Advertorial

Komitmen Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019-BCMS

Kompas.com - 23/04/2024, 13:55 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) berkomitmen untuk selalu memberikan layanan terbaik bagi nasabahnya. Komitmen ini diwujudkan melalui perolehan sertifikasi ISO 22301:2019 Business Continuity Management System (BCMS) pada Jumat (19/4/2024).

Sertifikasi tersebut mencerminkan standar keberlanjutan operasional yang sesuai dengan standar transaksi keuangan perbankan di dunia. Hal ini bertujuan untuk menjaga kelangsungan operasional perusahaan serta memastikan keberlanjutan bisnis.

Direktur Manajemen Risiko BRI Agus Sudiarto menjelaskan bahwa ISO 22301 akan menciptakan standar yang membantu perusahaan mengintegrasikan proses bisnis terbaik dalam BCMS, sekaligus menyesuaikan dengan regulasi yang berlaku.

"Penerapan ISO 22301 (dalam jangka panjang) juga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan pemangku kepentingan bahwa bisnis tersebut andal dalam menghadapi kondisi, baik yang terprediksi maupun tidak terprediksi, terutama di era disrupsi saat ini," imbuhnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (23/4/2024).

Direktur Manajemen Risiko PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Agus Sudiarto.DOK. BRI Direktur Manajemen Risiko PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Agus Sudiarto.

Agus menyampaikan bahwa penerimaan sertifikasi ISO 22301:2019 BCMS merupakan pencapaian yang membanggakan bagi BRI.

Dengan pencapaian tersebut, kata dia, BRI akan terus meningkatkan sistem manajemen kontinuitas bisnis untuk memastikan operasional yang lancar dan kepuasan nasabah pada masa mendatang.

Lebih lanjut, Agus mengatakan bahwa sertifikasi ISO 22301 juga merupakan langkah preventif dalam menghadapi berbagai risiko dan kejadian darurat untuk mencapai bisnis yang berkelanjutan.

Setelah mendapatkan sertifikasi tersebut, BRI berkomitmen untuk menjaga dan meningkatkan kualitas penerapan BCMS, khususnya dalam ruang lingkup ISO, yaitu transaksi keuangan perbankan.

Salah satu upaya untuk menjaga standar ISO BCMS 22301 adalah melalui pelaksanaan audit pemantauan yang akan diselenggarakan maksimal satu tahun setelah BRI memperoleh sertifikat.

“Ke depan nanti, diharapkan ada perluasan ruang lingkup ISO BCMS 22301 untuk memastikan setiap aspek kritis dari proses bisnis bank telah menerapkan BCMS yang baik dan terstandar,” tutur Agus.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com