Advertorial

Kembalikan Kejayaan Sutra, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Tanam 1 Juta Bibit Murbei di Wajo

Kompas.com - 05/05/2023, 15:41 WIB

KOMPAS.com - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman menanam 1 juta bibit murbei di Desa Ujung, Kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo, Kamis (4/5/2023).

Aksi tanam bibit murbei tersebut merupakan implementasi program Sejuta Murbei dengan dukungan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sulsel Tahun Anggaran 2023.

Adapun program Sejuta Murbei mencakup rumah ulat dan sumur bor. Nilai bantuan untuk program tersebut mencapai Rp 3,4 miliar.

Penanaman perdana murbei dilakukan Gubernur Andi Sudirman bersama Bupati Wajo Amran Mahmud dan Wakil Bupati Wajo Amran, serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Andi Sudirman mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo telah melakukan penanaman bibit murbei sebanyak 1 juta pohon pada 2020 dan 500.000 pohon pada 2022.

"Satu juta lebih untuk tahun ini. Kalau ditotal secara keseluruhan dengan tahun sebelumnya, bibit murbei yang sudah ditanam mencapai 2,5 juta pohon,” ujar Andi Sudirman dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (5/5/2023).

-Dok. Humas Pemprov Sumsel -

Ia menjelaskan, sinergi tersebut bertujuan untuk mengembalikan kejayaan sutra Sulsel lewat sejumlah aksi nyata. Salah satunya adalah menyiapkan bibit untuk ditanam dan dibudidayakan.

Terkait bibit, Pemprov Sulsel dan Pemkab Wajo menargetkan 4 juta pohon murbei bakal ditanam sebagai pakan ulat sutra. Selain bibit, Pemprov Sulsel dan Pemkab Wajo juga akan menyediakan ulat, lahan, serta mengoptimalkan kebutuhan mesin dan alat pendukung lain.

"Kami ingin mengembalikan kejayaan sutra Sulsel. Tidak bisa kalau cuma disebut-sebut saja, harus ditanam dan dibudidayakan kembali supaya pakan ulat sutra tersedia. Dengan begitu, produksi sutra kembali menggeliat. Pabriknya pun sudah kami siapkan," terang Andi Sudirman.

Pada kesempatan tersebut, Amran Mahmud mengapresiasi upaya dan dukungan Gubernur Sulsel kepada Pemkab Wajo dalam pengembangan serta mengembalikan kejayaan komoditas sutra di Kabupaten Wajo.

Ia berharap, bantuan keuangan tersebut dapat dikelola serta dikembangkan secara optimal oleh petani. Dengan begitu, harapan Pemprov dan Pemkab untuk mengembalikan kejayaan sutra dapat terwujud.

"Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Wajo, kami berterima kasih atas dukungan Gubernur Andi Sudirman dalam upaya mengembalikan kejayaan sutra," kata Amran Mahmud.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com