Advertorial

Tugu Insurance Sabet Penghargaan Best Sharia Finance 2023

Kompas.com - 24/05/2023, 17:25 WIB

KOMPAS.com - Unit Usaha Syariah PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) meraih penghargaan dalam ajang Indonesia Sharia Finance Awards 2023 yang diselenggarakan Warta Ekonomi di Jakarta, Rabu (10/5/2023).

Dalam ajang tersebut, Tugu Insurance meraih penghargaan dengan kategori Indonesia Best Sharia Finance 2023 with Outstanding Comprehensive Sharia Insurance Products Availability for Various Market Segmentation.

Mengusung tema bertajuk “Enhancing Islamic Financial Development Strategy in Digital Transformation Era”, penghargaan tersebut fokus pada strategi pengembangan serta penguatan keuangan Islam di era transformasi digital.

Presiden Direktur Tugu Insurance Tatang Nurhidayat mengatakan, capaian tersebut tak lepas dari kinerja positif Tugu Insurance yang dibuktikan dengan inovasi produk dan pengembangan layanan. Utamanya, di segmen bisnis syariah dengan memanfaatkan teknologi digital.

Tatang menilai, perkembangan pesat ekosistem perekonomian syariah di Tanah Air berdampak positif pada kinerja Unit Usaha Syariah Tugu Insurance.

“Asuransi umum syariah penting dimiliki oleh konsumen yang ingin memiliki produk asuransi berbasis ekonomi syariah. Perusahaan asuransi yang memiliki unit syariah mesti memenuhi prinsip-prinsip syariah yang telah ditetapkan oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI), serta untuk menjamin dan memastikan asuransi sesuai dengan syariah, perusahaan asuransi wajib memiliki Dewan Pengawas Syariah,” ujar Tatang dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (24/5/2023).

Untuk diketahui, Indonesia Sharia Finance Awards 2023 diberikan kepada 55 perusahaan keuangan dengan kategori bank syariah, bank umum syariah, bank perkreditan rakyat syariah, serta asuransi umum syariah.

Selain itu, ada pula asuransi jiwa syariah, unit bisnis syariah di asuransi jiwa, unit bisnis syariah di asuransi umum, multifinance syariah, unit bisnis syariah di multifinance, layanan teknologi digital, dan layanan finansial.

Seiring meluasnya penetrasi literasi ekonomi syariah, kemajuan teknologi digital, serta posisi Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, perkembangan bisnis sektor jasa keuangan syariah di Indonesia tumbuh secara signifikan.

Lebih lanjut, Tatang menambahkan, Tugu Insurance memiliki berbagai pilihan produk asuransi dengan skema syariah. Salah satunya, asuransi kendaraan bermotor yang memberikan perlindungan, baik untuk mobil (t_drive sharia), motor (t_ride sharia), properti (t_property sharia), serta perjalanan umroh ataupun haji (t_travela sharia).

Selain itu, ada pula asuransi kecelakaan diri (t_protect sharia), Mikro TPI Syariah, Cash In Transit and Cash In Safe, kebongkaran (burglary), rekayasa, marine cargo and hull, dan public liability.

“Apresiasi yang diraih Unit Usaha Syariah Tugu Insurance dalam ajang tersebut merupakan hasil komitmen kami untuk berpartisipasi aktif dalam pengembangan ekosistem ekonomi syariah di Tanah Air. Berbagai pilihan produk dan layanan tersebut, Tugu Insurance mampu menjawab kebutuhan nasabah, baik dari segmen ritel maupun korporasi,” kata Tatang.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com