Advertorial

Untuk Pekerja Kantoran, Berikut 5 Ide Usaha Kreatif yang Cocok Selama Bulan Ramadhan

Kompas.com - 13/03/2024, 22:13 WIB

KOMPAS.com - Hari Raya Idul Fitri merupakan momen yang penuh kebahagiaan dan kebersamaan bagi umat Islam di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Pada momen ini, umat Islam berlomba-lomba meraih kebaikan untuk merayakan bulan suci Ramadhan.

Selain meraih kebaikan, beberapa orang menjadikan bulan suci sebagai ladang bisnis yang menguntungkan. Khususnya, bagi pekerja kantoran yang ingin mencari penghasilan tambahan.

Lantas, apa saja ide usaha kreatif yang cocok dilakukan selama Ramadan? Simak ulasan berikut.

  1. Menjual makanan siap saji

Menjual makanan siap saji dapat menjadi peluang bisnis jika kamu memiliki keahlian memasak. Pasalnya, masyarakat kerap kesulitan mencari menu santapan untuk sahur dan berbuka.

Adapun menu siap saji yang bisa dipertimbangkan di antaranya ayam ungkep, rendang, serta dendeng. Kamu bisa memanfaatkan momen Ramadhan untuk mencari penghasilan tmabahan.

  1. Menyewakan ruangan untuk acara buka puasa

Masyarakat kerap mengadakan acara buka puasa bersama selama Ramadhan. Jika memiliki tempat yang luas dan berlokasi di tempat strategis, kamu dapat menyewakannya sebagai tempat untuk berbuka bersama.

Supaya tampak lebih menarik, kamu bisa mendekorasi ruangan dengan sederhana. Kamu juga bisa menyediakan paket takjil untuk mendukung penyewa melakukan acara buka bersama.

  1. Paket produk kesehatan

Ide usaha berikutnya adalah menjual produk kesehatan. Banyak masyarakat yang membutuhkan suplemen kesehatan supaya tetap fit dan prima dalam menjalankan ibdaha puasa.

Kamu bisa menawarkan produk kesehatan, seperti vitamin, madu atau bahkan jamu. Pastikan produk kesehatan yang dijual memiliki izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan label halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

  1. Paket hampers

Saat menyambut hari raya Lebaran, banyak orang yang memberikan bingkisan berupa parsel atau hampers kepada rekan bisnis, kerabat, atau sahabat. Hal ini membuat paket hampers dapat menjadi peluang bisnis yang diminati setiap Ramadhan.

Sebagai permulaan, kamu dapat menyusun paket hampers dengan tema-tema kreatif, seperti "Paket Lebaran Tradisional" yang berisi kue-kue kering dan minuman tradisional. Selain itu, kamu juga bisa membuat "Paket Kesehatan Ramadhan" yang berisi buah-buahan segar dan makanan sehat.

  1. Menjual pernak-pernik

Selain makanan atau bingkisan, kamu juga dapat memanfaatkan momen Ramadhan untuk mengasah kreatifitas dengan membuat pernak-pernik Ramadhan. Sebut saja, membuat hiasan dekoratif, kartu ucapan interaktif, hadiah-hadiah kecil, serta amplop tunjangan hari raya (THR).

Saat ini, sudah banyak aplikasi yang dapat kamu andalkan untuk membuat pernak-pernik Ramadhan. Selanjutnya, kamu bisa memasarkan produk yang dibuat Kamu juga bisa mencari tempat percetakan, baik sekitar lingkunganmu maupun melalui e-commerce.

Itulah berbagai ide bisnis yang bisa kamu coba untuk memanfaatkan waktu Ramadhan. Dengan menggabungkan kreativitas, keterampilan, dan minat pribadi para pegawai dapat menjalankan bisnis kecil untuk menambah penghasilan.

Dalam memulai usaha, kamu membutuhkan modal. Sebagai solusi, kamu dapat menggunakan fasilitas kredit dari BRI untuk mendapatkan pembiayaan bisnis. Fasilitas ini dapat dimanfaatkan, terutama bagi karyawan tetap dan pensiunan yang memiliki rekening payroll di BRI.

Pengajuan Kredit BRIguna pun cepat dan mudah. Kamu hanya perlu melakukan pengajuan melalui BRIguna di BRImo. Proses pengajuan dan pencairan hanya butuh 15 menit.

Tak hanya itu, Kredit BRIguna memiliki suku bunga kompetitif dan limit yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Jadi tunggu apalagi? Segera unduh BRImo-mu di Appstore atau Playstore dan ajukan Kredit BRiguna melalui BRIguna. Yuk #BeraniWujudkanMimpi miliki bisnis yang berpeluang cuan bersama Kredit BRIguna.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com