Advertorial

Sederet Kebaikan Keju Cheddar, Bisa Jadi Snack Andalanmu!

Kompas.com - 16/06/2023, 11:19 WIB

KOMPAS.com - Mengonsumsi makanan favorit, khususnya makanan ringan (snack), kurang lengkap rasanya bila tidak mengandung keju di dalamnya. Pasalnya, rasa gurih serta asin keju dapat memperkaya cita rasa pada makanan.

Tak heran, saat ini semakin banyak makanan ringan yang menggunakan keju sebagai cita rasa utama. Adapun jenis keju yang kerap digunakan sebagai pelengkap makanan ringan salah satunya adalah cheddar.

Cheddar diklaim sebagai salah satu jenis keju yang disukai banyak orang karena memiliki rasa yang lebih kuat dan gurih jika dibandingkan keju lainnya. Karena rasanya yang lebih “tajam", cheddar kerap ditambahkan sebagai pugasan pada berbagai jenis makanan, mulai dari biskuit, roti, oats, dan makanan lain yang rasanya cenderung hambar.

Selain memiliki rasa yang lebih kuat dan gurih, cheddar kaya nutrisi dan memiliki sejumlah manfaat penting yang baik untuk tubuh.

Lantas, apa saja kandungan penting yang terdapat pada keju cheddar? Berikut kandungan pentingnya.

  1. Sumber protein yang baik

Melansir nutritionadvance.com, Kamis (6/1/2023), cheddar merupakan salah satu makanan kaya akan protein. Setiap 100 gram (gr) cheddar sedikitnya mengandung 24,9 gr protein. Utamanya, protein jenis kasein.

Seperti diketahui, protein merupakan makronutrien yang penting bagi tubuh. Asupan protein tinggi dapat membawa sejumlah manfaat untuk tubuh.

Salah satunya, yakni meningkatkan rasa kenyang sehingga efektif mengurangi hasrat untuk mengonsumsi makanan tertentu (craving). Selain itu, mengonsumsi makanan dengan kandungan tinggi protein juga efektif meningkatkan massa tubuh tanpa lemak.

  1. Tinggi kalsium

Keju cheddar juga mengandung kalsium dalam jumlah besar yang diperlukan oleh tubuh. Adapun kalsium sendiri merupakan mineral penting untuk tubuh yang berfungsi mengoptimalkan sistem kerangka dan otot.

Perlu diketahui, keju cheddar sebagai produk turunan dari susu merupakan sumber kalsium yang signifikan.

Kandungan kalsium pada keju cheddar mencapai 15 persen dari takaran harian dalam porsi satu ons. Dengan begitu, konsumsi keju cheddar dalam keseharian bermanfaat untuk mendukung kesehatan tulang.

  1. Kaya nutrisi

Dibandingkan dengan makanan seperti gula, karbohidrat olahan, atau bahkan produk susu lain, seperti mentega, keju cheddar merupakan sumber nutrisi yang baik.

Kaya akan nutrisi serta makronutrien dalam jumlah banyak, cheddar dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Pasalnya, cheddar merupakan salah satu sumber vitamin A, B2, B12, kalsium, fosfor, selenium, dan seng yang sangat baik untuk tubuh.

Selain itu, keju cheddar dinilailebih bergizi dari jenis keju lainnya karena lebih tinggi lemak, kalori, dan vitamin K.

  1. Sumber probiotik

Sebagai keju fermentasi tua, cheddar kaya akan probiotik, yakni mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik untuk kesehatan tubuh.

Probiotik yang ditemukan dalam keju cheddar juga dapat membantu melindungi tubuh dari bakteri berbahaya di usus serta meningkatkan kesehatan usus besar secara keseluruhan.

Keju cheddar juga baik dikonsumsi untuk orang yang sensitif terhadap laktosa. Pasalnya, semakin lama keju difermentasi, maka semakin rendah pula kandungan laktosa yang tersisa.

Itulah empat kandungan penting dalam keju cheddar yang baik untuk tubuh. Dengan mengonsumsi cheddar dalam jumlah cukup, tubuh pun menjadi lebih sehat.

Salah satu snack yang mengombinasikan cheddar cheese dalam varian rasanya adalah Fitbar Cheese Delight. Fitbar Cheese Delight terdiri dari multigrain, corn flakes, dan Australian cheddar cheese yang merupakan salah satu jenis keju paling sehat.

Selain memiliki rasa yang enak, Fitbar Cheese Delight cocok dikonsumsi di sela-sela aktivitas, seperti setelah dan sebelum berolahraga, saat bekerja, atau ketika berkendara. Kemasannya yang praktis juga menjadikan Fitbar Cheese Delight mudah dibawa ke mana saja dan dikonsumsi kapan saja.

Jadi sekarang tidak sulit mengonsumsi keju bukan? Dengan segudang manfaat keju cheddar, tentunya Fitbar Cheese Delight bisa menjadi snack andalan Anda!

Untuk informasi lengkap seputar Fitbar Cheese Delight, klik tautan berikut.

Baca tentang
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com