Advertorial

Lari Bisa Jadi Olahraga Tepat agar Otot, Tulang, dan Jantung Jadi Sehat

Kompas.com - 03/05/2023, 16:00 WIB

KOMPAS.com – Menjaga kesehatan otot, tulang, dan jantung pada usia produktif wajib dilakukan. Sebab, fungsi ketiganya dapat menurun seiring bertambahnya usia. Untuk itu, salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan rutin melakukan kardio. 

Olahraga kardio merupakan olahraga yang fokus meningkatkan detak jantung dan melancarkan peredaran darah. Banyak jenis kardio yang bisa Anda lakukan, seperti menari atau naik-turun tangga. 

Namun, salah satu kardio yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kekuatan otot, tulang, dan jantung adalah berlari. Olahraga ini baik untuk kesehatan otot. Saat berlari, kekuatan otot akan bertambah, khususnya otot paha belakang, paha depan, dan betis. 

Dengan berlari, fungsi dan kekuatan otot akan meningkat serta semakin fleksibel. Hal ini dikarenakan otot akan bekerja atau mengalami kontraksi eksentrik yang akan menjadi stimulus utama untuk pertumbuhan otot. Dengan lari, massa dan kekuatan otot akan terjaga dan mencegah cedera kaki di kemudian hari. 

Adapun berlari juga dapat menjaga kesehatan tulang Anda. Tulang yang menerima tekanan dari tumpuan ketika berlari akan merangsang pertumbuhan sel-sel untuk menjaga kepadatan tulang. 

Selain itu, berlari juga menurunkan risiko osteoporosis saat bertambahnya usia. Salah satu sebabnya adalah karena berlari dapat membuat fungsi tulang lebih kuat sehingga dapat mencegah penurunan fungsi tulang sebagai penopang seluruh anggota tubuh. 

Berlari juga baik untuk meningkatkan kinerja jantung. Hal ini karena ketika berlari, tubuh memompa lebih banyak oksigen. Bersamaan dengan itu, fungsi jantung juga akan lebih efisien untuk mengalirkan darah. 

Dikutip dari Bronsonhealth.com, berlari dapat membantu 45 persen dari risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular dan mampu meningkatkan kesehatan jantung. Semakin sering Anda berlari, otot dinding jantung semakin kuat. 

Saat berlari, jantung akan terbiasa untuk memompa darah dalam jumlah besar setiap detik. Jika jantung dapat bekerja dengan baik karena berlari, ketika tubuh beristirahat pun kinerjanya akan tetap optimal. Dampaknya, denyut nadi akan lebih stabil dan asupan oksigen lebih banyak masuk ke tubuh.

Rutin berlari juga akan membuat tekanan darah semakin terkendali, aliran darah lancar, dan menurunkan risiko kolesterol dalam tubuh. 

Selain itu, kerja jantung yang efisien juga dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah di arteri pembuluh darah. Jika terjadi, hal ini dapat menyebabkan gangguan mulai dari dada terasa sakit, napas berat, hingga serangan jantung.

Membiasakan diri untuk berlari juga membantu Anda mengurangi stres, membangun kekuatan otot, dan menunjang kepadatan tulang. Dengan banyaknya manfaat jogging, tidak ada salahnya Anda rutin melakukan jenis olahraga ini. 

Anda bisa berlari secara rutin selama 30 menit setiap dua atau tiga kali dalam seminggu. Bagi pemula, lakukan berlari dengan intensitas rendah dan jarak yang tidak terlalu jauh atau maksimal 5 kilometer (km). Jika sudah terbiasa, Anda bisa menambahkan intensitas berlari hingga 70 atau 80 persen dari maksimal detak jantung. 

Selain berlari, Anda bisa mencoba cara lain untuk meningkatkan kesehatan jantung, yaitu dengan mengkonsumsi susu yang memiliki nutrisi penting dalam proses pertambahan usia, seperti protein, serat, kalsium, antioksidan, serta omega 3 dan 6. Seluruh kandungan ini ada pada Entrasol Platinum. 

Protein dalam Entrasol Platinum mampu memperbaiki sel-sel dan jaringan yang rusak dan meningkatkan massa otot. Kandungan ini juga membantu meningkatkan fungsi imunitas tubuh dan mempercepat masa pemulihan. 

Selain kaya protein, Entrasol Platinum mengandung kasein yang dapat membantu menjaga massa otot. Sebagai informasi, massa otot secara signifikan dapat menurun dan tergantikan oleh lemak atau disebut sarcopenia, khususnya pada usia 45 tahun ke atas,

Jika terjadi, Anda dapat mengalami penurunan kekuatan tubuh. Untuk itu, kandungan kasein pada Entrasol Platinum dapat membantu menurunkan risikonya. 

Entrasol Platinum turut diperkaya ekstrak buah zaitun yang memiliki kandungan zat aktif hydroxytyrosol. Kandungan ini berfungsi sebagai antioksidan yang efektif menangkal radikal bebas empat kali lebih kuat dibandingkan vitamin C.

Ekstrak buah zaitun pada Entrasol Platinum juga dapat membantu mencegah terjadinya oksidasi low-density lipoprotein (LDL) kolesterol, memperlambat penuaan dini, dan membantu menjaga kesehatan jantung serta memperlancar peredaran darah. 

Selain itu, Entrasol Platinum juga tinggi kalsium sehingga bisa menjaga kekuatan tulang. Terlebih pada usia 45 tahun ke atas, masalah menurunnya massa tulang dapat menyebabkan kerusakan mikro-arsitektural atau disebut osteoporosis. 

Itulah alasan Anda harus mulai rutin berlari dan minum Entrasol Platinum setiap hari. Susu ini juga rendah laktosa sehingga nyaman di perut.

Untuk mendukung kesehatan jantung, Entrasol mengadakan event lari pertama khusus Master (40+). Daftarkan diri Anda melalui tautan berikut

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com