Advertorial

Sama-sama Mempercantik Bibir, Ini Perbedaan Lipstik, Lip Tint, Lip Balm, serta Lip Gloss

Kompas.com - 30/05/2023, 15:45 WIB

KOMPAS.com - Bibir yang indah dan cantik merupakan idaman banyak perempuan. Untuk memperindah bibir, perempuan biasanya menggunakan produk pewarna bibir, yakni lipstik, lip tintlip balm, serta lip gloss.

Meski punya fungsi sama, keempat produk tersebut memiliki karakteristik berbeda. Agar lebih jelas, berikut adalah perbedaan lipstik, lip tintlip balm, dan lip gloss.

  1. Lipstik

Lipstik merupakan salah satu produk kosmetik paling popular yang digunakan untuk mewarnai bibir. Perias bibir ini terkenal kaya tekstur dan pigmen warna yang tinggi berkat campuran pigmen warna, minyak, serta lilin sebagai bahan pembuatnya.

Ketimbang pewarna bibir lain, lipstik dapat memberikan hasil akhir yang lebih menonjol. Warna pada listrik juga memiliki daya tahan yang baik. Selain mempercantik bibir, lipstik juga dapat memberikan kelembutan dan kelembapan pada bibir.

  1. lip tint

Lip tint adalah produk pewarna bibir yang dirancang untuk memberikan tampilan alami dan transparan. Perias bibir ini memiliki tekstur yang cair dan ringan layaknya tinta atau cairan.

Sama seperti lipstik, lip tint juga memiliki daya tahan yang baik. Perias bibir ini mampu membuat warna alami pada bibir tanpa terasa berat atau tebal. Selain sebagai pewarna bibir, beberapa jenis lip tint juga bisa berfungsi sebagai pewarna pipi atau blush on.

Lip tint umumnya terbuat dari air, gel, serta alkohol. Karena mengandung alkohol, sebagian bibir yang menggunakan lip tint dapat menjadi kering. 

  1. Lip balm

Berbeda dengan lipstik dan lip tint, lip balm memiliki sedikit pigmen warna. Bahkan, sebagian besar di antaranya tidak memiliki warna yang mencolok. Hal ini dikarenakan bahwa perias bibir ini memiliki fungsi utama untuk memberikan kelembapan, perlindungan, serta perawatan pada bibir.

Oleh karena itu, lip balm memiliki tekstur lebih lembut ketimbang lip tint atau lipstik. Adapun bahan utama pembuat lip balm adalah minyak atau mentega. Salah satu produk lip balm yang hadir di pasaran adalah Vaseline Lip Therapy.

  1. Lip gloss

Lip gloss memiliki fungsi yang hampir mirip dengan lip balm, yakni melembapkan bibir.Oleh karena itu, perias bibir ini hanya memiliki pigmentasi warna sedikit. Bahkan, lip gloss umumnya tidak berwarna atau transparan.

Adapun fungsi utama lip gloss adalah membuat bibir lebih berkilau atau glossy. Hal ini didapat dari kandungan minyak dan resin. Perias bibir ini juga memiliki tekstur yang cair sehingga mudah luntur.

Agar tidak luntur, aplikasikan lip liner sebelum menggunakan lip gloss. Lip gloss juga cocok digunakan untuk melapisi pulasan lipstik pada bibir agar warnanya lebih berkilau.

Itulah perbedaan lipstik, lip tintlip balm, serta lip gloss. Kamu bisa mendapatkan keempat produk perawatan bibir ini di Tokopedia. E-commerce berlogo hijau ini menyediakan berbagai macam produk kosmetik lengkap, seperti lipstik Hanasui dan lip tint Implora. Kamu juga berkesempatan berbelanja lebih hemat karena Tokopedia kerap menyediakan berbagai promo menarik.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com