Advertorial

Antisipasi Kemacetan Mudik Lebaran, Pemkab Kediri Siapkan ATCS di Beberapa Titik

Kompas.com - 20/04/2023, 10:44 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri menyiapkan area traffic control system (ATCS) untuk rekayasa lalu lintas saat mudik Lebaran serta arus balik. Sistem yang menyelaraskan waktu lampu merah ini telah disiapkan di beberapa titik rawan kemacetan.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana yang akrab disapa Mas Dhito melalui Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri Joko Suwono menyebutkan bahwa sudah ada tujuh simpang jalan yang diberi ATCS.

“ATCS (disiapkan) untuk mengurai lalu lintas di beberapa simpang yang ada traffic light,” kata Joko dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (20/4/2023).

Tujuh simpang yang dimaksud adalah Simpang Empat Branggahan, Simpang Empat Papar, Simpang Empat Bogo Plemahan, Simpang Tiga Kunjang, Simpang Tiga Tepus, Simpang Tiga Katang, serta Simpang Empat Paron.

Dijelaskan oleh Joko, pengalihan arus di Simpang Empat Papar dilakukan untuk mengurangi penumpukan kendaraan di Simpang Mengkreng.

Skema yang disiapkan pihaknya, yakni dari arah Kediri menuju Jombang atau Surabaya di Simpang Empat Papar dialihkan ke arah timur lewat Kunjang-Pare. Sementara, tujuan Madiun dan Nganjuk dialihkan ke arah barat, langsung ke Nganjuk.

Pemkab Kediri, lanjut Joko, telah menyiapkan 80 personel untuk bergabung bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polisi RI (Polri) dalam Operasi Ketupat.

Selain itu, personel juga ditempatkan di berbagai pos pengamanan mulai, Selasa (18/4/2023) hingga Senin (1/5/2023). Tak hanya itu, Pemkab Kediri juga telah menyiapkan pos jaga di Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kediri.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com