Advertorial

Perkuat RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025, Pemkab Klaten Gelar Musrenbang

Kompas.com - 28/03/2024, 13:08 WIB

KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Grha Bung Karno (GBK), Klaten, Jateng, Rabu (27/3/2024).

Musrenbang diselenggarakan untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) 2025.

Kepala Badan Perencanaan Pengembangan Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Kabupaten Klaten Pandu Wirabangsa mengatakan bahwa tujuan utama dari agenda ini adalah untuk menajamkan, menyelaraskan, dan mencapai kesepakatan mengenai arah kebijakan yang telah dirumuskan dalam rancangan RPJPD 2025-2045 serta prioritas pembangunan Kabupaten Klaten pada 2025.

“Musrenbang merupakan kegiatan rutin yang harus dilaksanakan secara bertahap, sambil berharap bahwa melalui forum ini kami dapat melakukan penyempurnaan terhadap perencanaan yang telah disusun sejak pertengahan 2023 hingga 2024,” ujar Pandu dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (28/3/2024).

Adapun rancangan RPJPD Kabupaten Klaten 2025-2045 mengambil “Mewujudkan Klaten yang Maju, Sejahtera, dan Berkelanjutan”. Sementara itu, tema RKPD Kabupaten Klaten 2025 adalah “Peningkatan Kemandirian Daerah Didukung Penguatan Daya Saing Ekonomi Lokal dan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik”.

“Forum ini digelar dengan tujuan mendapatkan masukan untuk menyempurnakan rancangan RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025 dari para pemangku kepentingan,” jelas Pandu.

Selain itu, Musrenbang juga bertujuan untuk meningkatkan sinergi, konsistensi, dan sinkronisasi perencanaan pembangunan daerah. Dengan demikian, RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025 dapat mengakomodasi kebutuhan masyarakat dan selaras dengan pembangunan di tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten.

Bupati Klaten Sri Mulyani, menyatakan bahwa Musrenbang merupakan bagian dari perencanaan pembangunan yang harus dilaksanakan.

Prioritas pembangunan Kabupaten Klaten pada 2025 antara lain adalah penguatan investasi dan daya saing potensi daerah, pengentasan kemiskinan dan perluasan lapangan kerja, peningkatan tata kelola pemerintahan yang profesional, bersih, dan transparan, penguatan sumber daya manusia, serta pemanfaatan infrastruktur yang berkualitas dan pelestarian lingkungan.

Melalui forum Musrenbang ini Bupati Klaten berharap, pimpinan organisasi daerah (OPD) bersama pihak-pihak terkait dapat berpikir terbuka, memiliki visi ke depan, terintegratif, dan inovatif.

“Hal ini untuk mengintegrasikan pembangunan lintas sektor secara terukur, terarah, akuntabel, serta menjawab isu-isu strategis yang ada. Selain itu, melalui Musrenbang diharapkan terbentuk pula dalam pembangunan partisipasi masyarakat Klaten dalam setiap proses dan pelaksanaan pembangunan,” tambahnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com