Advertorial

Buat Usaha Makin Cuan dengan Menjadi Merchant QRIS BRI

Kompas.com - 28/03/2024, 14:31 WIB

 

KOMPAS.com – Di era digital, kemudahan dan kecepatan menjadi kunci utama meraih kesuksesan, termasuk dalam dunia bisnis. Oleh karena itu, pelaku usaha perlu melakukan digitalisasi bisnisnya.

Dalam hal metode pembayaran, misalnya, pengadopsian sistem Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) sudah menjadi hal wajib. Kode QR pembayaran standar yang dikeluarkan Bank Indonesia (BI) ini memungkinkan transaksi menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Manfaat penyediaan metode pembayaran QRIS dirasakan oleh Meli, pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang telah berkecimpung sejak 2004 di Pasar Modern BSD, Tangerang Selatan, Banten.

Usai tergabung dengan Merchant QRIS BRI, Ibu Meli bisa menyediakan metode pembayaran QRIS bagi pelanggannya. Sistem pembayaran ini menjadi jawaban atas berbagai kendala yang dihadapi dalam pembayaran tradisional.

"Sebelumnya, saya sering kesulitan dengan kembalian saat transaksi. Hal ini memakan waktu dan membuat saya kurang fokus melayani pelanggan lain," cerita Ibu Meli.

Namun, semenjak menyediakan QRIS, semua permasalahan tersebut teratasi. Ibu Meli dan para pelanggannya kini dapat melakukan transaksi dengan mudah dan praktis hanya dengan melakukan pemindaian kode QR.

"QRIS membantu bisnis saya menjadi lebih efektif dan efisien. Transaksi lebih cepat, antrian berkurang, dan saya bisa fokus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan," papar Ibu Meli dengan penuh semangat.

Jika ingin seperti Meli, Anda bisa segera mendaftarkan diri sebagai Merchant QRIS BRI lewat laman jadimerchant.bri.co.id atau bisa juga kunjungi unit kerja BRI terdekat.

Dengan menjadi Merchant BRI, Anda bisa mendapatkan beragam manfaat. Pertama, transaksi lebih efektif dan efisien. Kedua, dapat memantau seluruh transaksi secara detail melalui BRI Merchant. Dengan begitu, pengelolaan keuangan bisa semakin mudah.

Ketiga, Anda bisa mengikuti berbagai program menarik dari BRI, seperti promo dan cashback, untuk membantu meningkatkan penjualan dan keuntungan Anda.

Setelah bergabung menjadi Merchant QRIS BRI, Anda bisa memilih dua sistem pembayaran QRIS sesuai kebutuhan usaha.

Pertama, Merchant Presented Mode (MPM), yakni jenis QRIS yang disediakan merchant. Pelanggan dapat memindai QRIS tersebut menggunakan ponsel untuk menyelesaikan transaksi. Jenis QRIS ini cocok untuk berbagai jenis usaha, seperti toko, warung, restoran, dan tempat wisata.

Kedua, Customer Presented Mode (CPM). Untuk menyelesaikan transaksi, pelanggan hanya perlu menunjukkan kode QRIS aplikasi pembayaran untuk dipindai oleh merchant. Jenis QRIS ini cocok untuk usaha yang memiliki mobilitas tinggi, pedagang kaki lima, dan kurir.

Syarat pendaftaran Merchant QRIS BRI

Adapun syarat pendaftaran menjadi Merchant QRIS BRI cukup mudah. Berikut adalah rinciannya.

- Memiliki usaha, baik individu maupun non individu

- Memiliki rekening BRI

- Mengisi formulir yang tersedia

- Melengkapi identitas diri, seperti KTP dan NPWP.

Perlu diketahui, setiap transaksi di Merchant QRIS BRI tidak dipungut biaya. Jadi, pelanggan bisa berbelanja tanpa khawatir pengeluaran tambahan. Limit transaksi per hari pun cukup besar, yaitu Rp 10 juta.

Transaksi QRIS pun diproses secara real-time. Anda akan menerima pemberitahuan melalui SMS ke nomor ponsel terdaftar. Cut-off transaksi QRIS adalah setiap pukul 23.30 WIB sehingga transaksi bisa dilakukan hingga malam hari.

Tunggu apa lagi? Segera bergabung menjadi Merchant QRIS BRI untuk menyediakan sistem pembayaran yang mudah, aman, dan bebas biaya!

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap, Anda bisa menghubungi BRI Merchant Hotline di nomor 1500274.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com