Advertorial

Rendah Risiko, Simak 5 Keuntungan Investasi Emas

Kompas.com - 27/03/2024, 22:38 WIB

KOMPAS.com - Di era yang semakin maju seperti saat ini, semakin banyak orang yang mulai melek dan tertarik untuk berinvestasi. Selain saham, emas juga dianggap sebagai salah satu bentuk investasi yang menjanjikan.

Emas adalah merupakan logam mulia yang memiliki banyak peminat. Investasi emas menjadi salah satu pilihan investasi favorit lantaran memiliki banyak keuntungan yang menarik.

Lalu apa saja keuntungan dari investasi emas? Simak penjelasan berikut.

1. Nilai aset cenderung stabil

Keuntungan investasi emas pertama adalah nilainya yang kecenderungan untuk tetap stabil dari waktu ke waktu. Salah satu faktor kestabilan harga emas adalah adanya permintaan dan penawaran pasar yang jelas.

Emas sebagai komoditas tidak hanya berperan sebagai instrumen investasi, tetapi juga untuk melengkapi gaya hidup seseorang.

Oleh karena itu, ketika transaksi emas masih terus berjalan dengan kuat, risiko harga aset emas turun dapat terbilang cukup minim.

2. Mudah dicairkan dalam bentuk uang tunai

Keuntungan lain dari investasi emas adalah mudah dicairkan atau dikonversikan ke dalam bentuk uang tunai karena sifatnya yang menyerupai tabungan konvensional.

Keberadaan emas, baik dalam bentuk fisik maupun digital, saat ini masih diakui keabsahannya di hampir seluruh dunia. Dengan begitu, proses pencairan aset emas menjadi lebih mudah di mana saja.

3. Bebas bunga

Selisih nilai investasi lain di luar investasi emas cenderung signifikan saat dilikuidasi. Ini lantaran aset di luar emas memiliki bunga.

Sementara itu, pada investasi emas, nilai yang dicairkan akan setara dengan apa yang dimiliki di dalam tabungan.

4. Bersifat seperti dana darurat

Sama halnya dengan menabung secara konvensional, investasi emas bisa dijadikan sebagai sumber dana darurat. Dengan rutin menabung emas sebagai salah satu bentuk investasi, semakin besar juga kemungkinan dalam memperkuat finansial.

5. Melindungi nilai kekayaan

Dengan kecenderungan nilainya yang meningkat dari tahun ke tahun, emas sangat cocok bila disebut sebagai investasi yang paling mampu melindungi nilai kekayaan seseorang.

Perlindungan investasi emas terhadap kekayaan seseorang tecermin dari harganya yang selalu stabil dan cenderung mengalami kenaikan. Dengan begitu, ketika dijual kembali, pemegang investasi emas cenderung mendapatkan hasil balik yang lebih tinggi.

Untuk kamu yang ingin mencoba dan berencana berinvestasi pada emas, kamu bisa memulainya dengan menggunakan platform khusus investasi emas, yaitu Lakuemas. Aplikasi ini sendiri telah diunduh sekitar 1 juta kali dan memiliki 600.000 pengguna.

Ilustrasi aplikasi Lakuemas Dok. Lakuemas Ilustrasi aplikasi Lakuemas

Lakuemas pun sudah bekerja sama dengan ritel-ritel perhiasan emas berhiaskan berlian ternama, di antaranya MONDIAL, Frank & co., serta The Palace Jeweler yang tersebar di 115 lokasi. Platform ini juga berpartisipasi dalam promo-promo yang ada di e-commerce.

Melalui fitur-fiturnya yang lengkap, transaksi jual-beli emas dapat dilakukan dengan mudah hanya melalui genggaman dari smartphone pengguna. Selebihnya, saldo yang dimiliki pengguna dalam akun di aplikasi Lakuemas dapat secara mudah dikonversi ke dalam bentuk emas fisik, bahkan perhiasan emas.

Guna mempermudah pengguna, Lakuemas sebagai platform investasi emas yang bersifat one-stop solution terus berupaya memberikan pelayanan yang memuaskan bagi penggunanya. Salah satunya, dengan meluncurkan Lakuemas Elite.

Ilustrasi Lakuemas Elite Dok. Lakuemas Ilustrasi Lakuemas Elite

Lakuemas Elite adalah program membership yang memiliki berbagai benefit terbaik yang bisa didapatkan oleh para pengguna Lakuemas dengan berlangganan tiap bulannya. Jika menggunakan Lakuemas Elite, para pengguna bisa mendapatkan spread harga ekslusif untuk setiap pembelian emas.

Untuk mengetahui info lebih lanjut mengenai Lakuemas, kamu bisa langsung mengunjungi website Lakuemas di sini atau melalui Instagram @lakuemas.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com