Advertorial

Pentingnya Pantau Mutasi Kartu Kredit secara Rutin, Kendalikan Keuangan dan Hindari Penipuan!

Kompas.com - 22/04/2024, 18:24 WIB

KOMPAS.com – Di era digital, penggunaan kartu kredit semakin marak. Kartu kredit dianggap sebagai alat pembayaran yang praktis dan fleksibel.

Berdasarkan data Bank Indonesia, penggunaan kartu kredit di Indonesia menunjukkan tren positif dalam dua tahun terakhir. Baik jumlah kartu, volume transaksi, maupun nilai transaksi mengalami peningkatan signifikan secara year-on-year (YoY).

Pada 2021, jumlah kartu kredit di Indonesia mencapai 16,51 juta dengan volume transaksi 281.901 dan nilai transaksi Rp 244,516 miliar. Berikutnya, pada 2022, jumlah kartu meningkat menjadi 17,20 juta, dengan volume transaksi 342.766 dan nilai transaksi Rp 323,602 miliar.

Tren positif itu berlanjut hingga 2023. Jumlah kartu kredit pada periode ini mencapai 17,73 juta, dengan volume transaksi 393.620 dan nilai transaksi mencapai Rp 405,330 miliar. Peningkatan ini menunjukkan bahwa kepercayaan masyarakat terhadap penggunaan kartu kredit semakin tinggi.

Bahkan, secara month-on-month (MoM), terdapat fluktuasi dalam penggunaan kartu kredit di awal 2024. Pada Desember 2023, jumlah kartu kredit mencapai 17,73 juta, sedangkan pada Januari 2024 mencapai 17,79 juta.

Namun, di balik kepraktisan dan keuntungan yang ditawarkan dari kartu kredit, pengecekan mutasi perlu dilakukan secara berkala. Hal ini mungkin terkesan sepele, tapi memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan keuangan dan keamanan transaksi Anda.

Manfaat memantau mutasi kartu kredit secara rutin

Pertama, mengontrol keuangan bulanan. Mutasi kartu kredit menunjukkan detail pengeluaran Anda sehingga membantu Anda dalam melacak dan mengontrol anggaran bulanan.

Dengan mengetahui kemana saja uang pergi, kamu dapat mengatur strategi keuangan yang lebih efektif dan menghindari pengeluaran berlebihan.

Kedua, mencegah transaksi mencurigakan. Tindak penipuan dan penyalahgunaan kartu kredit bisa terjadi kapan saja. Dengan memantau mutasi secara rutin, kamu dapat segera mendeteksi transaksi yang tidak dikenali dan melaporkannya ke pihak bank untuk tindakan selanjutnya. Hal ini meminimalisasi kerugian finansial akibat penipuan.

Ketiga, mempermudah pengajuan kredit atau visa. Riwayat transaksi yang rapi dan terkontrol menunjukkan kredibilitas dan kemampuan kamu dalam mengelola keuangan. Dengan begitu, peluang untuk mendapatkan persetujuan pun bisa semakin besar.

Pantau mutasi dan unduh e-statement dengan mudah lewat BRImo

Bagi pengguna kartu kredit dari PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) atau BRI, kini ada solusi yang dapat mempermudah kamu dalam memantau transaksi kartu kredit, yaitu lewat fitur “Mutasi” dan “E-Statement Kartu Kredit” pada BRImo.

Fitur “Mutasi” sendiri akan memperlihatkan detail setiap transaksi, termasuk tanggal, nama merchant tempat bertransaksi, dan nominal transaksi.

Sementara itu, fitur “E-Statement Kartu Kredit” menyediakan informasi tagihan bulanan beserta rinciannya, seperti pembayaran, transaksi, bunga, dan biaya layanan. Kamu dapat melihat e-statement hingga 11 bulan ke belakang. Hal ini akan membantu dalam mencocokkan dan menganalisis pengeluaran.

Dengan memanfaatkan kedua fitur tersebut, kamu bisa mengakses informasi keuangan kapan pun dan di mana pun tanpa perlu repot-repot ke kantor cabang. Kamu jadi bisa menghemat waktu dan biaya karena tidak perlu mengantre dan mengeluarkan biaya cetak e-statement.

Selain itu, kamu juga dapat turut berkontribusi dalam pelestarian lingkungan dengan mengurangi penggunaan kertas.

Pengecekkan mutasi Kartu Kredit BRI melalui BRImo mudah sekali. Kamu cukup login ke aplikasi BRImo, pilih menu “Kartu Kredit”, kemudian pilih kartu yang ingin dicek. Setelah itu, kamu tinggal klik “Lihat Detail” selanjutnya pilih tab “Mutasi”. 

Selain pengecekkan mutasi, kamu juga dapat melakukan pengunduhan e-statement Kartu Kredit BRI di BRImo. Kamu bisa memilih “Lihat Detail” setelah memilih menu “Kartu Kredit”. Kemudian kamu bisa memilih “Mutasi”, lalu “E-Statement Kartu Kredit”. Selanjutnya kamu bisa langsung masukkan bulan dan tahun yang ingin dilihat laporan transaksinya.

Dengan beragam kemudahan yang diberikan oleh BRI, tidak ada alasan untuk menunda apply Kartu Kredit BRI. Ajukan sekarang juga dan nikmati kemudahan dalam bertransaksi dan berbagai macam promo yang ditawarkan.

Untuk menikmati fasilitas e-statement dari Kartu Kredit BRI di BRImo, pastikan kamu telah mengunduh BRImo melaui Google Play Store dan Appstore.

Yuk, pantau transaksi Kartu Kredit BRI kamu dengan lebih mudah, cerdas, dan praktis melalui BRImo. Karena #KartuKreditBRI #TerusBukaJalan untuk financial yang cerdas dan sehat.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com