Advertorial

Pakai Tabungan BRI, Berikut 5 Tip Capai Tujuan Finansial Usai Lebaran

Kompas.com - 20/04/2024, 09:00 WIB

KOMPAS.com – Lebaran sudah berlalu. Kini, saatnya kembali bekerja mengisi pundi-pundi. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat bujet yang dikeluarkan selama berlebaran di kampung halaman tentu tak sedikit.

Sebut saja, bujet untuk ongkos pulang kampung, beli baju baru, belanja hampers, liburan ke tempat wisata, serta berbagi tunjangan hari raya (THR) untuk sanak saudara. 

Agar kantong tak seret usai Lebaran, kini saatnya kamu kembali mengatur keuangan untuk mencapai tujuan finansial di kemudian hari. Sebab, dengan memiliki tujuan finansial, baik jangka pendek maupun jangka panjang, kamu bisa mengatur cash flow dengan lebih efektif dan efisien setiap bulannya.

Misalnya, untuk biaya pendidikan anak, traveling ke luar negeri, naik haji atau umrah, dan menyiapkan dana darurat.

Agar makin terpacu untuk mencapai goal tersebut, berikut Kompas.com rangkumkan tip mengatur keuangan.

  1. Tentukan tujuan finansial yang jelas

Setiap orang tentu memiliki impian yang berbeda-beda untuk dicapai di kemudian hari. Untuk itu, mulailah dengan menetapkan tujuan finansial yang spesifik dan terukur, serta sesuai kebutuhan.

Sebagai contoh, tentukan berapa jumlah uang yang hendak dikumpulkan untuk biaya pendidikan anak, liburan ke luar negeri, biaya haji/umrah, dan juga target dana darurat.

Dengan mengukur besaran uang yang ingin dicapai, kamu bisa menentukan langkah-langkah selanjutnya secara efektif.

  1. Susun anggaran keuangan

Setelah mengetahui tujuan finansial, langkah berikutnya adalah membuat anggaran keuangan bulanan.

Caranya pun cukup mudah. Kamu dapat memulai dengan menghitung penghasilan tetap dan pengeluaran rutin. Kemudian, alokasikan sebagian dari penghasilan untuk tabungan sesuai dengan prioritas tujuan finansialmu.

  1. Menabung secara disiplin dan teratur

Konsistensi dalam menabung merupakan hal krusial untuk mencapai tujuan finansial yang sudah disusun. Oleh karena itu, tetapkan jumlah dana yang akan ditabung setiap bulan untuk masing-masing tujuan finansial.

Selain itu, gunakan metode pembayaran otomatis atau autodebet untuk memastikan tabunganmu teratur dan tidak terlupakan.

  1. Evaluasi secara berkala

Tak kalah penting, lakukan monitoring terhadap perkembangan tabungan atau investasi secara berkala.

Evaluasi apakah kamu sudah mencapai target yang ditetapkan atau perlu melakukan penyesuaian dalam anggaran keuangan.

  1. Pilih tabungan yang tepat

Berikutnya, pilih jenis tabungan yang sesuai dengan tujuan finansialmu. Jika tujuanmu adalah biaya pendidikan anak, pertimbangkan untuk membuka rekening tabungan khusus pendidikan. Untuk dana darurat, pilihlah tabungan yang likuid dan mudah diakses saat dibutuhkan.

Seiring semakin banyak jenis tabungan di masyarakat, tak sedikit orang dibuat bingung memilih tabungan yang pas untuk mewujudkan impian tersebut.

Meski begitu, kamu tak perlu khawatir. Salah satu perusahaan perbankan plat merah tepercaya yang dapat dipilih untuk mewujudkan tujuan finansial adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI.

Memiliki jaringan luas, pelayanan berkualitas, serta didukung teknologi digital andal, BRI menghadirkan Tabungan BRI yang pas buatmu dalam mewujudkan rencana keuangan.

Untuk membuka tabungan BRI pun kini makin gampang. Kamu bisa dengan mudah buka Tabungan BRI via BRImo kapan saja dan di mana saja.

Untuk diketahui, Tabungan BRI memberikan sejumlah kemudahan sekaligus keuntungan bagi setiap nasabah. 

Pertama, setoran pembukaan rekening mulai dari saldo Rp 50.000. Kedua, biaya administrasi terjangkau mulai dari Rp 5.500 per bulan.

Ketiga, pembukaan tabungan yang mudah dan bisa dilakukan melalui aplikasi BRImo. Dengan begitu, kamu tak perlu repot-repot datang ke kantor cabang. Keempat, transaksi berjalan secara real time online.

Terakhir, aksesibilitas mudah dalam menggunakan kartu debit Tabungan BRI di jaringan ATM yang tersebar berlogo ATM Bersama, Link, Prima Cirrus, Maestro, dan Mastercard, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. 

Dengan keunggulan serta layanan andal yang dihadirkan, Tabungan BRI pas buatmu bukan?

Yuk, segera download BRImo melalui App Store, Play Store, dan Huawei AppGallery sekarang juga ya!

Untuk informasi lebih lanjut, follow Instagram @bankbri_id. BRImo lebih mudah dan serba bisa! #BRImo #BRImoMudahSerbaBisa 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com