Advertorial

7 Keuntungan Menggunakan WhatsApp Business untuk Strategi Pemasaran Bisnis

Kompas.com - 22/05/2023, 16:44 WIB

KOMPAS.com – Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif saat ini, penggunaan alat komunikasi yang efektif dan strategi pemasaran yang cerdas adalah kunci kesuksesan.

Adapun salah satu aplikasi yang populer dan memberikan keuntungan nyata bagi bisnis adalah WhatsApp Business. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengoptimalkan interaksi dengan pelanggan termasuk mengabarkan tentang promo gratis ongkir.

Sebagai informasi, WhatsApp Business adalah versi khusus dari aplikasi WhatsApp yang dirancang untuk pemilik bisnis. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur untuk membantu pemilik bisnis membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan dan meningkatkan efisiensi operasional.

WhatsApp Business sendiri memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan pelanggan secara langsung melalui pesan instan. Aplikasi ini juga memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk menghubungi Anda dan mendapatkan informasi tentang produk atau layanan yang ditawarkan.

Selain itu, WhatsApp Business juga memiliki tujuh fitur unggulan yang membedakannya dari WhatsApp reguler. Berikut adalah ulasannya.

  1. Berkomunikasi langsung dengan pelanggan

WhatsApp Business memungkinkan Anda untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan melalui pesan instan. Ini tentunya akan memudahkan pelanggan menghubungi Anda, mengajukan pertanyaan, atau meminta informasi tentang produk atau layanan.

Komunikasi langsung seperti itu memungkinkan respons yang cepat dan memperkuat hubungan antara Anda dan pelanggan.

  1. Profil bisnis yang bisa dikustomisasi

WhatsApp Business memungkinkan Anda untuk membuat profil bisnis yang lengkap dengan berbagai informasi penting, seperti alamat, jam kerja, deskripsi bisnis, dan alamat email. Hal ini dapat membantu pelanggan mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan mudah dan memberikan kesan profesional kepada bisnis.

  1. Pesan salam dan tanggapan otomatis

Ada banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan pada WhatsApp Business. Contohnya, fitur pesan salam yang dapat dikostumisasi untuk menyambut pelanggan yang baru menghubungi Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengatur tanggapan otomatis untuk pertanyaan umum atau permintaan informasi yang sering diajukan.

  1. Statistik pengiriman pesan

WhatsApp Business menyediakan statistik pengiriman pesan yang akan memberikan wawasan tentang keterlibatan pelanggan, jumlah pesan yang terkirim, dan keberhasilan kampanye pemasaran kepada pelaku bisnis. Dengan informasi ini, Anda dapat melacak efektivitas strategi komunikasi yang dijalankan dan melakukan penyesuaian jika diperlukan.

  1. Meningkatkan kepercayaan pelanggan

Komunikasi secara langsung, respons cepat, dan kemampuan memberikan informasi yang diperlukan dengan mudah dapat meningkatkan kepuasan serta kepercayaan pelanggan.

Dengan menggunakan WhatsApp Business, Anda dapat melakukan semua hal tersebut sehingga dapat memperkuat hubungan bisnis dan kepercayaan pelanggan.

  1. Promosi dan pemasaran

WhatsApp Business dapat Anda gunakan sebagai alat pemasaran yang efektif. Anda dapat mengirim pesan promosi, penawaran khusus, atau konten yang relevan kepada pelanggan melalui fitur grup atau daftar distribusi. Hal ini dapat membuka peluang untuk meningkatkan kesadaran merek, mempromosikan produk atau layanan baru, dan mendorong penjualan.

  1. Penggunaan fleksibel pada dua perangkat

Sebagai keuntungan tambahan, satu akun WhatsApp Business dapat digunakan pada dua perangkat berbeda atau lebih. Hal ini memungkinkan kolaborasi yang lebih baik antar-anggota tim dan memastikan tanggapan yang cepat terhadap pelanggan.

Dengan menggunakan dua perangkat, Anda juga dapat mengoptimalkan manajemen waktu dan meningkatkan produktivitas. Ini artinya, WhatsApp Business dapat memberikan banyak keuntungan bagi Anda dalam hal komunikasi, pemasaran, dan hubungan pelanggan.

Tak hanya itu, dengan memanfaatkan fitur-fitur dan potensi WhatsApp Business, Anda pun bisa meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan mencapai kesuksesan yang lebih besar.

Untuk menjalankan aplikasi WhatsApp Business, Anda memerlukan smartphone yang mumpuni. Saat ini, hampir semua merek smartphone sudah mendukung aplikasi tersebut. Dengan demikian, Anda bisa memilih smartphone sesuai dengan bujet dan kebutuhan.

Nah, untuk mendapatkan smartphone tersebut Anda bisa membelinya melalui platform jual beli online, seperti Shopee.

Seperti diketahui, Shopee merupakan salah satu marketplace di Indonesia yang menyediakan berbagai macam keperluan, termasuk ponsel pintar yang bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi WhatsApp Business.

Tak perlu ragu membeli smartphone melalui Shopee sebab ada banyak penawaran dan keuntungan menarik yang bisa Anda dapatkan. Salah satunya adalah voucer bebas ongkos kirim (ongkir) dari Shopee.

Voucer itu bisa dimanfaatkan untuk membeli smartphone secara hemat sehingga Anda bisa menjalankan aplikasi WhatsApp Business dengan sistem 1 WA 2 HP.

Jadi, tunggu apalagi? Segera check-out smartphone pilihan di Shopee sekarang juga!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com