Advertorial

Berikut 4 Tip Cegah Lemas biar Kuat Puasa Seharian

Kompas.com - 12/03/2024, 21:08 WIB

 

KOMPAS.com – Perubahan pola makan dan tidur selama berpuasa Ramadhan dapat memengaruhi kondisi tubuh.

Tak jarang, tubuh menjadi cepat lelah dan kehilangan konsentrasi. Akibatnya, aktivitas sehari-hari tidak berjalan optimal. Puasa pun terasa berat dijalani.

Untuk mengantisipasi hal itu, kamu bisa mengikuti empat tip berikut.

  1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Meski berpuasa, tubuh tetap membutuhkan cairan yang cukup. Kekurangan cairan tubuh akan mengakibatkan dehidrasi yang membuat tubuh minim pasokan oksigen dan cepat lelah.

Karena itu, penuhi kebutuhan cairan sebanyak dua liter dengan pola 2-4-2, yakni 2 gelas saat berbuka, 4 gelas sepanjang malam hingga sebelum tidur, dan 2 gelas saat sahur.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi buah, jus buah serta sayur tanpa tambahan gula, dan air kelapa.

  1. Jangan lewatkan sahur

Sahur merupakan salah satu amalan sunah yang penuh keberkahan. Selain itu, sahur juga menjadi persiapan dalam menghadapi puasa seharian.

Nutrisi yang didapatkan saat sahur menghasilkan energi bagi tubuh. Sahur juga menjaga tubuh agar tidak mengalami dehidrasi. Oleh sebab itu, jangan pernah melewatkan sahur.

Saat sahur, kamu sebaiknya menghindari konsumsi karbohidrat secara berlebihan. Alih-alih dapat membuat kenyang tahan lama, konsumsi karbohidrat berlebih justru berpotensi mengakibatkan ketidakstabilan kadar gula darah.

Di samping karbohidrat, kamu juga perlu mengonsumsi makanan kaya serat dan protein saat sahur. Selain baik bagi tubuh, kedua zat tersebut juga dapat membantu menghadirkan rasa kenyang yang lebih lama.

Sebagai tambahan, kamu juga bisa mengonsumsi smoothies dan jus buah tanpa tambahan gula, seperti yang dihadirkan Re.juve.

  1. Olahraga rutin

Berolahraga secara rutin dapat menjaga tubuh tetap bugar saat berpuasa. Waktu terbaik untuk berolahraga adalah sebelum sahur, sebelum berbuka, atau setelah salat tarawih.

Kamu bisa memilih olahraga ringan, seperti joging, bersepeda, jalan cepat, atau yoga. Agar tetap bugar, lakukan olahraga selama minimal 30 menit.

  1. Konsumsi makanan sehat saat berbuka

Hindari berbuka dengan makanan yang mengandung gula tambahan dan minyak berlebih. Sebaiknya, berbukalah dengan segelas air dan kurma atau jus buah murni tanpa tambahan gula.

Pastikan juga untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang sebagai menu utama.

Itulah empat tip untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar selama berpuasa. Dengan tip tersebut, kamu tidak merasa berat selama menjalani ibadah puasa.

Untuk mendapatkan asupan nutrisi sehat, kamu bisa melengkapi menu sahur dan berbuka dengan Re.juve yang hadir dalam bundle spesial Ramadhan.

Re.juve bundle spesial Ramadhan berisi tiga produk, yakni satu Cold-Pressed Smoothies dan satu Cold-Pressed Juice untuk sahur, serta satu Cold-Pressed Juice saat berbuka.

Sediakan Re.juve sekarang untuk menu sahur dan berbuka yang praktis, enak, dan sehat.

Kunjungi Re.juve terdekat atau pesan melalui delivery hotline, mobile unit, dan http://www.rejuve.co.id.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com