Advertorial

Rayakan Momen Kelulusan, ITB Gelar Wisuda April 2023 dengan Rangkaian Acara Seru

Kompas.com - 26/04/2023, 16:30 WIB

KOMPAS.com – Institut Teknologi Bandung (ITB) kembali menggelar wisuda secara luring bertajuk Wisuda April 2023. Acara ini diselenggarakan untuk merayakan momen penerimaan gelar sarjana dan ijazah bagi para mahasiswa yang telah dinyatakan lulus pada tahun kelulusan 2023. 

Sebagai informasi, perayaan wisuda tersebut diselenggarakan dalam sejumlah rangkaian acara seru sebagai bentuk selebrasi untuk para mahasiswa yang telah melewati kurang lebih empat tahun masa studi di “Kampus Cap Gajah” itu.

"Wisuda April 2023 merupakan momen paling ditunggu-tunggu oleh seluruh mahasiswa. Setelah masa studi yang panjang dan keras, para mahasiswa dapat merayakan momen bersejarah ini dengan penuh sukacita," ujar salah satu panitia TA Fair Jihan Carmila dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Rabu (19/4/2023). 

Rangkaian pertama Wisuda April 2023 dimulai dengan Tugas Akhir (TA) Fair pada Jumat (31/3/2023). Acara ini dikemas dalam bentuk showcase yang memamerkan tugas akhir para wisudawan. Acara yang juga digelar untuk umum ini digelar di ITB Kampus Ganesha dan ITB Kampus Jatinangor.

"TA Fair yang diadakan dalam Wisuda Fair 2023 dimeriahkan dengan diberikannya apresiasi dari massa kampus dan sesama wisudawan. TA layaknya final piece of their puzzle," ujar Jihan. 

Setelah TA Fair, Wisuda April 2023 juga mengadakan ITB Career Center yang diadakan oleh Ikatan Alumni ITB (IA-ITB) di Ruang Seminar Gedung Seni Rupa ITB Kampus Ganesha. Pada kesempatan ini, mahasiswa menerima strategi jitu dalam menentukan masa depan setelah lulus. 

"ITB Career Center berhasil menarik pada wisudawan untuk mengikuti acara ini agar dapat mendapatkan insight langsung dari para IA-ITB. Mereka dapat menerima gambaran tentang bagaimana menempuh jenjang karier yang lebih tinggi," imbuh Jihan. 

Selain oleh para alumni, Wisuda April 2023 turut dimeriahkan oleh mahasiswa baru ITB atau TPB melalui pameran majalah dinding (mading). Di dalam mading, terdapat kata-kata motivasi dan kenangan pada wisudawan selama berkuliah di ITB. 

Mading. Dok. ITB Mading.

"Mading TPB mendapatkan respons dan feedback yang baik dari para wisudawan. Beberapa dari mereka bahkan mengunggah mading ke media sosial," tutur Jihan. 

Selanjutnya, Wisuda April 2023 juga menggelar Wisnight, sebuah acara pre-event yang dikemas dengan hiburan pada Sabtu (1/4/2023). Acara ini menampilkan penampilan band dari TPB, himpunan mahasiswa jurusan (HMJ), unit kesenian, dan Aruna sebagai guest star

"Wisnight juga semakin dimeriahkan dengan agenda Laskar Pemoeda yang diisi oleh orasi-orasi para ketua HMJ di Sunken Court, ITB Kampus Ganesha. Orasi ini bertema kilas balik perjuangan saat masa perkuliahan di ITB hingga (mahasiswa) dinyatakan lulus dan meninggalkan ITB," tambah Jihan.

Wisnight. Dok. ITB Wisnight.

Bersamaan dengan penampilan para band, Wisnight juga mengajak para mahasiswa yang datang untuk melakukan kampanye zero waste. Bekerja sama dengan Bank Sampah Bersinar, setiap mahasiswa yang mengumpulkan sampah mendapatkan voucer senilai Rp 10.000 yang dapat digunakan di stan makanan. 

"Wisnight memiliki konsep yang unik dengan adanya kampanye zero waste. Kegiatan ini dapat meminimalisasi sampah yang dibuang sembarangan selama Wisuda April 2023 berlangsung," jelas Jihan.

Usai Wisnight, Parade Wisuda April 2023 hadir sebagai acara puncak. Acara ini melibatkan para wisudawan untuk mengelilingi area kampus yang akan dipimpin oleh Rektor ITB beserta jajarannya. 

Selama parade, mahasiswa yang masih mengenakan toga akan berjalan beringan sambil membawa plakat wisuda. Kegiatan ini menjadi momen yang penting bagi wisudawan untuk merayakan prestasi dan kesuksesan karena telah menyelesaikan studi di ITB. 

Wisuda April 2023. Dok. ITB Wisuda April 2023.

"Setelah sekian lama, Parade Wisuda akhirnya diperbolehkan untuk kembali diadakan secara luring. Parade merupakan agenda turun temurun yang dilakukan setiap HMJ setiap pelaksanaan wisuda berlangsung. Bahkan, meskipun diadakan saat puasa, para wisudawan melakukannya dengan penuh semangat," kata salah satu panitia Wisuda April 2023, Khaznaya Shafaa. 

Seperti diketahui, prosesi wisuda kelulusan strata 1 (S1) merupakan momen yang sakral yang memiliki nilai historis yang tinggi dan hanya dilakukan sekali seumur hidup. Dengan alasan itu, tak heran jika Parade Wisuda April menjadi agenda yang paling ditunggu oleh para wisudawan. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com