Advertorial

Pilah-pilih Kandungan Susu Soya yang Cocok untuk Tumbuh Kembang Anak

Kompas.com - 18/04/2023, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Susu sapi sudah umum digunakan orangtua untuk memenuhi kebutuhan gizi anak sejak dulu. Namun tidak semua anak bisa mengonsumsinya karena mengalami alergi susu sapi

Studi di beberapa negara menunjukkan bahwa prevalensi alergi protein susu sapi pada anak-anak di tahun pertama kehidupan sekitar 2 sampai 7,5 persen. 

Adapun anak yang alergi susu sapi dapat mengalami berbagai gejala, seperti bentol, ruam merah, masalah pencernaan, serta gangguan pernafasan, saat mengonsumsi susu sapi.

Meski demikian, orangtua tidak perlu bingung jika anak mengalami alergi susu sapi. Pasalnya, susu sapi dapat digantikan dengan susu formula berbasis soya. Sama dengan nutrisi di dalam susu sapi, susu soya juga sudah diformulasikan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan gizi anak selama masa pertumbuhan.

Meski demikian, tak mudah memilih susu formula berbasis soya yang tepat untuk anak. Sebab, orangtua perlu memastikan seluruh kandungan yang ada di dalam susu formula berbasis soya mampu memenuhi gizi penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak.

Cara untuk memastikannya adalah dengan menyelisik kandungan gizi pada susu formula pilihan. 

Supaya tidak bingung, berikut kandungan susu formula berbasis soya yang perlu jadi pertimbangan orangtua dalam memilih tambahan nutrisi untuk buah hati tercinta.

  1. Mengandung asam amino dan asam lemak esensial 

Tip pertama adalah pilih susu soya yang mengandung asam amino dan asam lemak esensial untuk perkembangan otak anak

Sebagai informasi, asam amino esensial merupakan komponen penting yang dibutuhkan untuk masa pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Jenis kandungan gizi satu ini hanya bisa didapatkan dari makanan. 

Sementara itu, asam lemak esensial merupakan bahan baku pembentuk selaput pembungkus sel saraf otak yang berfungsi mempercepat kerja otak. Dengan pembentukan selubung myelin yang baik, anak dapat memiliki daya tangkap yang lebih cepat.

Perlu diketahui, soya berasal dari protein isolat. Protein ini merupakan jenis protein yang diformulasikan secara khusus pada susu formula berbasis soya agar nutrisi yang terkandung tidak kalah dengan protein yang berasal dari susu sapi.

Dengan demikian, orangtua tidak perlu khawatir untuk mengganti susu sapi dengan susu soya karena kebaikan pada susu sapi juga terdapat pada susu soya.

  1. Kaya probiotik dan prebiotik untuk kesehatan pencernaan

Selain menunjang perkembangan otak anak, susu formula soya juga harus mengandung probiotik untuk menjaga kesehatan pencernaan buah hati.

Orangtua bisa mempertimbangkan susu formula soya yang mengandung probiotik Triple Bifidus. Pasalnya, jenis probiotik ini merupakan bakteri baik yang banyak ditemukan dalam pencernaan anak sehingga lebih mudah diterima oleh usus Si Kecil.

Probiotik Triple Bifidus terdiri dari tiga jenis bakteri, yaitu bifidobacterium breve BB536, bifidobacterium longum M-16V dan bifidobacterium infantis M-63. Ketiganya mampu mengurangi gejala alergi susu sapi, baik pada pernafasan, kulit, maupun pencernaan.

Selain probiotik Triple Bifidus, susu formula anak juga harus memiliki kandungan prebiotik Frukto Oligosakarida (FOS). Prebiotik sendiri merupakan jenis makanan, biasanya tinggi serat, yang berfungsi sebagai asupan untuk bakteri baik dalam tubuh manusia agar jumlahnya tetap terjaga. Prebiotik FOS dapat membantu mengaktifkan probiotik dalam tubuh. Dengan demikian, penyerapan nutrisi pada pencernaan anak dapat lebih optimal.

  1. Mengandung zat besi

Zat besi menjadi salah satu nutrisi penting yang harus dipenuhi orangtua kepada buah hatinya. Pasalnya, zat besi mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jadi, anak yang kebutuhan zat besinya terpenuhi akan lebih kebal terhadap infeksi.

Tak hanya itu, zat besi juga memiliki peranan penting dalam penyebaran oksigen ke seluruh tubuh. Jika distribusi oksigen ke seluruh tubuh lancar, anak dapat memiliki energi tubuh, kemampuan berkonsentrasi, fungsi otak, serta kemampuan motorik yang lebih baik.

Itulah tiga kandungan yang dapat dijadikan pertimbangan utama dalam memilih susu formula soya untuk memenuhi kebutuhan gizi anak. Semua kebaikan gizi tersebut terdapat pada Morinaga Soya. Susu formula ini dapat digunakan orangtua bila buah hati alergi susu sapi.

Morinaga Soya MoriCare+ Triple Bifidus menjadi satu-satunya formula soya dengan kandungan sinergi probiotik triple bifidus dan serat pangan FOS. Kedua kandungan gizi ini telah teruji secara klinis dapat meningkatkan kesehatan imun serta mengurangi gejala alergi pada anak yang tidak cocok dengan susu sapi.

Susu soya itu hadir dengan nutrisi yang disempurnakan, seperti lebih tinggi protein dan DHA (20 mg/saji), 15 vitamin dan 9 mineral, serta bebas laktosa, sehingga bisa dikonsumsi anak alergi.

Kandungan protein dalam Morinaga Soya MoriCare+ Triple Bifidus pun telah ditingkatkan sebanyak 20 persen dan sesuai dengan kebutuhan harian anak. Selain itu, susu ini mengandung asam amino yang lebih lengkap, seperti sembilan asam amino esensial + sistein, taurin, dan tirosin. Dengan demikian, susu ini dapat membantu meningkatkan daya ingat Si Kecil.

Terlebih, susu soya untuk anak itu hadir dengan kemasan dan harga baru yang lebih terjangkau. Jadi, ibu tidak perlu khawatir bila anak alergi susu sapi. Morinaga Soya MoriCare+ Triple Bifidus akan bantu bunda lengkapi kebutuhan nutrisi si kecil agar ia dapat terus tumbuh dengan optimal dan jadi juara.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com