Advertorial

Dimulai Besok, Berikut Jadwal Rangkaian Kampanye Pemilu 2024

Kompas.com - 27/11/2023, 16:11 WIB

KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan jadwal kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Adapun jadwal dan aturan kampanye telah diatur secara detail dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu.

Berdasarkan beleid tersebut, kampanye pemilu merupakan kegiatan Peserta Pemilu atau pihak lain yang ditunjuk oleh Peserta Pemilu untuk meyakinkan pemilih dengan menawarkan visi, misi, program dan/atau citra diri Peserta Pemilu.

Sementara itu, Pelaksana Kampanye Pemilu adalah Peserta Pemilu dan pihak yang ditunjuk oleh Peserta Pemilu untuk melakukan kegiatan Kampanye Pemilu.

Berikut adalah jadwal Kampanye Pemilu 2024.

28 November 2023-10 Februari 2024 kampanye berupa kegiatan pertemuan terbatas, tatap muka, serta penyebaran alat peraga kampanye di tempat umum. Terdapat juga debat pasangan calon presiden, calon wakil presiden, dan kampanye media sosial.

21 Januari 2024-10 Februari 20240 kampanye rapat umum dan iklan melalui media massa cetak, elektronik, dan online.

11 Februari 2024-13 Februari 2024 merupakan masa tenang. Kegiatan berbentuk kampanye dilarang

Jalankan kampanye sesuai aturan

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja mengimbau peserta Pemilu 2024 untuk melakukan kampanye sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

"Peserta pemilu harus menjalani tahapan sesuai aturan agar Pemilu 2024 dapat berjalan kondusif dan nyaman bagi seluruh pihak," ujar Bagja dalam rilis pers yang Kompas.com, Senin (27/11/2023).

Bawaslu sendiri, lanjut Bagja, telah meluncurkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) yang dapat menjadi acuan peserta pemilu dalam mengantisipasi pelanggaran pemilu terkait suku, agama, ras, antargolongan (SARA), serta berita hoaks.

"Ini bisa mengerikan jika tidak dibatasi (kampanye liar) saat ini. Maka, perlu ruang sosialisasi yang baik dan merata sesuai dengan asas pemilu," katanya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com