Kabar pos

HUT ke-277, Pos Indonesia Luncurkan POS IND Logistik Indonesia

Kompas.com - 28/08/2023, 08:13 WIB

KOMPAS.com - PT Pos Indonesia (Persero) merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-277 pada Sabtu (26/8/2023). Bertepatan dengan hari istimewa ini, Pos Indonesia meluncurkan logo baru "Pos Ind Logistik Indonesia" sebagai transformasi Pos Indonesia menuju BUMN Logistik.

POS IND Logistik Indonesia akan menjadi wajah baru dalam pelayanan Pos Indonesia ke depan. Dengan adanya layanan ini, Pos Indonesia dapat ikut berperan sebagai agent of collaboration bagi para penyedia jasa logistik untuk memaksimalkan layanan commercial dan service excellence melalui konsep sharing economy.

Sinergi BUMN Logistik tersebut merupakan inisiasi pemerintah yang sejalan dengan tema HUT ke-277 Pos Indonesia, yaitu “Festival Akhlak Pos Indonesia Menuju BUMN Logistik”.

Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Faizal R Djoemadi mengatakan, PT Pos Indonesia berusia 277 tahun pada 2023.

“Pos Indonesia sudah melakukan transformasi melalui tujuh aspek, yakni bisnis, produk dan channel,proses bisnis, teknologi, sumber daya manusia (SDM), organisasi, serta budaya,” kata Faizal dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (27/8/2023).

Nantinya, kehadiran POS IND Logistik Indonesia menjadi penyedia solusi bagi corporate customer, BUMN, pemerintahan, serta lembaga dan kementerian.

“Setiap perusahaan membutuhkan solusi berbeda yang perlu customization. Kami bukan hanya melayani perseorangan dan menyediakan solusi produk, tapi juga account manager team yang mampu memberikan consultative selling,” katanya.

Transformasi bidang logistik yang dilakukan Pos Indonesia juga sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo agar dapat memangkas ongkos logistik. Dengan demikian, ekspor barang lebih mudah.

“Instruksi presiden untuk memangkas ongkos logistik dari 23 persen menjadi 15 persen, jadi harus ada penurunan 8 persen. Proses ini melibatkan infrastruktur (60 persen), regulasi (25 persen), dan provider operator (15 persen). Kami bagian kecil dari menurunkan ongkos logistik,” kata Faizal.

Ongkos logistik, kata Faizal, harus turun supaya produk Indonesia bisa kompetitif di luar negeri. Selama ini, produk Indonesia tidak kompetitif karena ongkos logistiknya mahal.

Pos Indonesia merayakan HUT ke-277. Dok. Pos Indonesia Pos Indonesia merayakan HUT ke-277.

“Dari 100 persen produksi ekspor, 23 persennya adalah ongkos logistik. Ongkos logistik internasional mahal sekali,” ujarnya.

Selain peluncuran POS IND Logistik Indonesia, Pos Indonesia juga meluncurkan creative hub PosCo Bandung pada HUT ke-277. PosCo merupakan wadah untuk menuangkan industri kreatif, mulai dari kuliner, musik, kuliner, kriya, hingga hobi. Berlokasi di pusat kota, PosCo menyasar kaum muda Bandung dan wisatawan.

Berbarengan dengan perayaan tersebut, digelar kegiatan BUMN Logistic Cluster Basketball Cup 2023. Adapun pemenang lomba kejuaraan ini adalah PT Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai juara 1, PT Angkasa Pura juara 2, serta PT Pos Indonesia juara 3.

Salah satu penerima hadiah adalah Tri Budi Yuliansyah. Pegawai Pos Indonesia yang bertugas di Kantor Pos Cilaki di Direktorat Keuangan ini senang bisa terlibat dalam perayaan ulang tahun Pos Indonesia.

“Saya senang sekali di usia ke-277, kami bisa merayakan ulang tahun Pos Indonesia. Saya dapat hadiah sepatu dari juara ketiga di Basketball Competition Cluster Logistik,” tutur Tri.

Tri telah mengabdi di Pos Indonesia sejak 2010. Selama bekerja, ia merasakan suasana kekeluargaan yang kental.

“Saya merasakan kekeluargaan erat sekali. Setiap unit bisa berkolaborasi lebih hangat dan luar biasa. Saya berharap, Pos Indonesia dapat lebih baik lagi dan menjadi raksasa terbesar di logistik Indonesia,” katanya.

Hal senada juga dirasakan Hernita yang bekerja di kantor cabang utama (KCU) Pos Indonesia Bandung. Pegawai di bagian jasa keuangan ini mengaku, merasakan suasana kekeluargaan di lingkungan kerjanya.

“Saya bekerja mulai bekerja di Pos Indonesia sebagai outsourcing pada 2009. Kemudian diangkat pegawai pada 2016. Yang paling berkesan kekeluargaannya. Budaya akhlak kami implementasikan,” ucap Hernita.

Pos Indonesia merayakan HUT ke-277.Dok. Pos Indonesia Pos Indonesia merayakan HUT ke-277.

Pada perayaan HUT ke-277 Pos Indonesia, semua yang hadir mengenakan pakaian adat. Menurut Hernita, penggunaan pakaian adat memiliki makna tersendiri.

“Kami pakai baju adat untuk menyampaikan pesan Bhineka Tunggal Ika. Kami Pos Indonesia dari Sabang sampai Merauke bersatu. Saya berharap, transformasi logistik semakin maju dan kami bisa menuju Pos Indonesia emas,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Direktur PT Pos Indonesia Direktorat Human Capital Management Kamilia Qatrunnada Junaedi berharap Pos Indonesia akan terus eksis selamanya.

“Selamat ulang tahun ke-277. Semoga semakin jaya dan sukses ke depan. Pos Indonesia emas. Semoga Pos Indonesia selalu ada. Gedung ini juga harus dipertahankan karena ikonik,” tutur Kamilia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com