Advertorial

Bekali Calon Jemaah Haji dengan Makanan dan Syal Lurik, Bupati Klaten: Itu Pengobat Rindu akan Tanah Air

Kompas.com - 06/06/2023, 16:25 WIB

KOMPAS.com – Bupati Klaten Sri Mulyani membekali jemaah calon haji dengan makanan dan cendera mata khas Klaten. Bekal tersebut diberikan secara simbolik dalam acara Pamitan Calon Haji Kabupaten Klaten 1444 Hijriah yang digelar di Grha Bung Karno, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Selasa (6/6/2023).

Adapun bekal makanan yang diberikan berupa sambal pecel, kentang, abon, dan serundeng. Sementara, cendera mata berupa syal lurik bertuliskan “Haji Kabupaten Klaten 1444 H/2023 M”.

Sri mengatakan, bekal-bekal itu diberikan sebagai pengobat rindu calon jemaah haji akan Indonesia selama di Tanah Suci. Hal ini pun akan menjadi tradisi selama Sri menjabat sebagai bupati.

“Biar bapak ibu jemaah haji kerasan, sehat, dan tambah semangat untuk ibadah. Sangu (bekal) bisa diterima dengan baik dan dimanfaatkan selama menjalan ibadah suci,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa.

Sementara itu, lanjutnya, syal lurik diberikan sebagai penanda sehingga jemaah calon haji Klaten punya ciri khas, sekaligus menjadi media promosi, dan tanda pengenal.

Agar ibadah di Tanah Suci berjalan lancar, Sri juga meminta seluruh jemaah calon haji untuk selalu menjaga kondisi fisik dan selalu berkoordinasi dengan petugas haji.

Sri melanjutkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten akan memberangkatkan 1.175 calon haji dalam empat kloter pada Jumat (9/6/2023) dan Sabtu (10/6/2023) dari Grha Bung Karno.

Salah satu peserta ibadah haji Yuli Budi Susilowati berterimakasih atas bekal yang diberikan.

“Kami senang sudah diberikan sangu (bekal) lauk pauk, seperti abon, sambal pecel, kentang, juga serundeng. Insyaallah, bisa mengobati rindu kami dengan Klaten. Terima kasih Ibu Bupati dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten,” ujar Yuli.

Yuli pun meminta doa restu agar diberikan kelancaran selama melaksanakan ibadah haji.

“Semoga kami diberikan kesehatan, mulai dari berangkat hingga kembali Tanah Air, dengan predikat haji mabrur,” jelasnya.

Acara Pamitan Calon Haji Kabupaten Klaten 1444 Hijriah turut dihadiri Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Klaten.

Kemudian, staf ahli, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pejabat Kementerian Agama (Kemenag) Klaten, Ketua Majelis Ulama Indonesia Marsudi Syuhud, dan sejumlah tokoh agama.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com