Advertorial

Berikut 6 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Beli Laptop untuk Anak

Kompas.com - 30/05/2023, 11:48 WIB


KOMPAS.com - Laptop merupakan salah satu perangkat penting yang dibutuhkan pelajar untuk menunjang aktivitas belajar, baik di sekolah maupun di rumah.

Dengan menggunakan laptop, pelajar dapat mengikuti kelas secara daring, mengerjakan tugas sekolah, serta mengakses internet untuk mencari informasi terkait mata pelajaran. Kegiatan pembelajaran siswa pun semakin efektif dan produktif.

Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih laptop terbaik untuk menunjang kegiatan belajar siswa? Simak ulasannya berikut.

  1. Bujet

Langkah penting pertama yang perlu dilakukan sebelum memutuskan membeli laptop adalah menyesuaikan bujet atau anggaran.

Bujet dapat menjadi acuan, terutama bagi orangtua, untuk memilih jenis laptop dengan spesifikasi yang dibutuhkan. Penyesuaian bujet penting dilakukan agar orangtua tak mudah tergiur dengan fitur dan spesifikasi tertentu sehingga memaksakan diri membeli laptop dengan harga yang melebihi kemampuan finansial.

Setelah menyesuaikan bujet, langkah berikutnya adalah melihat spesifikasi laptop yang sesuai kebutuhan siswa untuk menunjang kegiatan mereka di sekolah.

  1. Sistem operasi

Hal berikutnya yang patut dipertimbangkan sebelum membeli laptop untuk siswa adalah sistem operasi. Untuk diketahui, sistem operasi pada laptop yang paling banyak tersedia di pasaran adalah Windows OS, MacOS (Macbook), dan ChromeOS (Chromebook).

Windows OS merupakan sistem operasi yang paling fleksibel serta jamak digunakan pada berbagai model laptop ketimbang MacOS atau Chrome OS.

Bahkan, Anda dapat menemukan laptop 1 jutaan dengan sistem operasi Windows OS yang ideal bagi anak. Sementara, laptop bersistem operasi MacOS dan Chrome OS biasanya memiliki harga yang lebih mahal.

  1. CPU

Tak kalah penting dipertimbangkan saat membeli laptop adalah otak dari komputer itu sendiri atau central processing unit (CPU). Pasalnya, segala aktivitas yang berlangsung dalam sistem operasi laptop diproses melalui CPU.

Salah satu prosesor yang jamak digunakan pada laptop adalah Intel Core. Intel sendiri memiliki beragam jenis prosesor, sesuai dengan segmen. Untuk pemula seperti pelajar, Anda bisa memilihkan laptop dengan prosesor Intel Seri Celeron.

  1. RAM

Kapasitas RAM juga patut diperhatikan dalam memilih laptop. Jika aktivitas belajar anak Anda perlu menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, laptop yang dibutuhkan pun harus memiliki kapasitas RAM yang cukup besar. Setidaknya, RAM berkapasitas 4 GB.

Jika kapasitas RAM terlalu kecil, pengguna tidak dapat menuntaskan pekerjaan secara optimal. Alhasil, laptop akan freezing (membeku) dan perlu di-restart untuk dapat kembali pada kondisi semula.

Adapun kapasitas RAM ideal pada laptop untuk pelajar yang dapat dilirik adalah 4 GB atau 8 GB.

  1. Memori penyimpanan dan ketersediaan port

Selanjutnya, pilihlah laptop dengan memori berkapasitas besar untuk menyimpan sejumlah file penting. Selain itu, pertimbangkan pula jenis memori penyimpanan yang digunakan, seperti hard disk drive (HDD) dan solid-state drive (SDD).

Adapun laptop dengan memori penyimpanan SSD biasanya dapat melakukan transfer dan memuat data lebih cepat ketimbang laptop yang menggunakan HDD. Karena itu, laptop yang dilengkapi SSD memiliki harga lebih mahal.

Selain itu, pastikan pula terdapat port atau jalur koneksi pada laptop yang ingin dibeli. Fitur ini penting untuk menghubungkan laptop dengan perangkat lain, seperti USB, hard disk eksternal, mousekeyboard, dan juga HDMI untuk menunjang kegiatan presentasi.

  1. Webcam

Hampir semua laptop di masa kini sudah memiliki webcam. Oleh karena itu, pilih laptop dengan webcam beresolusi minimal 2 MP agar sesi belajar daring tidak terganggu.

Itulah enam hal yang dapat Anda pertimbangkan sebelum membeli laptop untuk menunjang kegiatan belajar si buah hati.

Adapun laptop Advan merupakan salah satu jenama yang dapat dipertimbangkan untuk dibeli. Untuk mendapatkan laptop 1 jutaan berkualitas, Anda bisa berbelanja di Tokopedia. 

Di lokapasar tersebut, Anda bisa membeli laptop Advan dengan harga yang beragam, mulai dari Rp 1.300.000 hingga Rp 2.429.000. 

Adapun laptop 1 jutaan lain di Tokopedia yang dapat dipertimbangkan adalah Dell E4310 Core i5 bekas yang dibanderol seharga Rp 1.599.000 dan laptop hp Chromebook seharga Rp 1.899.000.

Untuk melengkapi laptop hp Chromebook tersebut, di Tokopedia tersedia pula berbagai perangkat pendukung lain, seperti adaptor charger seharga Rp 258.000, keyboard seharga Rp 110.000, serta sleeve pouch cover Rp 100.000.

Tak sabar ingin segera membeli laptop untuk mendukung kegiatan belajar si buah hati di sekolah? Sambangi segera laman atau aplikasi Tokopedia untuk mendapatkan laptop terbaik. 

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com