Advertorial

Keju Cocok Jadi Camilan Moodbooster, Ini Alasannya

Kompas.com - 29/04/2023, 09:00 WIB

KOMPAS.com – Suasana hati atau mood merupakan salah satu hal penting yang harus dijaga. Dengan mood yang baik, seseorang bisa memiliki keadaan emosional yang prima dan berdampak pada produktivitas keseharian. 

Sayangnya, mood tak selamanya baik. Kondisi emosional dan fisik bisa memengaruhi mood seseorang. Contohnya, kondisi fisik kelelahan, stres, tertekan, dan perubahan hormon dapat menurunkan mood. Jika dibiarkan, bad mood bisa berujung pada penurunan kesehatan, baik fisik maupun mental, hingga produktivitas.

Untuk kembali menaikkan mood, Anda bisa melakukan sejumlah cara. Misalnya, meditasi, bergerak atau berolahraga, jalan-jalan, dan melakukan hobi.

Tak sedikit juga yang memilih mengatasi bad mood dengan mengonsumsi makanan favorit sebagai moodbooster.

Adapun salah satu moodbooster yang diminati adalah makanan berbahan dasar keju dan turunannya.

Bukan tanpa alasan keju jadi moodbooster favorit. Sebagai makanan kaya probiotik, kandungan keju, seperti asam amino, vitamin B12, dan protein, merupakan protein yang efektif untuk meningkatkan mood seseorang.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai kandungan keju, mari pahami terlebih dahulu cara kerja sejumlah hormon dan sistem saraf pemberi rasa bahagia dalam tubuh yang produksinya bisa dipicu dari mengonsumsi makanan.

Manusia memiliki sejumlah hormon yang berpengaruh penting terhadap mood. Pertama, dopamin. Hormon yang dikenal sebagai happy hormone ini merupakan senyawa kimia neurotransmitter yang bisa memberikan sensasi menyenangkan dan menambah semangat saat dilepaskan.

Sensasi menyenangkan yang dilepaskan oleh hormon dopamin bisa mengatur tubuh untuk berkonsentrasi dan mengontrol emosi. Jadi, dengan hormon dopamin yang cukup, produktivitas bisa tercapai.

Hormon lain yang bisa memengaruhi suasana hati adalah serotonin. Serotonin merupakan senyawa kimia neurotransmitter yang dapat mengendalikan emosi dan suasana hati. Berbeda dengan dopamin yang bisa meningkatkan produktivitas, serotonin dapat membantu mengatur suasana hati.

Apabila hormon serotonin tercukupi, Anda bisa mendapatkan mood yang baik dan stabil. Hal ini bahkan bisa membuat Anda mengatur pola hidup yang sehat dan memiliki memori yang kuat.

Lalu, ada hormon noradrenalin. Noradrenalin sendiri merupakan sistem saraf simpatik yang bisa meredakan ketegangan saat seseorang sedang merasa stres. Apabila dilepaskan, sistem ini bisa membuat seseorang merasa rileks dan bersemangat untuk mengatasi masalah yang sedang dihadapi.

Produksi dan pelepasan hormon tersebut bisa dipicu oleh sejumlah kandungan dalam asupan makanan. Pada keju sendiri, terdapat asam amino triptofan yang berperan penting untuk membentuk serotonin.

Protein yang terkandung pada keju juga bisa menjadi moodbooster. Sebab, protein dapat meningkatkan produksi dopamin dan noradrenalin.

Terdapat pula vitamin B12 yang termasuk ke dalam vitamin B kompleks. Seperti diketahui, vitamin B kompleks dapat mempertahankan energi baik di dalam tubuh. Jadi, kandungan vitamin B12 pada keju bisa membantu tubuh untuk menangkis stres dan cemas berlebih.

Perlu diingat, hormon pada tubuh harus berada dalam kondisi yang cukup. Oleh karena itu, walaupun ingin mengusir bad mood, Anda tetap harus mengonsumsi keju dalam jumlah wajar.

Agar lebih mudah mengontrol asupan keju dalam jumlah yang cukup, Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk camilan. Sebab, kandungan pada camilan keju sudah diatur sedemikian rupa. Apabila dikonsumsi sesuai takaran, bad mood bisa terusir, kesehatan pun bisa terjaga.

Salah satu camilan keju yang bisa jadi pilihan untuk menaikkan mood adalah Fitbar Cheese Delight. Pasalnya, camilan ini mengandung keju cheddar khas Australia yang dikenal salah satu keju paling sehat di dunia.

Selain menjadi moodbooster, keju cheddar pada Fitbar Cheese Delight juga mengandung kalsium yang krusial untuk kesehatan tulang. 

Melengkapi khasiat keju cheddar, camilan multigrain tersebut juga dilengkapi dengan oat khas Australia dan corn flakes yang kaya serat. Jadi, camilan tersebut bisa membantu memenuhi kebutuhan serat harian tubuh.

Tak hanya itu, kemasannya yang praktis dan bisa dibawa ke mana saja bisa jadi penyelamat pertama ketika Anda mengalami bad mood. Yuk, perbaiki suasana hati Anda dengan mengonsumsi keju bersama Fitbar Cheese Delight. 

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com