Advertorial

Jangan Salah Pilih, Ini Perbedaan Baby Lotion dan Baby Cream

Kompas.com - 31/05/2023, 13:32 WIB

KOMPAS.com - Bayi memiliki kulit yang jauh lebih tipis dibanding kulit orang dewasa. Oleh karena itu, penting bagi setiap orangtua untuk menjaga kebersihan kulit bayi agar terhindar dari iritasi dan berbagai macam penyakit kulit lain, seperti ruam dan jerawat bayi.

Untuk mencegah masalah tersebut, orangtua bisa mengoleskan produk pelembap kulit bayi agar kulitnya tetap terhidrasi.

Untuk diketahui, semua penyakit tersebut umumnya diakibatkan oleh kondisi kulit kering ataupun lingkungan yang tak steril.

Selain dapat menghindari kulit kering, produk pelembap kulit bayi juga berfungsi untuk menjaga kekenyalan, merawat, melindungi dari radikal bebas, dan meregenerasi kulit.

Adapun manfaat yang diberikan oleh produk pelembap tersebut tak lepas dari proses produksinya yang dibikin secara khusus agar tidak mengganggu pH permukaan dan tidak merusak penghalang kulit.

Meski begitu, pastikan Anda memilih secara cermat sebelum memutuskan produk pelembap yang cocok untuk kulit sang buah hati.

Sebab, produk pelembap kulit bayi terdiri dari berbagai jenis produk untuk menyesuaikan kebutuhan kulit, seperti krim, lotion, dan salep.

Pada dasarnya, setiap jenis produk pelembap tersebut memiliki fungsi yang sama. Perbedaannya ada pada teksturnya yang lebih berat ketika digunakan.

Seperti pada pelembap berjenis krim misalnya, pelembap jenis ini mengandung bahan pelembap dan nutrisi yang mampu menjaga kelembapan kulit bayi.

Selain itu, tekstur dari baby cream cenderung lebih kental sehingga tidak cepat meresap pada kulit bayi. Alhasil, baby cream menjadi lebih lengket saat digunakan dan dapat menimbulkan rasa gerah.

Bahkan, penggunaan baby cream biasanya juga akan membuat kotoran di sekitar kulit bayi dapat menempel dengan mudah. Pelembap jenis ini kerap ditemukan di toko ritel maupun online.

Untuk salep, pelembap jenis ini hadir dengan tekstur lebih tebal dan kental. Maka dari itu, salep dapat meninggalkan lapisan minyak pada kulit bayi sehingga membuat bayi menjadi tidak nyaman.

Namun, salep memiliki keunggulan untuk mampu mengunci kelembapan di dalam kulit dan melindungi kulit dari iritasi eksternal.

Sedangkan baby lotion adalah jenis pelembap dengan tekstur yang lebih encer ketimbang baby cream.

Dokter spesialis kulit dari Rumah Sakit (RS) Kasih Ibu Surakarta DR dr Arie Kusumawardani SpKK (K) mengatakan, baby lotion memiliki tekstur yang lebih cair karena adanya kandungan water-based.

Adapun konsistensi minyak yang ringan pada pelembap itu membuat lotion mudah meresap ke dalam kulit bayi.

Untuk keuntungan, lotion memiliki kelebihan dari segi tekstur yang lebih cair dan ringan sehingga dapat bekerja lebih cepat tanpa meninggalkan rasa berat atau lengket pada kulit.

Sebagai informasi, semua fungsi pelembap jenis tersebut ada pada produk Doodle Baby Lotion yang dikembangkan dengan formulasi khusus agar dapat digunakan langsung pada kulit wajah dan tubuh bayi.

Hal tersebut jelas mmebuat penggunaan Doodle Baby Lotion lebih praktis dan hemat. Ini lantaran biasanya lotion bayi, terutama untuk wajah dan tubuh dijual secara terpisah.

Dari segi tekstur, Doodle Baby Lotion memiliki tekstur yang lebih ringan berkat adanya kandungan super mild lotion liquid. Tekstur ini membuat Doodle Baby Lotion cepat merata dan mudah terserap pada kulit bayi.

Meski punya karakteristik yang lembut, tapi produk tersebut mampu menghasilkan lapisan pelembap dengan kinerja maksimal lantaran dilengkapi dengan natural active ingridient berupa shea butter, sun flower oil, almond oil, dan vitamin E.

Shea Butter sendiri berfungsi sebagai antiinflamasi pada kulit bayi. Sedangkan sun flower oil bertujuan untuk melembapkan kulit bayi.

Adapun kandungan almond oil yang kaya akan Vitamin E dan K mampu menutrisi dan meregenerasi kulit agar kulit selalu tampak cerah dan kenyal.

Sementara itu, kandungan vitamin E pada lotion itu pun mampu melindungi kulit bayi dari kerusakan akibat radiasi UVB.

Tak sampai di situ, kandungan vitamin dan antioksidan pada shea butter, sun flower oil, dan almond oil juga dapat memperbarui atau meregenerasi sel-sel kulit yang dapat menyamarkan bekas luka menghitam pada kulit bayi.

Doodle Baby Lotion merupakan produk lotion untuk kulit bayi yang dikembangkan khusus oleh Doodle Exclusive Baby Care, salah satu brand yang dikenal dengan produk unggulannya, minyak telon Doodle.

Untuk informasi lebih lanjut terkait Doodle Baby Lotion dan produk Doodle Exclusive Baby Care, kunjungi website resmi dan official store Doodle Exclusive Baby Care yang ada di marketplace.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com