Advertorial

Sabet Rekor Dunia, Pergelaran Angklung Terbesar di Dunia Dihadiri Presiden dan Wapres

Kompas.com - 08/08/2023, 20:25 WIB

KOMPAS.com - Pagelaran angklung terbesar di dunia diketahui berhasil mencapai rekor dunia Guinness World Record (GWR).

Gelaran tersebut sukses memecahkan rekor permainan angklung terbesar di dunia dengan 15.110 peserta.

Adapun para pemain memainkan lagu nasional “Berkibarlah Benderaku” dan lagu perdamaian dunia “Wind of Change” selama tujuh menit dengan nada dan musik yang padu.

Sejumlah petinggi negara turut hadir dalam gelaran tersebut. Tak terkecuali, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin.

Keduanya hadir bersama jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju, termasuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian. Selain itu, hadir pula Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Wury Ma’ruf Amin, serta pengurus Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) yang turut serta memainkan angklung.

Untuk diketahui, gelaran tersebut merupakan inisiatif Iriana Joko Widodo melalui OASE KIM sejak 2022.

Acara pemecahan rekor dunia tersebut melibatkan sejumlah pihak, mulai dari aparatur sipil negara (ASN), Dharma Wanita Persatuan kementerian/lembaga, TNI-Polri, organisasi wanita, sekolah kedinasan, serta pelajar.

Koordinator acara sekaligus Ketua Umum OASE KIM Tri Tito Karnavian mengatakan, kekompakan seluruh pihak dalam gelaran tersebut merupakan bukti upaya dalam mencintai seni budaya Indonesia.

Hal itu sejalan dengan pesan Iriana yang senantiasa mendorong seluruh pihak untuk mencintai alat musik tradisional angklung. Terlebih, alat musik ini telah diakui UNESCO sebagai warisan tak benda pada 2010.

“Ibu Iriana ingin angklung bangkit kembali setelah pandemi Covid-19 (yang) berdampak kepada para seniman dan para industri angklung. Kami berharap, upaya ini dapat menjadi hadiah terbaik bagi Indonesia jelang Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia (RI),” ujar Tri dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (8/8/2023).

Untuk diketahui, sejumlah menteri turut hadir dalam gelaran angklung massal tersebut, di antaranya Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita.

Selain itu, ada pula Menteri PAN-RB Azwar Anas, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Gelaran tersebut juga dimeriahkan dengan penampilan musik dari Saung Angklung Udjo, Pemenang Indonesian Idol 2023 Salma Salsabil, serta Grup Musik Kahitna.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com