Advertorial

Punya Layanan Kesehatan Kelas Dunia, Ini Alasan Malaysia Jadi Destinasi Utama Wisata Medis

Kompas.com - 30/05/2023, 16:23 WIB

KOMPAS.com – Berobat ke luar negeri bukan hal asing bagi sekelompok masyarakat Indonesia untuk mendapatkan perawatan kesehatan optimal. Terlebih, bagi masyarakat dengan kemampuan finansial mapan.

Berbagai alasan pun menjadi latar belakang, mulai dari ingin mendapatkan pelayanan kesehatan dengan teknologi andal hingga mencari dokter dengan keahlian atau spesialisasi tertentu.

Adapun Negeri Jiran, Malaysia, menjadi salah satu destinasi utama wisata medis masyarakat Indonesia.

Diberitakan Kompas.com, Kamis (9/3/2023), dari 2 juta orang Indonesia yang berobat ke luar negeri, sebanyak lebih kurang 1 juta orang di antaranya memilih berobat ke Malaysia. Jumlah ini lebih besar ketimbang Singapura sebanyak 750.000 orang. Sementara, sisanya ke Jepang, Amerika Serikat (AS), dan Jerman.

Tren perjalanan wisata medis masyarakat Indonesia ke Malaysia bukan tanpa alasan. Pasalnya, Malaysia menyediakan beragam pelayanan medis dengan harga terjangkau ketimbang negara-negara maju, baik di Asia, Eropa, maupun AS.

Tak kalah penting, Malaysia juga mengedepankan standar internasional dalam pelayanan kesehatan untuk berbagai kalangan. Hal ini mendorong masyarakat Indonesia memilih Malaysia sebagai destinasi utama untuk mendapatkan perawatan medis.

Adapun salah satu penyedia pelayanan kesehatan swasta terkemuka Malaysia yang kerap dipilih untuk berobat adalah Pantai Hospital. Rumah sakit (RS) ini menyediakan layanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (9/5/2023), Pantai Hospital Malaysia sudah mengantongi akreditasi Joint Commision International (JCI). Adapun JCI merupakan bagian dari salah satu grup layanan kesehatan terbesar dunia, yaitu IHH Healthcare.

Berbekal pengalaman lebih dari 45 tahun di industri medis, Pantai Hospital saat ini memiliki 11 cabang RS yang tersebar di sejumlah wilayah di Malaysia untuk melayani pasien lokal dan internasional dari berbagai negara.

Tiga cabang Pantai Hospital yang menjadi destinasi favorit pasien asal Indonesia yang ingin berobat ke Malaysia adalah Pantai Hospital Ayer Keroh Melaka, Kuala Lumpur, dan Penang. Ketiga RS tersebut berlokasi di kawasan strategis dengan akses mudah serta dikelilingi berbagai atraksi lokal.Dok. Penang Hospital Tiga cabang Pantai Hospital yang menjadi destinasi favorit pasien asal Indonesia yang ingin berobat ke Malaysia adalah Pantai Hospital Ayer Keroh Melaka, Kuala Lumpur, dan Penang. Ketiga RS tersebut berlokasi di kawasan strategis dengan akses mudah serta dikelilingi berbagai atraksi lokal.

Rumah sakit Pantai Hospital Malaysia pun diklaim mampu memberikan beragam layanan medis dengan standar tinggi.

Untuk diketahui, enam dari sebelas cabang Pantai Hospital menawarkan pusat keunggulan khusus yang berfokus pada disiplin medis tertentu.

Pantai Hospital Ipoh, misalnya, memiliki pusat perawatan jantung yang menawarkan operasi bypass koroner dan angioplasty sebagai bagian dari rangkaian layanan mereka. Selain itu, ada pula pusat ortopedi dengan pelayanan tindakan operasi rekonstruktif, perawatan cedera akibat olahraga, dan rehabilitasi.

Sementara itu, tiga cabang Pantai Hospital yang menjadi destinasi favorit pasien asal Indonesia yang ingin berobat ke Malaysia adalah Pantai Hospital Ayer Keroh Melaka, Kuala Lumpur, dan Penang.

Ketiga RS tersebut berlokasi di kawasan strategis dengan akses mudah serta dikelilingi berbagai atraksi lokal. Hal ini menjadi nilai tambah tersendiri bagi Pantai Hospital sehingga menjadi pilihan tepat bagi berbagai kalangan, termasuk pasien asal Indonesia.

Salah satu cabang Pantai Hospital, yaitu Pantai Hospital Ipoh, memiliki pusat perawatan jantung yang menawarkan operasi bypass koroner dan angioplasty sebagai bagian dari rangkaian layanan. Selain itu, ada pula pusat ortopedi dengan pelayanan tindakan operasi rekonstruktif, perawatan cedera akibat olahraga, dan rehabilitasi.Dok. Pantai Hospital Salah satu cabang Pantai Hospital, yaitu Pantai Hospital Ipoh, memiliki pusat perawatan jantung yang menawarkan operasi bypass koroner dan angioplasty sebagai bagian dari rangkaian layanan. Selain itu, ada pula pusat ortopedi dengan pelayanan tindakan operasi rekonstruktif, perawatan cedera akibat olahraga, dan rehabilitasi.

Keunggulan lain yang ditawarkan Pantai Hospital, yakni dari segi pelayanan medis yang ekstensif didukung solusi dan teknologi paling mutakhir. Hal ini dihadirkan Pantai Hospital Kuala Lumpur lewat pusat perawatan kanker yang dilengkapi teknologi diagnosis dan perawatan canggih.

Pusat perawatan kanker tersebut juga didukung tim ahli klinis dan konsultan medis berpengalaman. Selain itu, ada pula pelayanan tambahan, seperti sesi konseling bagi pasien dan anggota keluarga untuk mempersiapkan mereka dalam langkah selanjutnya menuju pemulihan.

Berkat ketersediaan sarana, fasilitas, teknologi, dan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni, Pantai Hospital Malaysia menjadi pilihan tepercaya bagi pasien internasional yang ingin menjalani perawatan kesehatan kelas dunia dengan biaya yang terjangkau.

Sebagai informasi, untuk berkonsultasi serta penjadwalan pemeriksaan dengan cepat, Anda dapat menghubungi call center Pantai Hospital melalui telepon dan WhatsApp berbahasa Indonesia di +6221-2789-9788.

Untuk respons cepat, Anda dapat menghubungi tim Pantai Hospital lewat e-mail ihh.my.helpdesk@ihhhealthcare.com. Tim medis Pantai Hospital akan membantu Anda untuk konsultasi kesehatan dan menjadwalkan kunjungan Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, klik tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com