Advertorial

Antiboncos, Simak 4 Tip Berbelanja Hemat Ini

Kompas.com - 23/04/2024, 15:42 WIB

KOMPAS.com - Dalam menjalani kehidupan berumah tangga, belanja menjadi salah satu aktivitas yang tak terelakkan. Sebut saja, belanja kebutuhan bulanan, membayar tagihan, hingga membeli peralatan rumah.

Aktivitas tersebut perlu dilakukan secara berhati-hati dan penuh pertimbangan lantaran sangat berpengaruh terhadap kondisi finansial keluarga.

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui cara-cara bijak dan cerdas dalam berbelanja agar dapat menghemat pendapatan bulanan dan membangun kestabilan finansial keluarga di masa depan.

Lantas, bagaimana cara belanja hemat agar kondisi keuanganmu tidak boncos? Berikut adalah ulasannya.

  1. Buat daftar belanja

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghemat adalah membuat daftar belanja. Sebelum pergi ke toko atau berbelanja secara daring, luangkan waktu untuk menuliskan barang-barang yang kamu butuhkan.

Tentukan prioritas belanja berdasarkan kategori tertentu. Misalnya, kebutuhan pokok, tagihan bulanan, cicilan, dan hiburan

Dengan membuat daftar belanja yang terstruktur, kamu bisa berhemat dan terhindar dari godaan untuk membeli hal-hal yang tidak diperlukan.

  1. Bandingkan harga

Langkah berikutnya adalah dengan membuat perbandingan harga dari setiap barang yang akan dibeli di berbagai toko. Aktivitas ini pun semakin mudah dilakukan dengan kehadiran berbagai platform belanja daring, seperti Tokopedia.

Di platform tersebut, kamu bisa lebih mudah menemukan produk dengan harga termurah. Caranya, dengan memanfaatkan fitur “Sort” dan pilih “Harga Terendah” untuk menemukan harga termurah dari produk tertentu.

  1. Beli di platform online

Membeli barang-barang secara online dapat menjadi pilihan hemat, bahkan lebih praktis ketimbang berbelanja di toko fisik.

Pasalnya, kamu tidak perlu repot menyediakan waktu, tenaga, dan ongkos untuk pergi ke toko jika berbelanja secara online.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai promo dan diskon yang kerap ditawarkan oleh berbagai platform lokapasar dan e-commerce pada momen-momen tertentu.

  1. Manfaatkan promo dan diskon

Seperti sudah disinggung sebelumnya, berbagai platform lokapasar dan e-commerce kerap menawarkan promo dan diskon menarik. Bahkan, berbagai toko offline pun kerap melakukan hal serupa untuk menarik pelanggan.

Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan berbagai promo dan diskon yang ditawarkan, baik oleh toko offline maupun online, untuk menghemat belanja berbagai kebutuhan.

Kamu bisa memantau situs web atau media sosial toko langganan atau platform-platform e-commerce untuk mengetahui informasi terbaru mengenai promo atau diskon yang tengah ditawarkan.

Apalagi, promo dan diskon tersebut biasanya bersifat terbatas atau berlaku pada periode tertentu. Jadi, kamu harus selalu sigap dan up-to-date agar tidak ketinggalan promo yang ditawarkan.

Nah, kamu yang sedang mencari peralatan rumah tangga, seperti kasur, panci, dan bor, bisa langsung mampir ke Tokopedia.

Pasalnya, platform tersebut saat ini tengah menghadirkan promo kasur, promo panci, dan promo bor yang bisa kamu manfaatkan untuk menghemat belanja kebutuhan rumah tangga.

Tunggu apa lagi? Yuk, belanja berbagai kebutuhan di Tokopedia dan manfaatkan promonya sekarang!

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com