Advertorial

Layanan eSIM Telkomsel, Solusi Jitu Internetan Lancar di Luar Negeri

Kompas.com - 18/04/2024, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Berlibur ke luar negeri adalah momen yang paling dinantikan oleh banyak orang. Menjelajahi tempat baru, mencicipi kuliner khas, dan merasakan budaya yang berbeda tentu dapat menjadi pengalaman tak terlupakan.

Namun, semua kesenangan itu bisa jadi terhambat lantaran minimnya akses jaringan internet yang tersedia di negara yang kamu kunjungi.

Untuk diketahui, kehadiran jaringan internet saat di luar negeri sangat berperan penting bagi para pelancong dalam membantu mencari informasi terkait tempat wisata, kuliner, transportasi, dan terjemahan bahasa.

Kehilangan akses internet juga berpotensi memutus komunikasi kamu dengan keluarga dan teman yang ada di Tanah Air.

Oleh karena itu, pastikan kamu sudah mempersiapkan segala kebutuhan terkait akses internet agar pengalaman liburan di luar negeri jadi lebih optimal dan menyenangkan.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kamu bisa menggunakan Embedded Subscriber Identity Module (eSIM) Perdana yang merupakan layanan terbaru dari PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel).

Direktur Utama Telkomsel Nugroho mengatakan, teknologi eSIM adalah layanan baru yang memungkinkan pelanggan untuk mengakses seluruh jaringan Telkomsel, mulai dari 2G, 4G, hingga 5G, tanpa perlu menggunakan kartu SIM fisik. Layanan ini diresmikan pada Senin (1/4/2024).

Selain hadir sebagai solusi inovatif yang sesuai kebutuhan, eSIM juga hadir untuk merespons kebutuhan pelanggan terhadap ketersediaan handset.

Hal tersebut Telkomsel buktik melalui keberadaan fitur dan teknologi eSIM yang memprioritaskan kemudahan dan kepraktisan.

“Melalui implementasi teknologi eSIM, Telkomsel berharap, dapat memberikan lebih banyak kemudahan kepada pengguna serta menghadirkan pengalaman daring serbadigital, terpadu, mudah, dan tanpa jeda,” ujar Nugroho dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (16/4/2024).

Paket RoaMAX untuk roaming internasional

Layanan eSIM perdana terdiri dari sejumlah paket yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Untuk yang hendak bepergian ke luar negeri, misalnya, eSIM Perdana memiliki Paket RoaMAX (prabayar) yang dapat membantu kamu agar tetap terkoneksi dengan layanan roaming internasional.

Paket tersebut dilengkapi dengan kuota data roaming sebesar 10 gigabyte (GB) dan punya masa berlaku selama 7 hari.

Kelebihan utama dari Paket RoaMAX adalah kemampuannya untuk memberikan layanan aktivasi instan saat kamu bepergian ke lebih dari 85 negara yang ada di Asia, Australia, Eropa, Amerika Serikat, dan Kanada.

“Pelanggan dapat mengisi ulang paket atau memilih paket lain melalui aplikasi MyTelkomsel atau UMB *266#. Pelanggan yang sudah memiliki eSIM sebelumnya juga dapat memilih Paket Internet Domestik dan Paket RoaMAX Telkomsel di aplikasi MyTelkomsel, telkomsel.com dan GraPARI,” ucap Nugroho.

Pelanggan, tambah Nugroho, dapat memilih eSIM Perdana dengan Paket Telkomsel Prabayar yang dirancang khusus untuk menjaga pemakaian pulsa dan kenyamanan konsumsi data dari kuota internet nasional dan lokal sesuai dengan lokasi pembelian kartu perdana.

Selain Paket RoaMAX, Telkomsel juga menawarkan Paket Halo+ untuk pelanggan pascabayar. Dengan paket ini, pelanggan dapat menikmati berbagai manfaat, seperti kuota semua jaringan yang mencakup data, SMS, telepon, dan keuntungan roaming.

Paket Halo+ juga memberikan kemudahan dalam melakukan pembayaran tagihan melalui berbagai saluran pembayaran serta menyediakan informasi lengkap tentang pemakaian dan tagihan melalui aplikasi MyTelkomsel.

“Pelanggan Halo+ juga memiliki keuntungan lainnya, yaitu mendapatkan kuota data yang lebih besar dan akses gratis ke sejumlah layanan premium over the top (OTT). Proses registrasi dan migrasi ke Halo+ kini semakin mudah, bisa dilakukan melalui situs web telkomsel.com atau GraPARI terdekat,” kata Nugroho.

Bagi yang tertarik menggunakan layananan eSIM Perdana Telkomsel, kamu dapat membeli atau melakuk registrasi secara online melalui laman tsel.id/esim.

Pada laman tersebut, kamu dapat memilih nomor yang diinginkan sesuai ketersediaan beserta Paket eSIM sesuai kebutuhan.

Setelah melakukan pembelian, kamu akan menerima email aktivasi eSIM. Aktivasi ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti melalui pemindaian kode QR yang dapat disimpan sebagai gambar, menggunakan kode aktivasi manual, atau melakukan aktivasi langsung melalui aplikasi MyTelkomsel.

Sebagai catatan, eSIM Telkomsel membutuhkan perangkat yang mendukung teknologi eSIM dan tidak dapat digunakan pada lebih dari satu perangkat.

Adapun kode quick response (QR) dari satu nomor yang sudah dipindai dan terpasang di satu perangkat tidak dapat dipindai kembali di perangkat lain.

Untuk dapat menggunakan kode QR di perangkat lain, kamu harus menghapus eSIM pada perangkat pertama.

Selain cara tersebut, kamu juga memiliki opsi untuk melakukan registrasi melalui tautan ke halaman registrasi SIM dengan nomor yang sudah terisi sebelumnya.

Sebagai bagian dari proses pendaftaran, kamu diharuskan melakukan validasi nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga (KK).

Adapun setiap Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan nomor KK hanya dapat digunakan maksimal untuk tiga nomor eSIM. Hal ini sesuai dengan regulasi yang ditetapkan pemerintah.

Untuk informasi lebih lanjut tentang pengalaman berkomunikasi yang seamless, mudah, dan praktis dengan eSIM Telkomsel dan cara pendaftarannya, silakan akses tautan berikut.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com