapa penelitian mengatakan bahwa puasa dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL). Puasa juga dapat meningkatkan respons tubuh terhadap insulin yang berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Dengan kadar kolesterol dan gula darah yang lebih baik, tentunya dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Diberitakan Kompas.com, Sabtu (1/4/2023), puasa juga dapat membantu menurunkan kadar homosistein. Homosistein sendiri merupakan sejenis asam amino dalam darah.

Ketika kadar homosistein dalam darah menurun, risiko seseorang terkena penyakit jantung dan pembuluh darah juga semakin rendah.

Agar manfaat puasa bagi kesehatan jantung menjadi optimal, Anda tetap harus menjaga asupan nutrisi sesuai kebutuhan tubuh saat berpuasa, serta rajin berolahraga. Terlebih, bagi Anda yang sudah berusia di atas 40 tahun dan masih aktif beraktivitas.

Apalagi selama berpuasa, waktu makan akan jauh lebih terbatas. Oleh karena itu, pastikan Anda dapat memenuhi kebutuhan protein, serat, vitamin, mineral, dan kalsium.

Selain itu, hindari makanan yang tinggi lemak jenuh, seperti makanan yang digoreng, daging berlemak, makanan yang diasinkan, dan junk food.

Sebagai gantinya, Anda dapat memperbanyak konsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan atau biji-bijian. Makanan ini kaya akan serat dan nutrisi lainnya yang menyehatkan jantung.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan minyak zaitun sebagai bahan dasar memasak. Minyak zaitun mengandung lemak sehat yang terbuat dari ekstrak buah zaitun.

Sebagai informasi, ekstrak buah zaitun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, antara lain dapat mengontrol tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, dan menurunkan kadar kolesterol.

Ekstrak buah zaitun juga mengandung zat aktif hydroxytyrosol yang merupakan antioksidan kuat dalam menangkal radikal bebas. Bahkan, zat ini empat kali lebih kuat dari vitamin C.

Perlu diketahui, radikal bebas menjadi penyebab utama penuaan dan penyakit degeneratif, seperti kanker, penyakit jantung, penurunan sistem kekebalan tubuh, disfungsi otak, dan katarak.

Selain itu, ekstrak buah zaitun juga memiliki sejumlah manfaat, seperti mencegah terjadinya oksidasi LDL kolesterol, membantu pencegahan osteoporosis, serta memelihara kesehatan kardiovaskular dan kelancaran peredaran darah.

Untuk mendapatkan manfaat dari ekstrak buah zaitun, Anda yang berusia di atas 40 tahun juga dapat mengonsumsi Entrasol Gold. Pasalnya, nutrisi tinggi kalsium ini mengandung ekstrak buah zaitun yang juga dapat membantu pencegahan osteoporosis.

Entrasol Gold juga tinggi kalsium dan vitamin D sehingga dapat membantu pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang. Dengan kandungan tinggi serat, produk ini pun mampu membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Tak hanya itu, Entrasol Gold juga lebih rendah laktosa dan lemak, serta tanpa penambahan gula. Hadir dalam tiga varian rasa, yaitu Vanila, Chocolate, dan Original, nutrisi tinggi kalsium ini aman dikonsumsi setiap hari.

Dengan berbagai kandungan tersebut, Entrasol Gold dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh selama berpuasa. Untuk informasi lebih lengkap mengenai Entrasol Gold, silakan klik tautan berikut ini.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com