Advertorial

Liburan ke Semarang, Ajak Keluarga Makan di 5 Tempat Ini

Kompas.com - 19/04/2023, 10:02 WIB

KOMPAS.com – Jelang Hari Raya Idul Fitri, banyak masyarakat Indonesia yang melakukan mudik atau pulang ke kampung halaman. Selama mudik, ada juga yang memanfaatkan momen long weekend untuk berlibur dan mengunjungi tempat menarik, salah satunya adalah Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Selain bertemu dengan keluarga dan sanak saudara, momen mudik lebaran juga menjadi waktu yang tepat untuk mengajak keluarga menikmati hidangan khas Semarang. Apalagi, berburu kuliner di waktu Lebaran akan membuat momen makin spesial.

Sebagai informasi, selain mencari tempat makan yang tepat, Anda juga perlu memikirkan akomodasi atau tempat istirahat selama Anda berada di Kota Semarang. Salah satu yang bisa dipilih adalah Padma Hotel Semarang yang terletak di Jalan Sultan Agung, Wonotingal, Candisari. 

Hotel bintang 5 itu direkomendasikan jika Anda mencari tempat istirahat yang nyaman dan berkelas.

Setelah memilih hotel, Anda dapat segera mengunjungi tempat kuliner yang lezat. Berikut 5 rekomendasi tempat makan di Semarang yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga.

  1. Soto Ayam Khas Semarang Pak Man

Rekomendasi tempat kuliner yang pertama adalah tempat makan Soto Ayam Khas Semarang Pak Man. Sesuai namanya, Anda bisa menikmati soto ayam bening dengan kuah hangat dan cita rasa yang gurih. Perpaduan ini membuat Soto Ayam Khas Semarang Pak Man banyak disukai. 

Soto Ayam Pak Man disajikan dalam mangkuk yang berukuran cukup mungil. Meski begitu, Anda bisa menambahkan menu lain, mulai dari berbagai jenis sate, tempe goreng, perkedel, hingga tahu bakso ayam dan sapi. 

Selain menjadi tempat favorit bagi keluarga, tempat ini juga sering menjadi langganan para pejabat yang berkunjung ke Kota Semarang.

Berlokasi Jalan Veteran Nomor 26, Randusari, Kota Semarang, Soto Ayam Pak Man buka dari jam 7 pagi hingga jam 6 sore. Namun, kemungkinan ada perubahan jam buka saat Idul Fitri.

  1. Bakmi Jowo Pak Gareng

Masih dari jenis makanan berkuah, Anda bisa datang ke Bakmi Jowo Pak Gareng untuk menikmati mie yang terkenal di Semarang. Tempatnya terletak di Jalan Wotgandul Dalam Nomor 171, Gabahan, Kota Semarang. 

Bakmi Jowo Pak Gareng menyediakan menu bakmi dan bihun, baik yang digoreng atau direbus, nasi goreng, nasi ruwet, dan sate. Selain itu, citarasa mi yang gurih dan manis juga menjadi keunggulan rumah makan ini. 

Tempat itu cocok jika Anda ingin menyantap makanan berat. Area makannya pun bersih sehingga Anda bisa menikmati hidangan secara nyaman.

Bakmi Jowo Pak Gareng buka dari pukul 11 siang hingga 11 malam, tetapi ada kemungkinan perubahan jam buka saat Idul Fitri.

  1. Nasi Gandul Pak Memet

Salah satu jenis makanan yang populer di Semarang adalah nasi dengan kuah gurih, yaitu nasi gandul atau sego gandul. Nasi gandul merupakan jenis kuliner yang disajikan dengan alas dari daun pisang. 

Untuk menyantapnya, Anda bisa memilih menggunakan sendok atau menggunakan suru, yaitu daun pisang yang dipotong memanjang sebagai pengganti sendok yang dapat Anda gunakan untuk menyuap.

Salah satu tempat terbaik untuk menikmati nasi gandul adalah Nasi Gandul Pak Memet. Tempat makan ini terletak di Jalan Dokter Cipto Nomor 12A, Bugangan, Kota Semarang. 

Anda dapat memesan menu nasi kuah dengan berbagai pilihan lauk, mulai dari daging sapi, kikil, paru, limpa, telur, hingga gorengan. 

Dengan harga yang terjangkau, Nasi Gandul Pak Memet dapat menjadi pilihan kuliner malam yang murah dan mengenyangkan.

  1. Rodjo Resto

Jika Anda ingin mencari restoran modern dengan menu yang bervariasi, restoran Rodjo Resto dapat dipertimbangkan. Terletak di Jalan Siliwangi Nomor 560, Kembangarum, Kota Semarang, restoran ini cocok untuk Anda yang ingin membawa keluarga Anda menikmati hidangan yang lezat di tempat yang nyaman.

Anda bisa menikmati berbagai hidangan, mulai dari olahan seafood, berbagai menu ayam, berbagai menu nasi, hingga menu tradisional seperti nasi langgi atau nasi empal krispi. 

Selain itu, Rodjo Resto juga menyediakan menu western, seperti chicken steak, chicken cordon bleu, dan spaghetti bolognese.

  1. Nasi Pecel Mbok Sador Simpang Lima

Anda bisa menikmati hidangan nasi pecel yang berada di dekat Lapangan Pancasila Simpang Lima, yaitu di Nasi Pecel Mbok Sador Simpang Lima. Terletak di Jalan Pahlawan Nomor 1, Mugassari, Kota Semarang, tempat ini selalu ramai oleh pengunjung. 

Anda bisa memesan nasi pecel seharga Rp 9.000 dengan berbagai tambahan lauk, seperti sate usus, telur mata sapi, dan babat. Anda juga bisa membeli menu pecel sayur yang dikombinasikan dengan berbagai pilihan lauk.

Nasi Pecel Mbok Sador Simpang Lima bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi dengan area parkir yang mudah diakses. 

Nah, itu dia 5 tempat makan yang bisa Anda sambangi saat mudik ke Semarang. Setelah perut kenyang, jangan lupa beristirahat di tempat yang nyaman dengan memesan hotel di Semarang

Yuk, rayakan momen Ramadhan dan Lebaran bersama keluarga dan kerabat dengan Traveloka! Wujudkan kebahagiaan Ramadhan dengan kupon diskon untuk hotel, vila, dan resor sampai dengan Rp 1.000.000 yang mulai Senin (20/3/2023) hingga Senin (1/5/2023). 

Pesan akomodasi sekarang di Traveloka untuk silaturahmi dan meriahkan momen Lebaran dengan #RAYAkanYourWay.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com