Advertorial

Inspirasi 20 Model Potongan Rambut Pria Populer 2023

Kompas.com - 29/05/2023, 18:39 WIB

KOMPAS.com – Pada 2023, tren gaya rambut pria kembali berkiblat pada model potongan klasik. Meski begitu, potongannya tetap terlihat menarik karena dipadukan dengan sentuhan modern.

Perpaduan itu pun menghasilkan tampilan rambut yang lebih retro dan modis.

Nah, bagi kamu yang ingin mengganti gaya rambut, tetapi masih bingung memilih modelnya, 20 model potongan rambut pria keren berikut mungkin bisa jadi pilihan.

Berikut ulasannya seperti dilansir dari berita 99.

  1. Bowl cut with messy top

Potongan rambut pertama adalah paduan gaya rambut model mangkuk alias bowl cut dan messy cut. Pada model ini, bagian bawah rambut tampak terpotong rapi dalam satu garis lurus, tetapi bagian atas dibuat berantakan.

Model rambut tersebut akan memberi kesan chic pada wajahmu.

  1. Top knot

Terinspirasi dari model rambut ala samurai Jepang, model rambut top knot juga bisa jadi pilihan.

Potongan rambut pria keren itu mengharuskan bagian samping kanan, kiri, dan belakang dipangkas tipis. Sementara, rambut bagian atas dibiarkan panjang agar bisa dikuncir dengan mudah.

  1. Buzz cut

Buzz cut termasuk model rambut klasik yang kembali tren pada 2023. Ciri khas utamanya adalah panjang rambut yang tidak lebih dari 1-2 cm. Potongan rambut ini dihasilkan dari clippers.

  1. Brush on top

Brush on top berfokus pada ketebalan yang sama pada rambut bagian samping kanan, kiri, belakang, dan atas.

Lalu, bagian atas rambut dibuat tegak dan bervolume dengan menggunakan pomade.

  1. Taper fade

Potongan rambut model taper fade. Dok. Istimewa Potongan rambut model taper fade.

Selanjutnya, ada model rambut taper fade atau dikenal juga sebagai long trim haircut. Potongan rambut ini terbilang klasik karena punya ciri gradasi, yakni semakin ke bawah, volume rambut semakin tipis dan memudar.

  1. Curtains

Model rambut berikutnya adalah curtains yang sempat tren pada era 1990-an. Ciri khas utamanya adalah rambut membelah di bagian tengah dan poni yang agak menutup bagian samping wajah.

  1. Pompadour

Gaya rambut pompadour identik dengan rambut bagian atas yang tebal dan bervolume sehingga terlihat seperti jambul. Volume rambutnya pun dibuat konsisten dari bagian depan hingga ke puncak kepala.

  1. Quiff

Gaya rambut quiff terlihat rapi karena bagian samping dan belakang rambut dipangkas pendek. Akan tetapi, bagian depan dan atas dibiarkan panjang sehingga akan terlihat membumbung ketika ditata dengan pomade.

  1. Paquito

Potongan rambut model paquito. Dok. Istimewa Potongan rambut model paquito.

Paquito identik dengan potongan cepak dengan ketipisan rambut hingga 1 sisir. Lalu, terdapat garis lurus yang membelah potongan tersebut di bagian kanan, kiri, atau belakang rambut.

  1. Undercut

Model undercut berfokus pada pemangkasan rambut area samping dan belakang kepala. Sementara, bagian atas rambut dapat dibiarkan pendek atau panjang sesuai keinginan.

  1. Disconnected undercut

Model rambut pria keren berikutnya adalah disconnected undercut. Prinsip dasar potongan model ini sama seperti undercut. Akan tetapi, terdapat bagian rambut yang dipangkas lebih tipis sebagai pemisah.

Oleh sebab itu, gradasi ketebalan rambut tampak terputus di tengah-tengah.

  1. Puffy undercut

Masih merupakan variasi dari potongan undercut, model rambut pria populer berikutnya adalah puffy undercut.

Ciri khas utama potongan itu adalah bagian atas rambut yang dibiarkan panjang sehingga dapat membentuk jambul.

  1. Layered undercut

Model rambut pria selanjutnya yang patut dicoba adalah layered undercut. Pada model ini, rambut atas terlihat dipangkas dengan bertingkat atau menyerupai tangga.

  1. French crop

Potongan rambut model french crop. Dok. Istimewa Potongan rambut model french crop.

Prinsip potongan rambut french crop mirip seperti bowl cut. Hal ini dikarenakan bagian ujung rambut akan dipangkas dalam satu garis.

Akan tetapi, bagian samping dan belakang rambut pada model french crop dipotong sangat pendek dan tipis sehingga rambut bagian atas terlihat lebih tebal.

  1. Messy french crop

Sesuai dengan namanya, prinsip dasar potongan rambut messy french crop sama seperti french crop, yaitu sekeliling rambut dibuat tipis dan hanya menyisakan bagian atas.

Perbedaan keduanya adalah pada gaya rambut messy french crop, bagian atas rambut terlihat lebih panjang dan berantakan.

  1. Comma hair

Model rambut comma hair berfokus pada area poni yang ditata membentuk c-curl. Oleh sebab itu, poni rambut akan terlihat melengkung seperti tanda baca koma.

  1. Edgar cut

Ada juga gaya edgar cut yang populer di kalangan pria muda di Amerika Latin. Ciri khas utama potongan ini adalah bagian samping rambut yang dipangkas hingga cukup pendek dan rapi.

  1. Tight crop

Gaya rambut berikutnya adalah tight crop yang sekilas mirip seperti french crop. Bedanya, potongan rambut ini terlihat lebih bergradasi sehingga memberi kesan kasual dan santai.

  1. Afro fade

Afro fade merupakan potongan dengan teknik fade pada rambut bergelombang dan keriting. Gaya rambut ini terlihat tipis di bagian bawah. Kemudian, secara perlahan akan menebal di bagian atas kepala.

  1. High top fade

Terakhir, ada model rambut high top fade. Prinsip dasar potongan ini mirip seperti fade, yakni berfokus pada gradasi ketebalan rambut.

Akan tetapi, pada model ini, bagian atas rambut dibuat sedikit lebih tebal dan tinggi dari potongan biasa sehingga garis wajah terlihat lebih tegas.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com